Gardu Pandang Lemah Rubuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gardu Pandang Lemah Rubuh
Gardu Pandang Lemah Rubuh (1).jpg
JenisDestinasi wisata alam
LokasiDusun Lemah Rubuh, Pedukuhan Dukuh 2, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Area+ 10.000 m2
Dibuka2010 (perkiraan)
Dimiliki olehDinas Pariwisata Kabupaten Bantul
Dibuka2019 (mulai populer)

Gardu Pandang Lemah Rubuh adalah destinasi wisata berupa gardu pandang yang berada di Dusun Lemah Rubuh, Pedukuhan Dukuh 2, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Gardu pandang tersebut menjadi populer di Kabupaten Bantul karena sering dikunjungi oleh para muda-mudi pecinta fotografi dan pesepeda untuk berfoto. Daya tarik tempat ini adalah sangkar besar dengan lantai dari kayu berbentuk bundar, yang didesain dengan kombinasi warna merah jambu, merah, biru, dan kuning.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Akses menuju lokasi gardu pandang ini cukup mudah karena sudah terdeteksi di aplikasi Google Maps, serta dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, meskipun belum ada papan petunjuknya.[1] Rata-rata mereka yang datang ingin berfoto dengan latar pemandangan Pegunungan Sewu dan Sungai Oyo.[2][3] Selain tidak jauh dari Kecamatan Imogiri, objek wisata itu juga berdekatan dengan destinasi wisata lainnya di wilayah Selopamioro, yaitu Selopamioro Adventure Park (Spark), tepatnya di Dusun Jetis.[4]

Lokasinya berjarak + 20 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.[5] Apabila dari Kota Yogyakarta, arahkan kendaraan menuju ke Siluk melalui Jalan Imogiri Timur atau Jalan Imogiri Barat. Setelah sampai di Jembatan Siluk, lanjutkan ke arah Panggang sekitar + 1 kilometer hingga menjumpai SMP Negeri 3 Imogiri.[6][7] Tepat setelah sekolah tersebut terdapat jalan aspal kecil di simpang kiri dan jalan aspal besar di simpang kanan menuju Panggang. Ikuti jalan aspal kecil di simpang kiri hingga sekitar + 2 kilometer, lokasi ini tepat berada di sebelah kiri jalan.[1][2][3]

Kondisi[sunting | sunting sumber]

Gardu pandang ini sebenarnya bukanlah wisata baru, tetapi menjadi populer karena sering dikunjungi oleh para muda-mudi pecinta fotografi dan pesepeda untuk mengunggah foto di media sosial, terutama Instagram.[2][3] Daya tarik tempat tersebut adalah sangkar besar dengan lantai dari kayu berbentuk bundar,[1][8] yang didesain dengan kombinasi warna merah jambu, merah, biru, dan kuning.[9][10] Namun, kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi ini memang belum banyak karena hanya memiliki sedikit fasilitas, yaitu pendopo, kantin, dan toilet.[2][3] Berdasarkan keterangan di situs Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, objek wisata tersebut ke depannya akan dijadikan sebagai tempat kuliner.[1] Sampai dengan tahun 2020, untuk memasuki gardu pandang yang berada di pinggir Sungai Oyo ini, belum ditarik retribusi tiket.[9][10]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul (18 April 2019). "Wisata Lemah Rubuh". Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  2. ^ a b c d Jogja on Stage (5 April 2019). "Wisata Baru Lemah Rubuh Imogiri Bantul yang Lagi Hits". Media Informasi Wisata Yogyakarta. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  3. ^ a b c d Anggara, Septyan Bayu (16 April 2019). "Gardu Pandang Lemah Rubuh, Destinasi Hits di Tepian Kali Oyo, Imogiri, Bantul". Hipwee. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  4. ^ Nyero (tanpa tanggal). "Wisata Lemah Rubuh Bantul". Nyero. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  5. ^ Setyorini, Tantri (10 Desember 2019). "Enam Tempat Wisata Baru yang Viral di Tahun 2019". Merdeka. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  6. ^ Kartikasari, Bunga (13 November 2019). "Lemah Rubuh, Destinasi Wisata Baru di Yogyakarta Tawarkan Warna-Warni Gardu Pandang yang Instagramable". Tribun Jogja. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  7. ^ Febriani, Rizky Tyas (19 November 2019). "Lemah Rubuh, Tempat Wisata Baru di Jogja dengan Gardu Pandang Warna-Warni yang Instagramable". Tribun Travel. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  8. ^ Rohmadi, Muhammad (30 Maret 2019). "Wisata Lemah Rubuh Selopamioro Imogiri (Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk)". Informasi Tempat Wisata Jogja. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  9. ^ a b Explore Wisata (tanpa tanggal). "Tiket, Lokasi, dan Rute Menuju Lemah Rubuh Bantul". Explore Wisata. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-21. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 
  10. ^ a b Data Wisata (tanpa tanggal). "Foto, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Lemah Rubuh Bantul Jogja". Data Wisata. Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]