Batalyon Artileri Medan 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batalyon Artileri Medan 2/Kilap Sumagan
Lambang Yonarmed 2/105 Tarik/Kilap Sumagan
Dibentuk28 November 1952
NegaraIndonesia
CabangArmed
Tipe unitSatuan Bantuan Tempur
PeranPasukan Artileri Darat
Bagian dariKodam I/Bukit Barisan
MarkasMedan, Sumatera Utara
JulukanYonarmed 2/KS
MotoYudhaka Adarma Kilap Sumagan
BaretCoklat
MaskotPedang Kilap Sumagan Dan Kilat
Ulang tahun28 November
AlutsistaMeriam M2A2 105mm

Batalyon Artileri Medan 2/Kilap Sumagan atau Yon Armed 2/105/Tarik adalah merupakan satuan bantuan tempur (satbanpur) organik dibawah Komando Kodam I/Bukit Barisan bermarkas di Jl. Biru Biru, Pasar VI, Deli Tua, Medan, Sumatera Utara. Batalyon Armed 2/105 Tarik/Kilap Sumagan memiliki tugas pokok memberikan bantuan tembakan secara cepat, tepat, dan terus menerus kepada satuan manuver guna menetralisir dan menghancurkan musuh yang menghambat gerak maju satuan manuver.[1]

Satuan[sunting | sunting sumber]

Yonarmed 2 terdiri dari:

  • Baterai Tempur Adhi (A)
  • Baterai Tempur Budhi (B)
  • Baterai Tempur Cakti (C)
  • Baterai Markas (MA)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Kilap Sumagan Adalah Sesanti dari Yonarmed 2/105 yang berasal dari nama pusaka khas suku karo yang merupakan lambang kekuatan dan kewibawaan serta penghargaan yang tinggi dari suku tersebut,karena kedudukan Yonarmed 2/105 berada di tengah-tengah daerah Delitua yang didiami oleh mayoritas suku Karo ... Maka kata "KILAP SUMAGAN" Merupakan suatu perlambang kedahsyatan yang dimiliki oleh budaya Karo, sehingga diharapkan Yonarmed 2/105 tetap jaya tanpa tertandingi dan menjadi batalyon kebanggaan di jajaran Kodam I/BB serta menjadi kebanggaan masyarakat suku Karo.

Arti Dan Makna Tunggul Satuan[sunting | sunting sumber]

- Bintang:Bintang bersudut lima berarti Pancasila dasar Falsafah NKRI yang juga diartikan sebagai Lambang simbol TNI AD dimana terpatri lima kebulatan tekad dalam sumpah prajurit.

- Tumbuk Lada:Pisau Tumbuk Lada melambangkan harga diri dalam budaya Karo perlambang Tendi atau Roh/jiwa yang memiliki kekuatan menghancurkan serta mematikan musih atau lawan yang terlindungi oleh besi sekalipun.(PIHERE BESI ENDA, PIHEREN TENDINGKU).

- Kilap: Kilap(Kilat/Halilintar) Melambangkan Kecepatan kebijaksanaan dan ketelitian dalam bertindak menghadapi setiap tantangan/musuh-musuh NKRI.

- Rangkaian Padi: Rangkaian Padi dan Kapan melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan yang juga sebagai makna tanggal lahir satuan dengan rincian: Rangkaian Padi= 52 Butir Rangkaian Bunga Kapas= 11 Lembar Yang mempunyai arti bahwa Yonarmed 2/105 terbentuk pada tanggal 28 November 1952

- Pita dan Slogan Kilap Sumagan: Melambangkan satu Kesatuan dalam ikatan dan memiliki satu tujuan NKRI KILAP:petir SUMAGAN:Nama dari pusaka KILAP SUMAGAN bearti kekuatan halilintar yang berasal dari pusaka Sumagan (pisau tumbuk Lada) dengan Suara yang menggelegar sangat keras dan dahsyat bergerak sangat cepat saling berkejaran dan saling mendahului untuk mencapai satu tujuan dalam mengahancurkan Sasaran.

ARTI WARNA:

-Kuning: melambangkan Kekayaan

-Merah: melambangkan keberanian

-Hijau: melambangkan kesejahteraan

-Putih: melambangkan kesucian

-Hitam: melambangkan kecerdasan

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]