Gerhana (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerhana
Genre
PembuatKharisma Starvision Plus
(Chand Parwez Servia dan Shanker RS)
SutradaraHelmi Adam
Helfi Kardit
Irwan Siregar
PemeranPierre Rolland
Adipura Prabahaswara
Dina Lorenza
Peggy Melati Sukma
Mastur
Oerip Saleh
Darti Manulang
Mpok Atiek
Soraya Abdullah
Ruhut Sitompul
Dimas D.W
Uya Kuya
Stanley Sagala
Penggubah lagu temaPurwacaraka
Penata musikPurwacaraka
Negara asalIndonesia
Jmlh. musim3
Jmlh. episode(daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifFiaz Servia
Raj Indra Singh
ProduserChand Parwez Servia
Shanker RS
Lokasi produksiJakarta
SinematografiIsmaun
Hisyam Halimi
Enggar Budiono
Durasi20 menit
Rumah produksiKharisma Starvision Plus
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis
Jaringan asliRCTI
TPI
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Penampilan perdanaJumat, 8 Januari 1999
Tanggal tayang asliJumat, 8 Januari 1999 –
Jumat, 14 Februari 2003
Kronologi
Dilanjutkan olehGerhana jadi Dua

Gerhana merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di RCTI mulai tanggal 8 Januari 1999 hingga 14 Februari 2003, ditayangkan kembali pada tahun 2004 hingga 2005 di TPI (sekarang MNCTV) setelah program kuis Komunikata, dan kemudian ditayangkan kembali di Lativi (sekarang tvOne) sekitar awal tahun 2006-2007. Pemain utama di sinetron ini ialah Pierre Rolland, Dina Lorenza, Soraya Abdullah, Peggy Melati Sukma, Ruhut Sitompul, dan masih banyak lagi. Jumlah musimnya adalah 2.

Sinetron ini diproduksi oleh Kharisma Starvision Plus

Pada tahun 2010, sinetron ini hadir kembali dengan nama Gerhana jadi Dua diperankan oleh Arsenna, Meirayni Fauziah, diproduksi oleh Kharisma Starvision Plus dan kembali ditayangkan di TPI serta disutradarai oleh Tebe Kamaluddin.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di Gerhana Jilid Satu, Sinetron yang berkisah tentang seorang anak yang bernama Gerhana (Pierre Roland) yang mempunyai kekuatan spiritual yang menggabungkan antara Alam dan Bumi. Seperti diketahui bahwa dalam Ajaran Islam ada dua ilmu yang ada. Ilmu Kaspi (ilmu dari hasil belajar) dan Ilmu Laduni (ilmu yang didapat diluar belajar). Untuk yang kedua dengan izin Allah, orang itu bisa mengetahui situasi yang akan datang ke depannya. Kekuatan tersebut merupakan bawaan dari Gerhana yang terlahir pada saat terjadinya Gerhana Bulan.

Gerhana mempunyai dua sahabat dekat bernama Mastur (namanya sama dengan aslinya) dan Diki (Oerip Sholeh). Keduanya mampu menjadi penolong bagi Nana (nama panggilan akrabnya) dalam hal apapun. Meskipun terkadang kekonyolan dan kekocakan selalu mereka tampilkan pada Nana, tapi dia tak pernah bosan akan hal itu. Nana merasa terhibur dan terbantu oleh keduanya, meski kadang tak sesuai ekspektasi yang dia harapkan.

Dalam masalah asmara, Nana sangat berhasrat pada Bulan (Dina Lorenza), seorang wanita dambaan di kampusnya. Tapi jalan terjal selalu datang karena Peggy (Peggy Melati Sukma) selalu menjadi penggoda dan pengganggu bagi kelangsungan asmara keduanya. Adapun Mastur selalu jadi pengganggu bagi hasrat Peggy mendekati Nana.

Bila melihat masalah asmaranya menjadi selalu menggelitik. Mastur menyukai Peggy, Peggy menyukai Nana, Nana menyukai Bulan. Nana juga harus menghadapi hadangan ibu Bulan, Bu Saidah (Biasanya ingin dipanggil Nyonya) yang tak mengizinkan dia mendekati Nana.

Dia hanya menginginkan Bulan dijodohkan dengan si Poltak Raja Minyak dari Medan (Ruhut Sitompul). Tapi terkadang bang Poltak tak pernah berhasil untuk menuntaskan hasratnya pada Bulan karena Nana mampu melindunginya dalam situasi apapun.

Adapun tokoh lainnya adalah tokoh Dosen sekaligus Guru Spiritual Nana (Alwi A.S). Beliaulah yang mengetahui dan memahami cikal bakal kekuatan Nana yang semakin hari semakin membesar. Beliau juga yang sering memberikan wejangan supaya tetap waspada karena musuh akan menjadi lebih banyak, utamanya yang terlihat adalah Bos Torro Margens (Mafia kelas Kakap) ditambah dengan Surya (Adipura), sang Musuh abadi Nana yang terlahir pada saat terjadinya Gerhana Matahari karena memiliki kekuatan yang sama. Dialah musuh yang paling kuat diantara musuh-musuh yang dilawannya seperti Mr. Black, Mr. Polo (Uya Kuya), Mr. White, Mr. Jack (Jamal Hassan), Stanley (Stanley Sagala) maupun Prince of Lady serta Bondan (Yanni Libels).

Beruntung Nana memiliki sahabat kecil yang juga sepupu Peggy yang terlahir pada saat terjadinya Bencana Gempa Bumi dan memiliki kekuatan serupa, yakni Genta (Dimas DW) yang mampu melawan Surya dan musuh lainnya tatkala dia kewalahan. Dengan apa yang dipunya, Genta mampu membantunya tatkala musuh datang silih berganti. Beberapa kali mereka berdua melakukan fusion (Gabungan Dua Kekuatan). Tatkala melawan Surya, melawan Prince of Lady, Kelompok Red Stones yang sangat sulit dikalahkan karena dikenal selalu memusuhi dua kelompok yang berseberangan dengan mereka, yaitu Kelompok Kutu Buku dan Kelompok POBI (Perkumpulan Orang Bahagia Indonesia) bentukan Peggy yang hampir bersengketa kepengurusan dengan Poltak, dan terakhir Stanley yang juga sangat sulit dikalahkan dengan tipu daya dan kekuatannnya. Semuanya berakhir indah bagi Nana dan kelangsungan hidup sahabat-sahabatnya, keluarganya beserta dosennya.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Award Kategori Nominasi Hasil
2000 Festival Film Bandung 2000 Pemeran Wanita Serial Terpuji Dina Lorenza Menang

Daftar pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]