Affair

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Affair
SutradaraNayato Fio Nuala
ProduserChand Parwez Servia
Ditulis olehViva Westi
PemeranSigi Wimala
Garneta Haruni
Dimas Aditya
Monique Henry
Rozie Mahally
Penata musikEka Firdaus
SinematograferNayato Fio Nuala
Freddy Lingga
PenyuntingTiara Puspa Rani
Perusahaan
produksi
DistributorStarvision
Tanggal rilis
11 Maret 2010
Durasi88 Menit
NegaraIndonesia Indonesia

Affair adalah film thriller dari Indonesia yang dirilis pada tanggal 11 Maret 2010 dan disutradarai oleh Nayato Fio Nuala.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dimulai dari kilas balik saat Reta (Sigi Wimala), Santi (Garneta Haruni), dan Daniel (Dimas Aditya) yang terbangun di sebuah pagi dan ketiganya mengalami kejadian yang aneh. Reta kemudian datang ke rumah Daniel untuk memberikan sebuah kue ulangtahun Daniel. Kemudian Reta datang terlambat, Daniel mengatakan bahwa Reta ada di sana dan Santi tidak boleh masuk kesana karena itu. Lalu Santi mengatakan bahwa Reta sudah meninggal karena…ia membunuhnya. Kilas balikpun bercerita.

Santi dan Daniel adalah kekasih di kampus mereka. Kemudian Santi bertemu dengan Reta, teman semasa SMAnya yang akhirnya bertemu kembali. Mereka menjalin persahabatan lagi, Santi memperkenalkan Daniel adalah temannya saat Santi menduga bahwa Reta menyukai Daniel. Daniel mulanya heran saat Santi tidak memberitahukan yang sebenarnya, Santi memberi pengertian yang ia tahu kepada Daniel. Reta yang menduga bahwa Daniel tidak punya pacar, melihat Daniel tengah bermesraan dengan Santi. Reta menutup fakta bahwa ia sudah tahu. Pada saat Santi dan Reta bertemu, Reta mimisan dan kemudian pingsan, Santi segera membawanya ke rumah sakit. Dirumah sakit saat Reta terbaring pingsan, Santi memberitahu Daniel bahwa Reta divonis kanker otak dan hidupnya hanya berjangka sekitar 3 bulan. Santi ingin memberikan hal terindah pada Reta sebelum Reta wafat, maka Santi merelakan Daniel untuk menjadi pacar Reta. Daniel akhirnya kembali harus setuju atas usul Santi dan menjadikan dirinya sebagai pacar Reta. Rupanya motivasi lain Santi mau memberikan hal itu adalah karena dulu keluarga Reta telah menolong biaya pengobatan ayah Santi yang terkena stroke.

Sudah lama Reta menjalin hubungan dengan Daniel. Akhirnya malah menjadi aneh, Reta justru tidak meninggal, padahal umur pacaran Reta dan Daniel telah mencapai setahun. Daniel dan Santi sepakat untuk memberitahukannya sesegera mungkin, yakni pada ulangtahun Daniel dengan alasan bahwa Santi hamil. Santi kemudian pergi ke rumah Reta. di sana mereka mengobrol, Reta menunjukkan cincin yang merupakan bukti bahwa Daniel telah melamarnya dan Reta hamil. Kontan saja, Santi terkejut. Reta akhirnya mengungkapkan bahwa dirinya mengetahui semua hubungan Santi dengan Daniel. Langsunglah Santi mengambil pisau dan terjadi pengejaran. Reta terbunuh. Sebelum terbunuh, Reta mengungkapkan bahwa dirinya berbohong kepada Santi mengenai kankernya. Reta telah merencanakan semua itu dengan dokter yang ada di sana.

Kembali ke masa sekarang di mana Santi berkata bahwa ia telah membunuh Reta. Daniel tidak percaya bahwa Santi membunuhnya, Daniel juga menyangkal bahwa ia telah melamar Reta. Santi kemudian mengajak Daniel untuk pergi ke rumah Santi di mana Santi menaruh mayat Reta yang telah ia mutilasi ke dalam sebuah koper dan disimpan ke gudang saat Daniel menanyakan mayat Reta. Santi dan Daniel segera mengangkut koper itu dan menyimpannya di bagasi mobil dan melarikan mobil itu. Ditengah jalan, ada gangguan Reta yang menyebabkan mobil itu menabrak pembatas jalan, Daniel meninggal sementara Santi sekarat. Arwah Reta pergi ke mobil itu dan mengambil koper yang berisikan mayatnya. Di rumah sakit, sepupu Santi, Moniq (Monique Henry)lah yang paling peduli dengan keadaan Santi yang terbaring koma karena cedera otak dan patah leher.

Moniq yang pergi ke rumah Santi membaca buku harian Santi yang berisi seluruh kisahnya, termasuk pembunuhan Reta. Saat kembali ke rumah sakit, Moniq menemukan bahwa Santi tiba-tiba sadar dan sembuh. Moniq lalu merawat Santi dirumah Santi. Moniq mulai mengalami penampakan. Tiba-tiba Santi menyerang Moniq. Moniq sadar bahwa arwah Reta merasuki Santi. Moniq dan Reta yang dalam tubuh Santi berkelahi dengan darah sebagai hasilnya. Moniq akhirnya selamat setelah berhasil membuat Santi meninggal. Film diakhiri dengan Reta yang membawa koper berisi mayatnya di sebuah kereta.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]