Lompat ke isi

Puncak Sosok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Puncak Sosok
ꦥꦸꦕꦏ꧀ꦱꦺꦴꦱꦺꦴꦏ꧀
JenisDestinasi wisata alam
LokasiDukuh Jambon, Desa Bawuran, Kalurahan Pleret, Kapanéwon Pleret, Kabupaten Bantul
Dibuka2018
Dioperasikan olehPemerintah Desa Bawuran
StatusDibuka (sepanjang hari)

Puncak Sosok (bahasa Jawa: ꦥꦸꦕꦏ꧀ꦱꦺꦴꦱꦺꦴꦏ꧀, translit. Pucak Sosok) adalah destinasi wisata pegunungan yang berada di Dukuh Jambon, Desa Bawuran, Kalurahan Pleret, Kapanéwon Pleret, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.[1] Destinasi wisata tersebut menjadi populer di Kabupaten Bantul karena sering dikunjungi oleh para pencinta fotografi dan pesepeda untuk berfoto.

Fasilitas penunjang wisata di tempat ini adalah warung makan. Aneka makanan dan minuman bisa dipesan di sini untuk teman menikmati indahnya panorama sore. Makanan yang dijual di sini antara lain seperti tahu walik, bakso tusuk, sempol ayam, siomay, sate gajih, cilok krispy, dan jagung bakar. Untuk minuman, tersedia teh, jeruk, dan kopi.

Keadaan umum

[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan pengunjung yang datang biasanya bersantai sembari menikmati pementasan musik akustik. Pihak pengelola memang telah menyediakan panggung terbuka dan set sound dan alat musik, sehingga siapa saja dapat tampil. Pengunjung juga bisa berfoto dengan panorama yang tidak biasa, yaitu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan. Jaraknya yang mencapai satu kilometer membuatnya hanya tampak seperti bukit pasir, meskipun terkesan jorok.[2]

Lihat pula

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Puncak Sosok Bantul". Kompas. Diakses tanggal 26 Februari 2023. 
  2. ^ "Puncak Sosok Bawuran Bantul". Gudeg.net. Diakses tanggal 26 Februari 2023. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]