Batalyon Kavaleri 6

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Batalyon Kavaleri 6/Serbu
Naga Karimata
Yonkav 6.png
Lambang Yon Kav 6/Naga Karimata
Aktif18 Agustus 1954
NegaraIndonesia
CabangKavaleri
Tipe unitSatuan Tempur
Bagian dariKodam I/Bukit Barisan
MarkasAsam Kumbang Medan, Sumatra Utara
JulukanYon Kav 6/Serbu
MotoJaya dimasa Perang, Berguna dimasa Damai
BaretHitam berlambang Kavaleri
MaskotUlar Naga
Ulang tahun18 Agustus
AlutsistaTank AMX-13 75mm, 90mm, 105mm, Tank AMX-13 APC dan Panser Anoa

Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata atau Yon Kav 6/Serbu merupakan satuan bantuan tempur (satbanpur) pasukan Kavaleri dibawah Komando Kodam I/Bukit Barisan yang dibentuk pada 18 Agustus 1954 dan bermarkas di Asam Kumbang, Medan, Sumatra Utara. Dan sejak kelahirannya pada tanggal 18 Agustus 1954 sampai saat ini satuan ini melaksanakan pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara. Sejarah singkat kesatuan untuk memberikan gambaran selintas tentang pengabdian selama ini sehingga dapat dimanfaatkan sebagai upaya menumbuhkan kebanggaan, kecintaan dan kesetiaan yang mendalam bagi Prajurit Yon Kav 6/Serbu terhadap kesatuannya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Batalyon Kavaleri 6/Serbu dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Panglima Teritorium I Nomor 0134/PTT I/1954 tanggal 8 April 1954, maka bertempat di lapangan Garuda diadakanlah upacara peresmian berdirinya Eskadron Kavaleri V Pengintai Ringan di Koter I Tmt, 18 Agustus 1954.

Dengan diresmikannya Eskadron Kavaleri V bukan berarti bahwa susunan organisasi materiil maupun personel telah sempurna tetapi masih membutuhkan penyempurnaan yang terus-menerus sesuai dengan perkembangan sejarah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]