Batalyon Artileri Medan 9

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Batalyon Artileri Medan 9/Pasopati
Yon 9.png
Lambang Yonarmed 9/Pasopati
Dibentuk7 Juli 1962
NegaraIndonesia
CabangTNI Angkatan Darat
Tipe unitSatuan Bantuan Tempur
Markas BatalyonSadang, Purwakarta, Jawa Barat
JulukanYonarmed 9/Pasopati
MotoPasopati

Batalyon Artileri Medan 9/Pasopati atau Yonarmed 9/Kostrad adalah Batalyon artileri yang berada di bawah Resimen Armed 2/Sthira Yudha. Yonarmed 9/1/1 Kostrad sebagai Satuan Banpur memiliki tugas pokok memberikan bantuan tembakan secara kontinyu dan tepat pada waktunya kepada Satuan yang dibantu dengan cara menghancurkan atau menetralisir (melumpuhkan) sasaran-sasaran yang mengganggu tercapainya tugas satuan yang dibantu tersebut.

Markas Batalyon Artileri Medan 9/Pasopati berada di Sadang, Purwakarta, Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

“PERIODE CIMAHI”[sunting | sunting sumber]

Pada periode ini Yonarmed 9/Pasopati mempunyai markas Batalyon yang berkedudukan di pasar Antri Cimahi yang sekarang berubah menjadi Cimahi Mall. Senjata organik yang digunakan pada saat itu adalah SP, Gerund, dan pistol Mitraliur. Sejak tahun 1959 Danpussenart menyerahkan 1 Tim Roket Louncher kepada Baterai penembakan yang dipimpin oleh Kapten Art RM Dewandono BI. Selanjutnya pada tahun 1960 baterai penembakan Pussenart dilebur menjadi Yonarcaduad yang dipimpin olej Kapten Art Edi Suchaedi dan selanjutnya di bawah Komando Brigart/Caduad (Sekarang Kostrad). Dalam perkembangannya pada tahun 1961 Batalyon Roket caduad dirubah namanya menjadi Batalyon Roket 1 Caduad/Kora. Tepatnya pada tanggal 7 Juli 1962 telah terjadi perubahan nama dari Batalyon Roket 1/Caduad menjadi Armed 9-130/Pasopati dan sejak saat itu dijadikan sebagai hari jadi Batalyon Artileri Medan9/130/Pasopati yang bersenjatakanRoket jarak dekat yaitu Roket 130 mm Launcher dengan 32 laras yang berada di atas kendaraan.

“PERIODE PURWAKARTA”[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983 Yonarmed 9/Pasopati dipindahkan dari Cimahi ke Sadang Purwakarta sesuai dengan Skep Kepala Staf TNI AD Nomor: Skep/555/VII/1983. Sejak saat itu Yonarmed 9/Pasopati melanjutkan tugas dan pengabdiannya di Sadang Purwakarta. Pada periode ini Yonarmed 9/Pasopati mempunyai Markas Batalyon yang berkedudukan di Sadang Atas Purwakarta yang sekarang digunakan sebagai Markas Resimen 2/1 Kostrad. Sejak perpindahan Markas Resimen 2/1 Kostrad dari Cimahi ke Sadang, Markas Batalyon Armed 9 dipindahkan kedudukannya ke Sadang Bawah Purwakarta seperti saat ini. Senjata organik yang digunakan oleh prajurit Batalyon Armed 9/Pasopati saat ini adalah FNC dan SS-1.

Dalam hal Alut Sista, periode Purwakarta memiliki sejarah penting di mana terjadi pergantian senjata yaitu dari Roket 130 mm Launcher menjadi meriam 76 mm/Gunung dan hal tersebut disahkan dengan Skep Kasad nomor: Skep / 747 / VI / 1987 tanggal 8 Juni 1987.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]