Batalyon Artileri Medan 13

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Batalyon Artileri Medan 13/Nanggala
Gambar Batalyon Artileri Medan 13.png
Lambang Yonarmed 13/Nanggala
Dibentuk 7 Juli 1962
Negara Indonesia
Cabang TNI Angkatan Darat
Tipe unit Satuan Bantuan Tempur
Moto Nanggala
Situs web www.yonarmed13.mil.id

Batalyon Artileri Medan 13/Nanggala atau Yon Armed 13/NGL merupakan satuan Batalyon artileri yang berada di bawah Resimen Artileri Medan 2/Divisi Infanteri 1/Kostrad. Yonarmed 13/2/1 Kostrad sebagai Satuan Banpur memiliki tugas pokok memberikan bantuan tembakan secara kontinyu dan tepat pada waktunya kepada Satuan yang dibantu dengan cara menghancurkan atau menetralisir (melumpuhkan) sasaran-sasaran yang mengganggu tercapainya tugas satuan yang dibantu tersebut.[1]

Markas Batalyon Artileri Medan 13/Nanggala berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, No.122 Cikembang, Kp. Kebon Jeruk, Ds. Sukamulya, Kec. Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Yonarmed 13/2/1 Kostrad memiliki pangkalan yg cukup luas mencapai + 42 hektar yang terbagi dalam perkantoran dan perumahan (6,7Ha), Lahan produktif/Kebun + Taman (35,2 Ha) dan Lahan Jamur (0,1 Ha).[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah sangat penting untuk diketahui oleh seluruh prajurit, karena sejalan dengan perkembangan informasi yang sangat cepat telah mempengaruhi pola pandang dan pola pikir sebahagian prajurit, dan hal ini lambat laun dapat menggeser nilai-nilai kejuangan dan rasa cinta terhadap satuan. Di dalam halaman ini sejarah satuan dapat ditemui nilai-nilai historis dan tradisi-tradisi satuan serta kisah-kisah pengorbanan para pendahulu di dalam pengabdiannya untuk satuan. Halaman ini akan menceritakan secara singkat sejarah pembentukan Yonarmed 13/2/1 Kostrad mulai dari awal sampai dengan sekarang, dilengkapi dengan berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh para prajuritnya baik penugasan di dalam maupun di luar negeri. Yonarmed 13/2/1 Kostrad diresmikan berdasarkan Telegram Danpussenart No : T-839/18/06/1962 TWP 2306800 pada tanggal 7 Juli 1962, pada masa perjuangan Trikora/Pembebasan Irian Barat di bawah Brigade Artileri 1/Caduad yang berkedudukan di Pusdik Armed, Cimahi. Jumlah personel pada saat diresmikan berjumlah 250 orang dengan Komandan Batalyon pertama Kapten Art Setyo Waluyo dan Wakil Komandan Kapten Art Heri Pratikto. Pembentukan Yonarmed 13/2/1 Kostrad dilatar belakangi akan kekurangan kekuatan guna mendukung pelaksanaan Operasi Trikora/Pembebasan Irian Barat.

Dalam perkembangannya dari masa ke masa Yonarmed 13/2/1 Kostrad telah mengalami perkembangan dan perubahan alutsista dari semula Meriam 105 mm sampai dengan saat ini menjadi Meriam 76 mm tarik sehingga menjadi salah satu Batalyon kebanggaan di bawah jajaran Divif 1 Kostrad, hal tersebut bisa dilihat dari perkembangan organisasi, alutsista, dan lambang satuan. Sejak 48 tahun berdiri. Yonarmed 13/2/1 Kostrad telah mampu membuktikan pengabdian diri kepada NKRI baik pada masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Hal ini sesuai dengan semboyan korps Artileri Medan “Tri Sandhya Yudha” dan Sesanti “Bijak, Cepat, Teliti”.

Perkembangan Alat Utama Sistem Persenjataan[sunting | sunting sumber]

  • Sejak berdirinya hingga tahun 1983 Yonarmed 13/2/1 Kostrad menggunakan Meriam 105/Howitzer buatan Yugoslavia.
  • Tahun 1984 Meriam 105/Howitzer buatan Yugoslavia dirematerialisasi dan digantikan dengan Meriam 105/Howitzer buatan Amerika.
  • Tahun 1987 dari Meriam 105/Howitzer buatan Amerika digantikan Meriam 76/mm Gunung buatan Yugoslavia untuk semua jajaran Kostrad guna mendukung pelaksanaan tugas Kostrad sebagai satuan pemukul strategis TNI AD. Perkembangan Organisasi.Sejak berdirinya hingga sekarang, Yonarmed 13/2/1 Kostrad telah mengalami perkembangan organisasi secara dinamis. Hal ini dapat terlihat dari perpindahan pangkalan dan perubahan organisasi yang dialami oleh Yonarmed 13/2/1 Kostrad.

Referensi[sunting | sunting sumber]