Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari WP:WKL)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas

Logo partai nonbebas[sunting sumber]

Saya ingin mengangkat isu tentang berkas logo partai politik di Wikipedia bahasa Indonesia. Sebagian besar pengguna sudah memahami bahwa penggunaan logo atau media yang berhak cipta dapat diunggah ke sini via pengunggahan lokal, dengan adanya {{Non-free use rationale logo}}. Selain itu, ukuran logo yang berhak cipta juga harus dikecilkan hingga 0,1 megapiksel guna mengikuti kebijakan penggunaan wajar. Namun, saya dan Medelam menemukan bahwa ada logo yang berbentuk SVG alih-alih JPG yang hanya dapat diunduh dalam ukuran yang tersedia, contohnya Berkas:Logo PKB.svg yang dapat diunduh dalam ukuran yang besar (1.024 piksel), dan ini menyalahi ketentuan penggunaan wajar.

Selain itu, logo yang sama juga digunakan dalam banyak halaman, bukan hanya dalam Partai Kebangkitan Bangsa, seperti alasan yang tercantum dalam rasional. Ini juga tentunya menyalahi ketentuan penggunaan wajar.

Saya pernah menolak revisi karena logo partai yang berhak cipta ini digunakan sebagai snippet atau ikon kecil di samping nama artikel partai dalam kotak info, tetapi pengguna lain membatalkan suntingan tersebut. Dari peristiwa ini, saya ingin mendapatkan masukan dari pengguna lain bagaimana sebenarnya penggunaan logo partai di dalam kotak info, yang bukan merupakan artikel yang membahas tentang partai tersebut?

Saya mengundang Gervant of Shiganshina untuk memberikan pendapatnya. Terima kasih banyak. ··· 🌸 Rachmat04 · 10 Januari 2021 07.33 (UTC)


Menurut saya dalam hal ini tidak ada pembenaran untuk dapat menggunakan berkas-berkas non-bebas, walaupun bersih-bersihnya memang mungkin tidak singkat. Namun demikian, ada beberapa lambang partai yang berlisensi bebas (dan diunggah di Commons). Hal ini mungkin perlu juga diperhatikan pada saat bersih-bersih. Kurang wajar saya rasa, misal dalam suatu daftar ber-ikon, ada yang disertai lambang partai dan ada yang tidak. Salam. Medelam (bicara) 10 Januari 2021 07.40 (UTC)

