Batalyon Infanteri 403

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista
Yonif 403.png
Lambang Yonif 403/WP
Dibentuk 1 Agustus 1965
Negara Indonesia
Cabang TNI Angkatan Darat
Tipe unit Satuan Tempur Infanteri
Moto Wirasada Pratista
Situs web www.korem072.com

Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista merupakan batalyon infanteri teritorial yang berada di bawah struktur komando Korem 072/Pamungkas, Kodam IV/Diponegoro. Markas Batalyon (Mayonif) berkedudukan di pinggir Jalan Kaliurang km 6,5, Kentungan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Batalyon Infanteri 403 terdiri dari : Markas Batalyon, Kompi Markas, Kompi Bantuan, Kompi Senapan A, Kompi Senapan B di Kentungan, Sedangkan Kompi Senapan C bermarkas di daerah Demak Ijo, Jalan Godean.

Batalyon ini dibentuk pada 1 Agustus 1965. Pada sisi selatan markas Batalyon terdapat monumen pahlawan revolusi dan pernah menjabat (Danrem & Kasrem 072/Pamungkas), Brigjen TNI (Anumerta) Katamso Darmokusumo dan Kolonel Inf (Anumerta) Sugiono. Masyarakat sekitar menyebut Batalyon ini dengan istilah "Patndolu" singkatan dari "Papat Ndol Telu", yang berarti "Empat Kosong Tiga".[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah kelahiran Yonif 403/WP diwarnai dengan gejolak Politik Pasca Perang Kemerdekaan RI. Pada tanggal 1 Agustus 1965 dalam suatu upacara di alun-alun SMP Negeri IV Yogyakarta, diresmikan berdirinya Batalyon Infanteri C yang merupakan peleburan dari Yonif 437 di Purworejo, Yonif 438 di Yogyakarta, Yonif 445 di Surakarta dan Yonif 447 di Klaten.

Pada tanggal 7 Pebruari 1966 Yonif C diganti dengan kode angka menjadi Yonif 403/BS Korem 072 yang mempunyai Markas di Benteng Vredeburg sedangkan kompi-kompi dan asrama tempat tinggal di Kentungan bekas asrama L yang telah dibubarkan. Seiring perkembangan struktur organisasi TOP ROI maka Yonif 403 mendapatkan penambahan masing-masing dari Yonif 402/Purworejo dan Yonif 404/Salatiga. Nama Wirasada Pratista diambil dari penggabungan nama Batalyon 403/Wirasada dan Batalyon 404/Pratista. Wirasada Pratista, yang berarti prajurit yang selalu berada di depan dikarenakan sifatnya yang satria serta ucapannya yang mantap dan jelas.

Lambang Satuan[sunting | sunting sumber]

Tunggul Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista bernama “Ngasta Warastra Trus Sudhira“ yang berarti membawa senjata untuk keselamatan dan kejayaan. Lambang Kesatuan Yonif 403/WP berasal dari lambang Yonif 437 berbentuk Burung Garuda berwarna Merah berparuh putih dan sayap berbulu 7 yang berdiri diatas kangkung Tirta yang tumbuh subur diatas Bokor sesaji dengan bintang berwarna Kuning emas diatas kepala burung. Lambang satuan bermakna semangat dan keperkasaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yonif 403/Wirasada Pratista" website gudeg.net