Critical Eleven

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Critical Eleven
SutradaraMonty Tiwa
Robert Ronny
ProduserChand Parwez Servia
Robert Ronny
SkenarioJenny Jusuf
Monty Tiwa
Robert Ronny
Ika Natassa
Berdasarkannovel terlaris berjudul sama karya Ika Natassa
PemeranAdinia Wirasti
Reza Rahadian
Astrid Tiar
Hamish Daud
Hannah Al Rashid
Slamet Rahardjo Djarot
Widyawati Sophiaan
Revalina S. Temat
Refal Hady
Anggika Bolsterli
Mikha Tambayong
Aci Resti
Nino Fernandez
Dwi Sasono
MusikAndi Rianto
SinematografiYudi Datau
PenyuntingRyan Purwoko
Perusahaan
produksi
DistributorStarvision Plus
Tanggal rilis
10 Mei 2017
Durasi
135 menit
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia

Critical Eleven adalah film Indonesia bergenre drama romantis produksi bersama antara Starvision Plus dan Legacy Pictures yang dirilis 10 Mei 2017. Film ini yang berdurasi 135 menit ini, merupakan adaptasi dari novel terlaris karya Ika Natassa dan menjadi film pertama adaptasi dari novel karyanya. Film yang ditulis skenarionya oleh Jenny Jusuf, Ika Natassa, Monty Tiwa, dan Robert Ronny ini, lalu disutradarai juga oleh Monty Tiwa & Robert Ronny. Critical Eleven berceritera tentang pertemuan Ale dan Anya yang begitu istimewa. Hingga akhirnya mereka membangun mahligai pernikahan. Namun, kini mereka menemui titik balik dalam sebuah tragedi besar yang menerpa hubungan mereka. Kini cintapun perlu diperjuangkan dan cinta harus bisa mengalahkan kesedihan dan rasa kehilangan. Original Sountrackpun diisi dan diproduseri oleh Isyana Sarasvati lewat judul "Sekali Lagi", yang menjadi karya pertamanya di dunia perfilman.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dalam dunia penerbangan, dikenal sebuah istilah yakni Critical Eleven, 11 menit paling kritis di dalam pesawat. Dimulai dari 3 menit setelah take off dan 8 menit sebelum landing — karena secara statistik, 80% kecelakaan pesawat, umumnya terjadi dalam rentang waktu 11 menit. Di cerita ini, Critical Eleven menggambarkan 11 menit penting di momen pertemuan pertama, di mana 3 menit pertama bersifat kritis karena saat itulah kesan pertama mulai terbentuk, lalu ada 8 menit sebelum berpisah — saat ketika senyum, melihat tindak tanduknya, dan ekspresi wajah orang tersebut, menjadi pertanda apakah itu akan menjadi awal suatu hubungan atau hanya sekadar akhir dari pertemuan tidak ada artinya.

Ale (Reza Rahadian) dan Anya (Adinia Wirasti) pertama kali bertemu dalam penerbangan Jakarta - Sydney. Saat pertemuan terjadi, 3 menit pertama Anya mulai terpikat, 7 jam berikutnya mereka duduk bersebelahan dan saling mengenal lewat percakapan dan tawa satu sama lain, sampailah pada 8 menit sebelum berpisah. Sejak pertemuan itu berakhir, dalam hatinya, Ale yakin bahwa dia begitu menginginkan Anya. Dan dari peristiwa berkesan itu, Ale dan Anya menjalin hubungan dan melanjutkannya dalam sebuah mahligai pernikahan, dan membuat keduanya mengambil keputusan besar sebagai pasangan karena pengorbanan yang harus dilakukan salah satu dari mereka: pindah ke New York.

Kota yang tidak pernah tidur ini ternyata membawa berkah bagi keduanya: kehamilan Anya yang mengubah hidup mereka. Sampai Ale dan Anya diterjang sebuah insiden yang membuat mereka tidak hanya mempertanyakan cinta, tetapi juga bergumul dengan ego dan harus memilih: menyerah dalam amarah atau menyembuhkan luka dan bertahan dalam ketidakpastian. Pilihan sulit itu bertambah pelik dengan kehadiran seseorang yang sudah lama mencintai Anya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Kategori Penerima Keterangan
Festival Film Bandung 2017 Pemeran Utama Wanita Film Bioskop Terpuji Adinia Wirasti Pemenang
Pemeran Utama Pria Film Bioskop Terpuji Reza Rahadian Nominasi
Penulis Skenario Film Bioskop Terpuji Jenny Jusuf, Robert Ronny, Monty Tiwa, Ika Natassa Nominasi
Penata Kamera Film Bioskop Terpuji Yudi Datau Nominasi
Festival Film Indonesia 2017 Pemeran Utama Wanita Terbaik Adinia Wirasti Belum diumumkan
Pencipta Lagu Tema Terbaik "Sekali Lagi" / Isyana Sarasvati Belum diumumkan
Penyunting Gambar Terbaik Ryan Purwoko Belum diumumkan
Penata Suara Terbaik Khikmawan Santosa, Mohamad Ikhsan Sungkar Suhadi Belum diumumkan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sosial Media[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]