Terima kasih untuk mas Rachmat yang telah mengangkat topik ini.
  1. Ukuran logo PKB sebelum diunggah sudah sesuai WP:NONBEBAS. Kalau masih mau menggunakan format SVG untuk logo parpol, berarti kita harus menerima kenyataan bahwa logo tersebut akan menjalani proses system-generated dari MediaWiki yang akan menghasilkan beberapa ukuran yang berbeda setelah diunggah. Saya pikir masalahnya di sini bukan ukuran hasil pengunggahan, tetapi ukuran sebelum diunggah. Pengguna WBI saya lihat menggunakan format SVG untuk logo parpol demi meniru WBEN. Apabila ingin menggunakan format JPG/PNG untuk parpol, tidak ada masalah karena hasil akhirnya tidak akan mendapatkan beberapa ukuran berbeda (seperti format SVG). Kita perlu konsisten dalam hal ini.
  2. Logo parpol tidak boleh digunakan selain pada artikel yang dimaksudkan dalam tujuan penggunaannya, dalam hal ini adalah Partai Kebangkitan Bangsa. Alasan mengapa penggunaannya masih ditemukan pada banyak halaman adalah ada beberapa pengguna yang tertarik mengembangkan artikel bertopik DPRD serta pilkada daerah (maka mereka menggunakan logo tersebut), serta karena kurangnya upaya bersih-bersih dari pengguna/pengurus. Saya pribadi masih disibukkan dengan urusan penting lain sehingga belum dapat bersih-bersih.
  3. Untuk penolakan revisi, apa yang dilakukan mas Rachmat sudah tepat. Silakan dibalikkan kembali atau ajak pengguna yang membatalkan ke sini untuk berdiskusi sekaligus diberikan pemahaman. Ini sudah saya lakukan pada beberapa artikel politikus dengan cara menghapus logo parpol yang saya temukan.
  4. Untuk logo parpol yang ada di Commons, selama masih berada di dalam ambang batas orisinalitas (TOS) seperti ini, ini, ini, dan ini, maka masih diperbolehkan (selama logo parpolnya sederhana dan dapat ditiru, seperti memiliki bangun datar, lingkaran, persegi, bintang, dll; serta memiliki typefont yang simpel.)
Saya kira demikian. -- Gervant of Shiganshina (bicara) 10 Januari 2021 08.07 (UTC)
@Gervant of Shiganshina: Halo Mas, Terima kasih telah berkomentar! Izinkan saya menanggapi poin-poin tersebut.
  1. Jadi yang dimaksud dalam pembatasan ukuran berkas berpenggunaan wajar itu berkas sebelum diunggah, bukan ukuran hasil pengunggahan? Saya mencoba mencari-cari dokumentasi atau resolusi kebijakan ini di Commons dan di Meta-Wiki, sayangnya belum ketemu. Jika Mas Gervant of Shiganshina pernah melihatnya, saya sangat senang jika boleh dibagikan.
  2. Untuk hal ini, saya bersedia membantu membersihkan penggunaan logo tak bebas. Akan lebih baik jika diskusi ini berlanjut ke musyawarah dan mufakat, sehingga kita punya basis untuk bertindak.
  3. Terima kasih. Bagian ini sudah jelas.
  4. Terima kasih. Bagian ini sudah jelas bagi saya dan pernah terlibat langsung dalam praktiknya di Commons.
Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 13 Januari 2021 03.06 (UTC)
  1. Pernyataan saya di atas hanya berlaku untuk berkas ekstensi SVG, seperti ini (tidak dihapus oleh para pengurus WBEN meski ukurannya besar). Kebijakan pembatasan ukuran tersebut memang tidak ada, hanya usulan saja dari saya. Gervant of Shiganshina (bicara) 26 Januari 2021 12.35 (UTC)

Turut mengundang juga Renaldo97 (bicara) yang juga beberapa kali suntingannya terkait juga dengan penggunaan logo partai. Salam. Medelam (bicara) 10 Januari 2021 08.11 (UTC)

@Gervant of Shiganshina: Bolehkah didiskusikan dahulu bagaimana saja perubahannya sebelum dieksekusi? Supaya perubahannya bisa seragam juga dan tidak menimbulkan perang suntingan ke depannya. Salam. Medelam (bicara) 13 Januari 2021 03.29 (UTC)


@Gervant of Shiganshina dan Rachmat04: Saya mencoba membuat {{Parpolicon}} sebagai alternatif. Templat ini saya uji coba pada artikel bertopik DPRD. Dua artikel yang coba saya implementasikan, yakni pada artikel Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palu (sebelum/sesudah) dan pada artikel Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mamuju (sebelum/sesudah). Mohon berkenan rekan-rekan sekalian memberikan pendapat. Salam. Medelam (bicara) 16 Januari 2021 13.35 (UTC)

