Air Terjun Sri Gethuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Air Terjun Sri Gethuk
Air terjun Sri Gethuk.jpg
Air Terjun Sri Gethuk
Informasi
Lokasi Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Negara  Indonesia
Koordinat 7°56′36″S 110°29′21″E / 7.943368°S 110.4892901°E / -7.943368; 110.4892901Koordinat: 7°56′36″S 110°29′21″E / 7.943368°S 110.4892901°E / -7.943368; 110.4892901
Pengelola Pemerintah Desa Bleberan
Pembukaan 2007
Biaya Rp. 7.000,-
Jenis objek wisata Air terjun dan Sungai
Fasilitas Musala, MCK, Warung, Rakit, Pelampung dan Ban.

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo sehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit. Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan berupa tebing tebing kapur dikanan-kiri dan rimbunnya pepohonan. Jika di musim kemarau, air sungai akan sangat jernih berwana kehijauan dan tenang.

Air terjun Sri Gethuk ini memiliki 3 sumber mata air yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Ketiga mata air ini berkumpul dan mengalir melalui tebing tinggi hingga membentuk air terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekira 25 meter dengan 3-5 terjunan air terjun tergantung musim. Air yang tak pernah kering itu jatuh tak membuat kolam namun langsung merayapi bebatuan kapur yang rapi ditepi sungai. Air terjun ini sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul selain dari pantai dan pegunungan karst.

Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro. Air terjun ini bermula dari tiga sumber mata air yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiga sumber mata air tersebut mengalir menjadi satu dan membentuk butiran-butiran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst yang tandus.[1][2]

Mitos[sunting | sunting sumber]

Keberadaan air Terjun Sri Gethuk ini tidak terlepas dari cerita yang berkembang di masyarakat. Legenda yang berasal dari Desa Bleberan menceritakan bahwa air terjun Sri Gethuk merupakan lokasi berkumpulnya jin. Salah satu jin yang memimpin adalah Anggo Meduro. Jin-jin ini sangat menyukai musik yang dihasilkan oleh gamelan. Banyak wisatawan atau warga sekitar yang mendengar suara gamelan ditabuh tetapi jika didekati tidak akan ada bukti seseorang memainkannya. Masyarakat sekitar percaya bahwa suara gamelan adalah hasil tabuhan dari Anggo Meduro. Namun Anda ndak usah khawatir, selama menjaga dan tidak mengganggu di lokasi ini Anda bisa berwisata dengan nyaman.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

Aksesbilitas[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Sri Gethuk dapat dituju dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi melalui dua rute yaitu Jl. Majapahit (sebelumnya Jl. Ring Road Timur Yogyakarta) mengikuti jalan nasisonal menuju arah Wonosari hingga menemukan Pertigaan Gading (Playen) belok kanan melewati pusat kecamatan Playen hingga terdapat pertiggaan jalan menuju Bleberan. Petunjuk jalan menuju Air Terjun Sri Gethuk terpampang jelas disetiap pertigaan jalan. Atau bisa melalui rute alternatif Jl. Imogiri Barat-Panggang-Paliyan-Playen-Bleberan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]