Alen-alen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alen-alen adalah makanan ringan atau jajan khas yang berasal dari daerah Trenggalek, [[Jawa Timur, Indonesia. Makanan ini disebut "alen-alen" karena bentuknya bulat berlubang tengah mirip dengan "ali-ali" dalam bahasa Jawa yang berarti cincin. Alen-alen terbuat dari singkong yang memiliki rasa gurih dan tekstur yang sangat keras tetapi renyah dengan warna khas kuning.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Alen-alen sudah ada di Trenggalek sekitar tahun 1894. Jajanan ini dipelopori oleh Bupati Trenggalek ketiga, Kanjeng Raden Temanggung Wijoyo Kusumo. Alen-alen sebenarnya berasal dari daerah Kebumen atau Purworejo yang awalnya bernama lanting. Makanan ini kemudian disesuaikan dengan selera orang Trenggalek, sehingga kemudian berkembang menjadi alen-alen.[1]

Cara membuat[sunting | sunting sumber]

Cara membuat alen-alen adalah dengan menggiling tepung tapioka yang sudah dicampur dengan bumbu dengan tangan berbentuk lonjoran. Lonjoran tersebut lalu dibentuk bulat seperti cincin dan kemudian digoreng.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Sultan, The Sultan (05 Desember 2012). "Asal usul alen alen". mardlotillah_groupislamic. Diakses tanggal 9-3-2020. 
  2. ^ arthomoro, arthomoro (26 Mei 2019). "ALEN- ALEN MAKANAN KHAS TRENGGALEK JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT ALEN-ALEN MAKANAN KHAS TRENGGALEK JAWA TIMUR | RESEP ALEN-ALEN KHAS TRENGGALEK". KUMPULAN RESEP KOMPILASI TUTORIAL RESEP. Diakses tanggal 9-3-2020.