Gunung Batu Jonggol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunung Batu
Gunung Batu - Sukamakmur.jpg
Pemandangan Gunung Batu dilihat dari pos perkemahan
Titik tertinggi
Ketinggian875 Mdpl (2.871 Kaki)
Koordinat6°36'12"S 107°3'8"E 
Geografi
LetakJawa Barat, Indonesia

Gunung Batu merupakan sebuah gunung yang terdapat di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Batu Ini mempunyai ketinggian setinggi 875 Mdpl atau sekitar 2.871 kaki. Banyak Orang mengenal Gunung ini dengan sebutan Gunung Batu Jonggol padahal secara Administratif Gunung ini masuk Dalam kecamatan Sukamakmur lebih tepatnya di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Kabupaten Bogor Kesalahan penamaan ini dikarenakan banyak orang belum mengetahui Sukamakmur sebagai Kecamatan karena memang kecamatan ini merupakan pemekaran dari kecamatan Jonggol Di gunung Batu terdapat satwa yang cukup langka di daerah sekitar, sejenis primata berwarna hitam atau umumnya masyarakat Jawa Barat menyebutnya lutung. Terlihat sejumlah kawanan sekitar 5 sampai 10 ekor, primata pemalu ini seperti takut melihat kedatangan para pendaki, sehingga para pendaki jarang sempat mengabadikannya. kondisi cukup memprihatinkan dengan semakin sempitnya lahan untuk mereka mencari makan, di kaki gunung batu terdapat tambang batu yg mungkin suatu saat akan semakin meluas ke atas, juga pembuatan akses jalanan yang melingar di sisi gunung.

Sejarah Gunung Batu[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014 Gunung Batu merupakan sebuah perbukitan yang tidak memiliki sama sekali jalur pendakian. Asal - Usul adanya akses jalur pendakian di karenakan para penggemar motor kross menguji keahlian mereka di perbukitan tersebut. Hal itu di nyatakan benar adanya dengan di perkuat bukti jejak roda ban motor kross.

Puncak perbukitan ini sulit diakses oleh para kroser (pengguna motor kross) karena tanjakannya cukup terjal. Oleh sebab itu, Hal inilah yang di jadikan sebagai puncak tertinggi dari gunung batu.

Pendakian[sunting | sunting sumber]

Jalur pendakian yang terdapat di Gunung Batu Jonggol memiliki medan yang tidak terlalu sulit, namun saat musim hujan jalur pendakian tersebut menjadi licin dan lebih sulit dari biasanya.

Perlu waktu beberapa menit dimulai dari pos pertama terdapat area berkemah, dari area tersebut puncak gunung terlihat jelas. Jalur pendakian menuju puncak gunung lebih sulit dibandingkan dengan jalur pendakian menuju area berkemah. Sebelum sampai puncak, terdapat beberapa titik dimana kita harus menggunakan tali untuk menaiki batu-batu tebing.

Akses Menuju Gunung Batu[sunting | sunting sumber]

Pemandangan sepanjang perjalanan menuju Gunung Batu Jonggol begitu memikat mata dengan sungai besar, sawah hijau, hingga barisan bukit yang sedap di pandang mata. Ada 2 Akses Menuju Gunung Batu Dari wilayah Jabodetabek Yaitu:

  • 1.Melalui Jonggol(Cibubur junction – alternatif cibubur – Cileungsi – Jonggol –Kampung Mengker – Gunung Batu.
  • 2.Melalui Citeruep (Cibinong – Citereup –Tajur – Sukamakmur – Gunung Batu.

Namun perlu diketahui akses transportasi menuju Gunung Batu ini tidak terdapat angkutan umum. Sehingga lebih baik menggunakan kendaraan pribadi seperti Motor, Mobil Pick Up dan sebagainya

Prana Luar[sunting | sunting sumber]

Potret Keindahan Gunung Batu Dan Harga Tiket Masuk | Wisatadestinasi.com