@Medelam: Bagi saya penggunaan {{Parpolicon}} boleh juga diterapkan dalam artikel terkait. Terima kasih sudah bersedia merintis! Oh ya, apakah warnanya sudah benar merujuk pada warna parpolnya, Mas, agar tidak bermasalah di kemudian hari? ··· 🌸 Rachmat04 · 17 Januari 2021 02.43 (UTC)
Turut mengundang @RaFaDa20631, barangkali dapat memberikan saran. Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 17 Januari 2021 02.46 (UTC)
Warnanya merujuk ke templat meta/color masing-masing partai Mas (misal Templat:Partai Demokrat/meta/color, Templat:Partai Gerakan Indonesia Raya/meta/color, dst.), sehingga misal dari masing-masing templat ada perubahan, misal karena ada warna yang dinilai kurang tepat, maka templat ini akan mengikuti otomatis.
Terkait masing-masing warna, apakah perlu misal disesuaikan dengan tools ini? Pun data warna yang ada di dalamnya, saya sendiri kurang tahu bersumber dari mana. Salam. Medelam (bicara) 17 Januari 2021 02.52 (UTC)
Mas @Medelam: dan Pak @Rachmat04:
  • Saya belum menemukan ketentuan warna berdasarkan Peraturan KPU/Brand Guideline partai. Warna dari logonya sendiri, itu bisa dipakai, jika memang diperlukan. Masalahnya, sebagai contoh, PKS yang baru saja pakai logo baru sudah tidak lagi menggunakan warna hitam-kuning tetapi hitam-oranye. Masalahnya pilih warna apa, kan saya belum ngerti. Perkakas ini untuk sementara waktu bisa dipakai.
  • Banyak logo yang tergolong "Fake SVG", artinya tidak divektor ulang menggunakan Adobe Illustrator/CorelDRAW/Inkscape
  • Beberapa bendera/logo partai ada yang meski dianggap nonbebas, sebenarnya gagal memenuhi syarat untuk dihakciptakan, atau umurnya sudah lebih dari 50 atau 95 tahun. Mereka bisa dialihkan ke Commons. Meski untuk kasus ini bisa dipakai di lebih dari satu artikel, artikel yang memakai logo itu harus menggambarkan informasi yang masih memiliki kaitan dengan subjek (karena dilindungi merek dagang). Menurut saya logo parpol kurang pas dijadikan icon karena di pedoman branding mestinya ada aturan ukuran minimum. {{Parpolicon}} bisa jadi jawaban ketika kita harus berurusan dengan masalah ukuran minimum.
Begitu sih kalau menurut saya. RaFaDa20631 (bicara) 17 Januari 2021 03.28 (UTC)
@Medelam dan RaFaDa20631: Untuk sementara, bolehlah {{Parpolicon}} ini digunakan sebagai pengganti tabel komposisi dewan. Saya setuju, sembari menunggu masukan dari Wikipediawan lain. Terima kasih atas ide dan tindak lanjutnya! ··· 🌸 Rachmat04 · 18 Januari 2021 10.10 (UTC)

Lowongan staf[sunting sumber]

Halo para Wikipediawan sekalian. Mau menginformasikan bahwa saat ini WMID membuka lowongan staf kompetisi Uni Eropa. Beberapa persyaratan umum antara lain Warga Negara Indonesia, berdomisili di Jabodetabek, memahami Wikipedia & Wikimedia Commons, serta mampu berbahasa Inggris (pasif diperbolehkan). Lokasi bekerja di DKI Jakarta dan masa kerja 1 Februari-31 Agustus 2021. Hanya dibuka khusus bagi para kontributor proyek-proyek Wikimedia.

Apabila ada yang tertarik, mohon kirimkan CV atau resume hingga 18 Januari 2021, 23.59 WIB dengan format PKO-NAMA LENGKAP ke alamat surel lowongan@wikimedia.or.id

Salam, Raymond (WMID) (bicara) 14 Januari 2021 04.48 (UTC)

A/B test update[sunting sumber]

Update on Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/2020/12#A/B test for the Reply tool: This might start later today ...or maybe early next week. They have to wait for the regular wikitech:deployments process to get fixed first.

Remember, whether this happens today or next week, half of you will see the new Reply tool (which I love!), and half won't. Also, everyone will be able to change your own preferences settings at any time. Thank you, Whatamidoing (WMF) (bicara) 21 Januari 2021 22.29 (UTC)

This test is starting today. Whatamidoing (WMF) (bicara) 12 Februari 2021 21.16 (UTC)

Wikipedia:Pemilihan pengurus 2021[sunting sumber]

Halo. Kepada pengurus yang menjadi panitia pemilihan pengurus tahun ini, saya menyatakan bahwa saya memilih untuk mengundurkan diri dari pemilihan pengurus tahun ini. Tahun lalu saya juga mengundurkan diri dan kali ini saya sepertinya juga akan mengundurkan diri. Alasan saya karena saya merasa belum siap untuk menjadi pengurus di situs sebesar Wikipedia ini. Jujur, sebenarnya saya kesulitan dalam menjawab pertanyaan di STJ, yang menunjukkan bahwa saya belum layak untuk menjadi pengurus Wikipedia. Kesibukan juga menjadi alasan saya mengundurkan diri sebagai pengurus mengingat saya masih merupakan seorang pelajar. Saya juga meminta maaf bagi para pengguna yang telah mencalonkan saya di awal pemilihan. Salam, Blue Sonic (bicara) 26 Januari 2021 14.15 (UTC)

