Tirai Kasih yang Terkoyak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tirai Kasih yang Terkoyak
PembuatKharisma Starvision Plus
PengarangEddy D. Iskandar
SutradaraIsmail Subardjo
Pemeran
Penggubah lagu temaDesy Ratnasari
Lagu pembuka"Sampai Hati" — Desy Ratnasari
Lagu penutup"Sampai Hati" — Desy Ratnasari
KomposerDwiki Dharmawan
Negara asalIndonesia
Jmlh. episode14
Produksi
Produser
Lokasi produksiJakarta
Durasi60 menit
Rilis
Jaringan penyiarRCTI
Format gambarPAL
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Tanggal tayang asli21 Februari (1997-02-21) –
30 Mei 1997 (1997-05-30)
Kronologi
Didahului olehMutiara Cinta
Mentari dibalik Awan
Nikita
Harkat Wanita
Dilanjutkan olehBidadari yang Terluka

Tirai Kasih yang Terkoyak merupakan sinetron Indonesia produksi Starvision yang ditayangkan di RCTI pada tahun 1997.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tirai Kasih yang Terkoyak mengisahkan tentang Kemala, seorang pramugari yang hidupnya hancur lebur dan masuk rumah sakit jiwa yang dikelola Dokter Leo setelah diperkosa oleh Dion. Dion sendiri merupakan preman yang sering berkeliaran di jalanan menuju rumah Kemala. Setiap harinya, Dion menghabiskan waktu di tempat remang-remang bersama Om Kusno yang pertemuannya diawali dari Om Kusno yang sering berhutang belasan botol bir yang diminumnya. Karier serta cita-citanya yang ingin menikah dengan seorang pengusaha bernama Harry, sirna. Diperparah dengan Kemala yang hamil anak dari Dion, yang diketahui buron setelah polisi menangkapnya pascakasus pemerkosaan itu.

Satria, nama anak Kemala dari hubungan gelapnya dengan Dion, justru tumbuh menjadi anak yang pemberani namun hormat kepada ibunya. Meski banyak rintangan, tetapi Satria tidak pernah menyerah dan rela berkorban. Satria, ketika saat masih bayi, diasuh oleh seorang petugas Rumah Sakit Jiwa tempat Kemala dirawat. Petugas itu bernama Pak Ridwan yang juga pernah dirawat disana, dan beliau mengabdi hingga akhir hayatnya. Pak Ridwan juga yang memberi nama Satria. Selama dalam asuhan Pak Ridwan, Satria tinggal bersamanya. Setelah Pak Ridwan meninggal, Satria kemudian diasuh oleh Bu Titik dan anaknya, Ningsih. Dengan asuhan Pak Ridwan yang bijak, Satria juga tumbuh menjadi anak yang baik. Satria kemudian dibiayai kuliah dan jenjang kariernya oleh Heru, adik dari Harry, yang merupakan mantan kekasih Kemala, sebagai penebus kesalahan terhadap Kemala yang hancur secara psikologis. Sebelumnya, Satria sewaktu kecil bekerja pada seorang Pengusaha bernama Pak Yacob. Dewi yang merupakan anak dari Pak Yacob, sangat perduli terhadap Satria.

Tumbuh dewasa, Satria tinggal di rumah Pak Ridwan, setelah rumah yang dikontrakannya untuk membiayai ibunya selama dirawat di rumah sakit telah selesai. Secara tidak sengaja, Satria kembali bertemu dengan Dewi disaat ia menjadi korban pencopetan. Meski menaruh hati kepada Satria, Dewi justru dijodohkan oleh ayahnya, dengan Gerry yang merupakan anak angkat Kevin Jones. Ini dilakukan sebagai jalinan mitra bisnis antara Pak Yacob dan Kevin Jones, dimana Pak Yacob bersama Peter, asisten pribadi Yacob, menandatangani kerjasama kontrak dengan Kevin Jones.

Belum usai disitu. Dion kembali muncul, dengan nama Kevin Jones. Kevin Jones merupakan nama baru setelah wajah dan pita suaranya dioperasi untuk menyamarkan hasil kejahatannya. Ia memiliki anak angkat bernama Gerry, dengan watak dan sifat yang sama seperti Dion masih muda. Gerry sendiri pernah melakukan percobaan pemerkosaan terhadap Tanti, anak dari Harry, yang merupakan mantan kekasih Kemala.[1]

Peran Pemain[sunting | sunting sumber]

Trivia[sunting | sunting sumber]

Pada episode kelima, peran Ryan Hidayat yang awalnya juga akan memerankan Satria, diganti oleh Sultan Djorghi. Sementara menurut rencana semula pula, Ryan tetap akan memerankan Dion Tua, tetapi pada akhirnya diteruskan oleh Rudy Wowor dengan nama samaran baru untuk karakter tersebut, yakni Kevin Jones. Pergantian kedua karakter ini dilakukan setelah meninggalnya Ryan Hidayat, 8 Februari 1997. Dan pada setiap pembuka sinetron, Foto Ryan Hidayat dipajang sebagai bentuk kenangan oleh Starvision.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Majalah Vista (majalah) edisi 12 tahun IV. 15 Februari - 1 Maret 1997 Halaman 82 - Pendatang Baru: Tirai Kasih Yang Terkoyak - Kisah Pahit Wanita Diperkosa

Pranala luar[sunting | sunting sumber]