The Fabulous Udin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Fabulous Udin
The Fabulous Udin.jpg
Poster film
Sutradara Herdanius Larobu
Produser Chand Parwez Servia
Penulis Rons Imawan
Pemeran Ajil Ditto
Bella Graceva
Aldy Rialdy
Difa Ryansyah
Zulfa Maharani
Raza Adhanzio
Musdalifah Basri
Lidya Kandou
Fandy Christian
Fendy Chow
Stella Cornelia
Ussy Sulistiawaty
Iqbal Pakula
Masayu Anastasia
Yama Carlos
Budi Dalton
Robby Sugara
Bene Dion
Joshua Pandelaki
Musik The Overtunes
Perusahaan
produksi
Distributor Starvision Plus
Tanggal rilis
Bendera Indonesia 12 Mei 2016
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia

The Fabulous Udin merupakan film Indonesia tahun 2016 yang disutradarai oleh Herdanious Larobu serta dibintangi oleh Ajil Ditto, Bella Graceva Amanda Putri, Aldy Rialdy Indrawan, Difa Ryansyah, Zulfa Maharani Putri, Raza Adhanzio, Musdalifah Basri, Lidya Kandou, Fandy Christian, Ussy Sulistiawaty.[1] yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Rons Imawan.

Plot[sunting | sunting sumber]

UDIN, tepatnya The Fabulous Udin, adalah seorang social genius dari Cimaja, Sukabumi Selatan. Anak yang selalu bisa memecahkan masalah orang-orang di sekitarnya dengan solusi yang out of the box, aneh bagi orang dewasa, namun tepat guna. Hal ini membuat Udin menjadi idola di sekolah, apalagi di antara teman-temannya, JEKI, UCUP dan INONG.

Udin baru menemukan “lawan” saat SURI, gadis Jakarta, pindah ke sekolahnya. Suri yang cerdas dan punya segudang prestasi, “sepertinya” galak, adalah seorang Miss Sayembara. Mengidap kanker otak, tetapi tetap optimis, Suri bertekad ingin mewujudkan mimpi orang lain dengan secara rutin mengadakan sayembara. Gaya Suri yang lain daripada yang lain membuat Udin diam-diam jatuh cinta, walaupun sebenarnya Inong selama ini juga mencintai Udin.

Dengan bergabungnya Suri di dalam kelompok mereka, tim Udin semakin solid menyelesaikan persoalan yang mustinya sangat berat bagi anak-anak seusia mereka. Mulai dari kasus percobaan bunuh diri, guru yang melakukan tindakan bullying di sekolah, sampai ke gangguan mental, semua berhasil mereka tangani. Bagi Udin dan teman-temannya, hidup harus selalu dilihat dengan positif, tidak pernah menyerah pada keadaan, dan sukses harus dicapai dengan pembuktian!

Namun sepintar-pintarnya seorang Udin, ia tidak berdaya berhadapan dengan takdir Tuhan untuk Suri.

Apakah yang bisa dilakukan oleh seseorang sefabulous Udin, untuk Suri, gadis yang sangat ia cintai? Seperti yang Udin selalu katakan, apakah kita sudah menertawakan masalah hari ini?

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penampilan Khusus[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

The Fabulous Udin disutradarai oleh Herdanius Larobu.[2] Naskahnya ditulis oleh Cassandra Massardi.[3] Produser filmnya adalah Chand Parwez Servia dari Starvision. Pengambilan gambar dimulai pada akhir Maret 2016.[4] Pengambilan gambar dilakukan selama sekitar 15 hari.[5]

Kisah film ini diadaptasi dari sebuah novel dengan nama yang sama oleh Rons Imawan.[2][4]

Rilis[sunting | sunting sumber]

The Fabulous Udin dirilis pada tanggal 12 Mei 2016.[2]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Sebuah ulasan dari Republika menyatakan bahwa karakter utama, Udin, yang merupakan anak SMP digambarkan dalam film ini terlalu dewasa karena ada terlalu banyak frasa motivasi. Proses pengembangan karakter utama juga tidak jelas disajikan.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Novel The Fabulous Udin Siap Diangkat ke Layar Lebar
  2. ^ a b c Ferdian, Feby (27 April 2016). "Film The Fabulous Udin Suguhkan Konflik-konflik Seru". Liputan6.com. Diakses tanggal 26 Agustus 2016. 
  3. ^ a b Hapsari, Endah, ed. (20 Mei 2016). "The Fabulous Udin, Hebatnya Anak SMP". Republika. Diakses tanggal 26 Agustus 2016. 
  4. ^ a b c Caesarlita, Diandra (12 Maret 2016). "Starvision Mulai Produksi Film The Fabulous Udin". SINDOnews. Diakses tanggal 26 Agustus 2016. 
  5. ^ Caesarlita, Diandra (8 Mei 2016). "Dirilis 12 Mei, Fabulous Udin Bikin Bella Graceva Botakin Kepala". SINDOnews. Diakses tanggal 26 Agustus 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]