Kampung Internasional Sosrowijayan Wetan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kampung Sosrowijayan Wetan atau yang lebih dikenal dengan Kampung Internasional, merupakan sebuah kampung yang berada tepat di sebelah barat jalan malioboro, dan berada di sebelah selatan Stasiun Tugu (stasiun Kereta Api Besar Yogyakarta).

Kampung yang memiliki luas tidak lebih dari 0,2 km persegi ini merupakan yang sangat unik, dengan perbaduan kultur antara Indonesia dengan kultur negara barat. Hal ini dapat terjadi dikarenakan hampir sebagian besar penduduk di Kampung Sosrowijayan bergerak di bidang jasa yang berhubungan dengan tourism, baik sebagai penilik dan pengelola hotel, pengusaha travel atau biro perjalanan, guide maupun usaha sampingan yang berkaitan dengan kehidupan hotel dan fasilitasnya seperti laundry, rumah makan, toko cindera mata maupun tourist information.

Fasilitas pendukung[sunting | sunting sumber]

Sosrowijayan memimiliki semua fasilitas yang dibutuhkan baik oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, diantaranya adalah hotel, rumah makan, cafe, biro perjalanan, dan informasi turis.

Selain berbagai macam fasilitas yang ada, Sosrowijayan Wetan memiliki ciri khusus yang sangat jarang dimiliki olah kampung atau tempat yang lainnya, untuk tinggal di hotel ataupun penginapan dan transportasi di wilayah Sosrowijayan sangat murah, bahkan untuk ukuran orang Indonesia sendiri.

Kultur[sunting | sunting sumber]

Sebagai kampung turis Sosrowijayan wetan memiliki kultur yang sangat unik, di mana kondisi budaya maupun faktor pendukung jasa perhotelan akan sangat berubah sesuai dengan "jadwal kedatangan turis", maksudnya; apabila waktu kunjungan turis dari eropa, maka segala sarana pendukung akan lebih banyak mengikuti kultur eropa, terutama makanan. Sedangkan pada saat turis dari eropa atau Amerika selesai berlibur, akan digantikan turis "lokal" di mana kultur makanannya akan menyesuaikan dengan masakan Indonesia, atau masakan asia.