@Blue Sonic: Anda diberikan waktu 24 jam, yakni hingga 27 Januari 2021 14.15 (UTC) untuk memikirkan kembali hal ini. Jika tidak ada tanggapan lebih lanjut dalam 24 jam, maka halaman diskusi dan pemungutan suara Anda akan ditutup. Salam. Medelam (bicara) 26 Januari 2021 14.18 (UTC)
Baik. Blue Sonic (bicara) 26 Januari 2021 14.19 (UTC)
@Blue Sonic: Tinggal melewati sesi voting, di mana kamu bisa diam saja. Kamu juga tidak diharuskan untuk aktif setiap hari saat jadi pengurus. Saya sarankan lanjutkan saja, jangan mundur. N Joyer (pesan) 27 Januari 2021 05.30 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Karena tidak ada tanggapan lebih lanjut, maka pemungutan suara atas nama Blue Sonic ditutup. Medelam (bicara) 28 Januari 2021 02.13 (UTC)

Kelayakan peristiwa[sunting sumber]

Halo, saya meminta pandangan Wikipediawan sekalian tentang kelayakan peristiwa yang bisa dimasukkan ke artikel Indonesia dalam tahun 2021 dan artikel-artikel serupa lainnya dalam templat navigasi ini. Untuk patokan, artikel en:2021 in the United States dan en:Wikipedia:WikiProject Years bisa dijadikan bahan perbandingan. Colek Sultan Hendrick dan RizkyJogja yang belakangan ini rajin memperbarui artikel yang saya maksud. Terima kasih sebelumnya. — RianHS (bicara) 30 Januari 2021 13.26 (UTC)

Sebagai komentar pertama saya rasa peristiwa yang hanya viral sesaat tidak perlu dimasukkan, seperti:
  • Unggahan gambar Madhiro Eiji hanyalah cocoklogi, jadi harus dibuang
  • Entri untuk Mbak You dan Diki Jenggo tidak memiliki artikel sehingga akan membingungkan pembaca. Ini rasanya cuma "nitip headline" di Wikipedia.
Jadi saya rasa peristiwa yang tidak (akan) memiliki signifikansi jangka panjang tak perlu dicatat di artikel tentang tahun. enjoyer (pesan) 31 Januari 2021 03.48 (UTC)
Entri untuk warga yang dipanah saat menyeberangi sungai, walau tidak biasa, bisa dikatakan sama dengan peristiwa-peristiwa kriminal/tragedi yang terjadi setiap hari. Saya rasa ini juga cuma "nitip headline". enjoyer (pesan) 31 Januari 2021 04.02 (UTC)
Untuk masalah ini, kita bisa menggunakan esai Wikipedia:Keberadaan ≠ Kelayakan, khususnya pada WP:BERITASINGKAT. – S264 [badhé ngobrol?] 31 Januari 2021 04.13 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Terima kasih banyak atas pendapat-pendapatnya. — RianHS (bicara) 1 Februari 2021 01.52 (UTC)

