Kafir (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kafir
SutradaraMardali Syarief
ProduserChand Parwez Servia
Shankar RS
Ditulis olehNaryono
Namin Azhari
PemeranMeriam Bellina
Sudjiwo Tedjo
Ratu Dewi Imasy
Ning Tyas
Tompo S
Jane Catherine
Bombom Gumbira
Chandra Louis
Alam Putra
Aldo Bamar
Subarkah Hadisarjana
Eka Sapta
Baron Achmadi
Penata musikAde Putra & Sunnu Sudianto
SinematograferSodikin
PenyuntingVin Marius Nizart
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
2002
Durasi87 menit
NegaraIndonesia

Kafir adalah film horor klenik Indonesia yang dirilis pada tahun 2002. Film yang disutradari oleh Mardali Syarief ini dibintangi antara lain oleh Meriam Bellina, Sudjiwo Tedjo, Ning Tyas, Tompo S, Jane Catherine, Bombom Gumbira, Chandra Louis, Alam Putra, Aldo Bamar, Subarkah Hadisarjana, dan Eka Sapta.

Film ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan film yang kemudian dibuat pada tahun 2018; Kafir: Bersekutu dengan Setan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kuntet (Sudjiwo Tedjo) berprofesi sebagai dukun santet. Ia menjual jasa ke berbagai lapisan masyarakat. Hasil kerjanya membuat kehidupannya mewah, tetapi tidak memberi kebahagiaan istri dan anaknya yang dikucilkan dalam pergaulan masyarakat. Kemudian terungkap bahwa untuk mendapatkan ilmu, Kuntet harus menyerahkan nyawa kepada gurunya. Apalagi saat dia ingin mencapai keabadian. Kematian anak-anak di kampungnya membangkitkan kecurigaan warga, meski sulit dibuktikan.

Kuntet bisa meredam kemarahan masyarakat dengan bersumpah bahwa kalau benar dia telah membunuh orang dengan santetnya, maka kalau mati, jasadnya tidak diterima bumi. Ternyata sumpah ini makan tuan. Waktu meninggal, jasadnya tidak bisa dikuburkan, dan selalu kembali ke rumah. Akhirnya mayat Kuntet terbakar bersama rumah dan hartanya. Jasadnya disambar kilat hingga hancur.

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film ini tersedia di TrueID [1] dan Disney+ Hotstar.[2]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Nonton Film KAFIR (SATANIC) 2002 | TrueID.id
  2. ^ Nonton Film KAFIR (SATANIC) 2002 | Disney+ Hotstar