Kaliurang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Prasasti Perundingan Kaliurang (13 Januari 1948)

Kaliurang (Jawa: ꦏꦭꦶꦲꦸꦫꦁ, har. 'sungai udang') adalah kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, di perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, Kaliurang terletak di Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kaliurang terletak di daerah dataran tinggi, banyak resor atau tempat peristirahatan karena udara sejuk yang banyak dicari oleh orang perkotaan sehingga di sini terdapat banyak vila-vila penginapan (kebanyakan orang sekitar menyebutnya wisma). Tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri adalah Tlaga Putri.

Akses[sunting | sunting sumber]

Akses menuju ke Kaliurang dapat dilakukan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk transportasi umum, terdapat angkutan bus yang dioperasikan oleh PT BAKER (Badan Angkutan Kerjasama Ekonomi Rakyat) yang berangkat dari Yogyakarta, tetapi sudah tidak beroperasi lagi.[1] Bus yang beroperasi sekarang adalah Trans Jogja dengan program Teman Bus. Bus Trans Jogja pernah dijalankan sampai Tlaga Putri pada 2021,[2] tetapi secara reguler Trans Jogja melayani Terminal Pakem (di pusat kapanewon) menuju Bandara Adisutjipto maupun Terminal Condongcatur.[3]

Mobil jeep yang dikelola swadaya masyarakat juga beroperasi di sekitar Kaliurang sebagai bagian dari paket wisata Lava Tour Merapi.[4]

Perundingan Kaliurang[sunting | sunting sumber]

Salah satu wisma yang terletak di Kaliurang dijadikan lokasi perundingan antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 13 Januari 1948, yang dikenal sebagai Perundingan Kaliurang. Republik Indonesia diwakili oleh Presiden Soekarno, Wapres Moh Hatta, PM Syahrir dan Jendral Soedirman. Sedangkan Delegasi Belanda diwakili oleh Paul Van Zeeland (Belgia), Richard Kirby (Australia), dan Dr. Frank Graham (AS). Di dalam perundingan, Frank Graham mengucapkan ungkapan populer, yaitu "You are what you are from bullets to the ballots."

Selain itu terdapat bangunan Villa Van Rezink[5] yang berada di utara Taman Rekreasi Anak.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Harian Jogja Digital. "Sederet Bus Jadul di Jogja yang Pernah Jadi Idola, Mana Favoritmu?". Harianjogja.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-23. 
  2. ^ "Untuk Kali Pertama, Trans Jogja 'Touchdown' di Kaliurang". krjogja.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-23. 
  3. ^ Media, Harian Jogja Digital. "Trans Jogja Direncanakan Beroperasi hingga ke Bantul". Harianjogja.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-23. 
  4. ^ Yanti, Desy Kristi (2021-06-02). Widyanti, Ni Nyoman Wira, ed. "Catat, Ini Harga Paket Wisata Naik Jip Lava Tour Merapi". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-10-23. 
  5. ^ "Vila Van Rezink". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-24. Diakses tanggal 2014-08-28. 
  6. ^ "Taman Bermain Anak Kaliurang". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-24. Diakses tanggal 2014-08-28.