Ashiap Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ashiap Man
Poster rilis teatrikal
SutradaraAtta Halilintar
Produser
SkenarioCassandra Massardi
Pemeran
Penata musikAndhika Triyadi
Sinematografer
  • Padri Nadeak
  • Jimmy Opa
PenyuntingRyan Purwoko
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
Durasi102 menit
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia

Ashiap Man adalah sebuah film drama aksi komedi Indonesia tahun 2022 yang disutradarai oleh Atta Halilintar, sekaligus menjadi debutnya dalam penyutradaraan film. Film ini dibintangi oleh Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, dan Nasya Marcella.[1][2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sejak kecil, Zul terobsesi untuk menjadi seorang adiwira. Ayahnya, Ibrahim selalu menyemangati Zul. Ketika Zul berulang tahun, Ibrahim dan istrinya, Suci memberinya potongan kain untuk dipakai sebagai jubah di belakang punggungnya. Karena selalu siap ketika menjumpai masalah, Zul dijuluki “Ashiap Man” oleh warga kampungnya. Zul kemudian terlibat cinta segitiga antara Aisyah dan Kiara. Pada suatu malam, pasar tempat ayahnya berjualan nasi padang terbakar. Ayah dan anak itu pun turut membantu para korban kebakaran. Kegiatan ekonomi warga kampung yang memburuk akibat kebakaran, justru dimanfaatkan para preman sewaan untuk menguasai tanah perkampungan. Bos mereka akan menjadikan lahan itu sebagai kawasan apartemen. Oleh karena itu, Zul dan warga kampung melakukan perlawanan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Ashiap Man dijadwalkan untuk rilis di bioskop pada 10 Februari 2022, tetapi dibatalkan akibat meningkatnya kasus pandemi Covid-19 di Indonesia pada awal Februari.[3] Akhirnya, film ini ditayangkan secara eksklusif di layanan video sesuai permintaan Prime Video pada 17 November 2022.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Qulubil, Syifaul (18 Maret 2020). "Mulai syuting, ini 10 potret keseruan pemain film Ashiap Man". Diakses tanggal 31 Juli 2020. 
  2. ^ Ayuningtyas, Novita (11 Maret 2020). Fahrudin, Nanang, ed. "6 Potret Atta Halilintar Jadi Sutradara dan Pemain Film Ashiap Man, Totalitas Banget". Liputan6.com. Diakses tanggal 31 Juli 2020. 
  3. ^ Riandi, Ady Prawira (7 Februari 2022). Maharani, Dian, ed. "Kasus Covid-19 Melonjak, Penayangan Film Ashiap Man Ditunda". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Februari 2022. Diakses tanggal 10 Februari 2022. 
  4. ^ Angelina, Tarida (1 Agustus 2022). Puput Puji Lestari, ed. "Film Before Now & Then, Perfect Strangers, dan Ashiap Man Akan Rilis di Amazon Prime Video". VOI. Diakses tanggal 1 Agustus 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]