Batalyon Zeni Tempur 8

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandra Guna
Logo Yonzipur 8.png
Dibentuk 22 April 1950
Negara Indonesia
Cabang Zeni
Tipe unit Satuan Bantuan Tempur
Bagian dari Kodam XIV/Hasanuddin
Markas Jl. Rajawali, Kota Makassar
Julukan Yonzipur 8/SMG
Moto Sakti Mandra Guna
Situs web www.ditziad.mil.id

Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandra Guna atau disingkat Yon Zipur 8/SMG adalah satuan setingkat batalyon yang menjadi bagian dari Direktorat Zeni Angkatan Darat. Batalyon Zeni Tempur 8/SMG sebagai Satuan Bantuan Tempur, telah berkali-kali di terjunkan dalam kegiatan operasi, baik operasi tempur maupun operasi bakti atau TMMD sebagai bentuk partisipasi dalam menunjang Pembangunan Nasional. Dalam perjalanan sejarahnya, satuan ini telah mengalami beberapa kali penggantian nama dan pindah lokasi. Awalnya bernama Batalyon Zeni Tempur 8/Gajah kemudian berubah menjadi Batalyon Zeni Tempur 8/SMG yang bermarkas di Jalan Rajawali, Kota Makassar. Sedangkan kompi lapangannya, yakni Kompi A, B, dan C berkedudukan di Sangkeang, Kabupaten Maros.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Batalyon Zeni Tempur 8 merupakan wujud dari perkembangan Batalyon Zenipionir TT VII/Wirabuana, yang dibentuk pada 21 April 1950, berkedudukan di Kota Makassar, pada awalnya satuan ini berkekuatan empat kompi, dua kompi dari Jawa Timur, satu dari Jawa Tengah dan satu kompi dari bekas anggota-anggota KNIL yang diserahkan kepada Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS). Dalam perkembangan selanjutnya, Batalyon Zeni Tempur TT VII/Wirabuana dipindahkan ke Jakarta dan diubah namanya menjadi Yon Zeni pionir A, sesuai Surat Keputusan Kasad Nomor: Kpts-579/7/1959, tanggal 31 Juli 1959. Kemudian berubah lagi menjadi Yon Zipur A, sesuai Radiogram Kasad Nomor: TR-564/1962, tanggal 2 April 1962. Nama Batalyon Zeni Tempur A diubah lagi menjadi Batalyon Zeni Tempur 8/Gajah. Berdasarkan Surat Keputusan Dirziad Nomor: Kep-10/I/1996, tanggal 27 Januari 1996, terhitung mulai 1 Januari 1996 Batalyon Zeni Tempur 8/Gajah diresmikan menjadi organik Kodam XIV/Hasanuddin yang berkedudukan di Kota Makassar. Berdasarkan Surat Keputusan Pangdam XIV/Hasanuddin Nomor: Skep/2/1/1967, tanggal 12 Januari 1967 tentang Tabel Organisasi Batalyon Zeni Tempur 8 (R), masuk kategori ringan. Hari jadi Batalyon Zeni Tempur 8 Kodam XIV/Hasanuddin, ditetapkan pada 1 Januari 1966 dengan Danyon I, Mayor Czi Mardoyo.

Batalyon Zeni Tempur 8/SMG memiliki kemampuan yang handal dari segi personil dan peralatan dalam mendukung tugas pokok Kodam XIV/Hasanuddin. Dengan kemampuan yang dimiliki sekarang, Batalyon Zeni Tempur 8/SMG mampu menyelesaikan tugas-tugas operasi, baik operasi tempur, teritorial maupun operasi perdamaian yang dilaksanakan di dalam maupun di luar negeri. Dalam kegiatan operasi teritorial, Batalyon Zeni Tempur 8 berkemampuan secara teknis untuk membuatkan jalan dan jembatan. Operasi perdamaian pernah diikuti adalah Kontingen Garuda VII di Vietnam dan Kontingen Garuda XIV di Bosnia Herzegovina.

Referensi[sunting | sunting sumber]