Halo. Artikel Indonesia dalam tahun 2021 menurut saya cukup bagus dan juga penting untuk mengarsip peristiwa-peristiwa yang terjadi sepanjang tahun 2021. Maka dari saya disini juga turut berperan aktif membantu dalam melengkapi dan mengembangkan artikel ini. Selaku pecinta dan peneliti sejarah, tentunya dengan adanya kelengkapan artikel ini menjadi sangat penting dalam pengarsipan dokumentasi sejarah yang sangat dibutuhkan kapanpun. Untuk konten yang dimasukkan adalah dapat berupa dokumentasi peristiwa sejarah penting, bencana, pengeluaran kebijakan atau peraturan pemerintah, penemuan baru, kejadian viral yang menjadi trending atau menghebohkan tanah air, pencapaian dan lainnya yang terjadi di Indonesia dalam berbagai lini bidang (baik peristiwa secara sejarah, politik, sosial, budaya, pendidikan, hukum, ekonomi, alam, teknologi, kemanusiaan, medis, penelitian, dll) yang menurut saya menjadi penting, cukup layak diarsip dan perlu dimasukkan menjadi bagian dari Peristiwa di tahun 2021 ini. Saya mengakui masih banyaknya kekurangan dalam artikel ini. Namun disini kita semua murni dengan tulus hati mengembangkan dan melengkapi artikel ini tanpa ada unsur yang tidak baik sama sekali. Serta juga menerima masukkan dan saran bila ada beberapa hal yang mungkin belum cukup layak atau perlu dilengkapi lagi untuk pencatatan di bagian peristiwa. Kita sama-sama saling belajar dan saling membantu. Beberapa peristiwa juga sudah dihapuskan oleh saudara RianHS, terima kasih. Mohon juga bantuan teman-teman untuk saling merapikan, melengkapi dan mengembangkan. Kerjasama kita tentunya sangat berarti untuk saling mengembangkan dan melengkapi artikel. Terima kasih. Salam Sultan Hendrick (bicara) 1 Februari 2021 18.06 (UTC)
Terima kasih banyak atas kerja kerasnya, Bung Sultan Hendrick. :) — RianHS (bicara) 1 Februari 2021 19.12 (UTC)


Wiki Loves Folklore 2021 is back![sunting sumber]

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Wiki Loves Folklore Logo.svg

You are humbly invited to participate in the Wiki Loves Folklore 2021 an international photography contest organized on Wikimedia Commons to document folklore and intangible cultural heritage from different regions, including, folk creative activities and many more. It is held every year from the 1st till the 28th of February.

You can help in enriching the folklore documentation on Commons from your region by taking photos, audios, videos, and submitting them in this commons contest.

Please support us in translating the project page and a banner message to help us spread the word in your native language.

Kind regards,

Wiki loves Folklore International Team

MediaWiki message delivery (bicara) 6 Februari 2021 13.25 (UTC)

Mencantumkan alamat rumah tokoh di artikel biografi[sunting sumber]

Banyak artikel biografi yang mencatumkan alamat rumah tokoh, apakah ini memang diperbolehkan? Karena saya lihat pengguna yang menambahkan alamat rumah tokoh ini berstatus editor, contohnya yang saya hapus ini. Bukankah alamat rumah, seperti halnya nomor telepon termasuk informasi pribadi yang tidak boleh disebarkan? --36.72.216.28 17 Februari 2021 06.58 (UTC)

Menurut saya data pribadi yang sifatnya sensitif tidak perlu ditulis di Wikipedia. Terima kasih atas bantuannya. Naufal Farrasbicara 17 Februari 2021 07.01 (UTC)
Ya, tidak boleh menurut WP:AMAN walaupun untuk tokoh; mungkin kecuali bila tokohnya memang sudah diketahui tinggal di sana karena jabatannya (misalnya Presiden memang tinggal di Istana Negara). Bila bertemu, silakan dihapus saja. dwf² 17 Februari 2021 07.01 (UTC)


Proposal: Set two-letter project shortcuts as alias to project namespace globally[sunting sumber]

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Hello everyone,

I apologize for posting in English. I would like to inform everyone that I created a new global request for comment (GRFC) at Meta Wiki, which may affect your project: m:Requests for comment/Set short project namespace aliases by default globally.

In this GRFC, I propose that two-project shortcuts for project names will become a default alias for the project namespace. For instance, on all Wikipedias, WP will be an alias to the Wikipedia: namespace (and similar for other projects). Full list is available in the GRFC.

This is already the case for Wikivoyages, and many individual projects asked for this alias to be implemented. I believe this makes it easier to access the materials in the project namespace, as well as creating shortcuts like WP:NPOV, as well as helps new projects to use this feature, without having to figure out how to request site configuration changes first.

As far as I can see, Wikipedia currently does not have such an alias set. This means that such an alias will be set for you, if the GRFC is accepted by the global community.

I would like to ask all community members to participate in the request for comment at Meta-Wiki, see m:Requests for comment/Set short project namespace aliases by default globally.

Please feel free to ask me if you have any questions about this proposal.

Best regards,
--Martin Urbanec (talk) 18 Februari 2021 14.12 (UTC)