Batalyon Zeni Tempur 6

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Batalyon Zeni Tempur 6/Satya Digdaya
Gambar Batalyon Zeni Tempur 6.png
Logo Yonzipur 6/SD
Dibentuk 13 Januari
Negara Indonesia
Cabang TNI Angkatan Darat
Tipe unit Satuan Bantuan Tempur
Julukan Yonzipur 6/SD
Moto Satya Digdaya
Situs web www.ditziad.mil.id
Komandan tempur
Komandan saat ini Mayor czi Chandra Adi Brata

Batalyon Zeni Tempur 6/Satya Digdaya atau (Yonzipur 6/SD) adalah Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam XII/Tanjungpura. Sebelumnya satuan ini bernama Detasemen Zeni Tempur 6/Satria Digdaya, Tumbuh dan berkembang menjadi Batalyon Zeni Tempur-6/SD yang bermarkas di Anjongan, Kalimantan Barat.[1]

Sejarah Satuan[sunting | sunting sumber]

Melihat situasi dan tantangan tugas Angkatan Darat, maka pada tanggal 14 April 1950 Kepala Staf Angkatan Darat mengeluarkan Perintah Harian agar menyiapkan dan memperbantukan Satuan Genie Pioner pada Transmigrasi yang akan diberangkatkan ke Kalimantan dan Sumatera Selatan. Pada tanggal 7 Juli 1950 Kepala Staf Umum Angkatan Darat mengeluarkan Perintah Harian Nomor : 515 / KSAD / P.H/1950 Kepada Komandan Genie Pioner ( Letkol Suwido ) untuk memindahkan seluruh Kompi Rustamdji ke Teritorium Kalimantan.

Selanjutnya pada tanggal 7 September 1950 Komandan Geni Pioner mengeluarkan Perintah Harian Nomor : 293 / PSK / GIE / P.H/1950 kepada Kompi Rustamdji untuk segera memindahkan kompinya ke Kalimantan ( KO TTK). Terhitung mulai tanggal 1 Oktober 1950 Kompi Rustamadji secara operasional menjadi organik Komando Tentara Teritorial Kalimantan. Maka Kompi Rustamadji inilah yang merupakan embrio terbentuknya Yonzipur 6.

Dalam perkembangan selanjutnya sesuai kebutuhan organisasi dan perjuangan pada saat itu Satuan Genie Pioner Komando Tentara Teritorial Kalimantan mengalami banyak perubahan, baik untuk sebutan satuan, personel maupun peralatannya disempurnakan untuk kepentingan tugas dan organisasi. Adapun perubahan – perubahan tersebut antara lain : Pada tahun 1951 sampai dengan tahun 1956 bernama Genie Pioner Tentara Teritorial VI/Tanjungpura. Pada tahun 1956 sampai dengan tahun 1962 berubah nama Batalyon Geni 42/VI Koanda Kalimantan.

Referensi[sunting | sunting sumber]