Gua Cerme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gua Cerme
ꦒꦸꦮ​ꦕꦺꦂꦩꦺ
Informasi
Lokasi Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Negara  Indonesia
Pengelola Pemerintah Desa Selopamioro
Jenis objek wisata Goa, Alam, Religi
Gaya Alami
Fasilitas  • Goa
 • Air Terjun
 • Warung Makan
 • Tempat Sampah
 • Toilet
 • Area Parkir

Gua Cerme (bahasa Jawa: ꦒꦸꦮ​ꦕꦺꦂꦩꦺ, translit. Gua Cerme) adalah gua bersejarah dan sekaligus tempat wisata yang terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul atau sekitar 20 km selatan Kota Yogyakarta. Gua Cerme memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, yaitu di Dusun Ploso, Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul.

Di samping gua Cerme, di sekitarnya terdapat gua lain yang lebih kecil seperti Goa Dalang, Goa Ledek, Goa Badut dan Goa Kaum yang sering digunakan untuk bersemedi. Untuk mencapai gua, terdapat tangga setinggi 759 m. Kata cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, Gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.

Rute/Lokasi[sunting | sunting sumber]

Lokasi Goa Cerme berada di area perbukitan sebelah selatan Imogiri. Rute dari Kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. Selanjutnya ikuti jalan menuju ke arah Siluk/Selopamioro. Setelah melewati jembatan Sungai Oyo Siluk akan menemui persimpangan jalan, pilihlah jalan ke arah kanan. Beberapa meter berselang ada simpangan lagi pilih ke arah kiri/lurus dengan kondisi jalan naik. Ikuti jalan tersebut hingga ujung atau area parkir wisata Goa Cerme.

Daya Tarik[sunting | sunting sumber]

Goa ini termasuk Goa yang panjang dan dalam. Daya tarik utama wisatawan dari Goa Cerme adalah keindahan stalagtit dan stalagmit serta adanya sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar di dalam gua. Lantai goa digenangi oleh air tanah dengan rata rata kedalaman air sekitar 1 hingga 1,5 meter. Goa ini terdiri dari banyak ruangan, seperti :

  1. Panggung Pertemuan
  2. Air Zam-Zam
  3. Mustoko
  4. Air Suci
  5. Watu Kaji
  6. Pelungguhan/Paseban
  7. Kahyangan
  8. Grojogan Sewu
  9. Air Penguripan
  10. Gamelan
  11. Batu Gilang
  12. Lumbung Padi
  13. Gedung Sekakap
  14. Keraton
  15. Goa Lawa
  16. Watu Gantung

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]