Mahasiswi Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mahasiswi Baru
Poster film Mahasiswi Baru (2019).jpg
Poster film
SutradaraMonty Tiwa
ProduserFerry Garink Ardiyan
Penulis
Pemeran
Penata musikAndi Rianto
SinematograferJimmy Opa
PenyuntingAhsan Andrian
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 8 Agustus 2019 (2019-08-08)
Durasi96 menit
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia

Mahasiswi Baru adalah sebuah film drama komedi Indonesia tahun 2019 yang disutradarai oleh Monty Tiwa dan ditulis oleh Jujur Prananto bersama Monty Tiwa. Film ini menceritakan seorang mahasiswi berusia 70 tahun yang memaksakan diri melanjutkan studi ke sebuah universitas. Film tersebut dibintangi oleh Widyawati, Morgan Oey, Mikha Tambayong, Umay Shahab, Sonia Alyssa, Slamet Rahardjo, Karina Suwandi, Iszur Muchtar, dan Ence Bagus. Film ini dirilis pada 8 Agustus 2019, bertepatan dengan masuknya semester baru mahasiswa di beberapa universitas.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di usianya yang sudah lanjut, Lastri (Widyawati) ingin sekali kuliah di perguruan tinggi. Saat menjadi mahasiswi baru, Lastri bersahabat dengan Danny (Morgan Oey), Sarah (Mikha Tambayong), Erfan (Umay Shahab) dan Reva (Sonia Alyssa). Mereka membentuk sebuah geng yang sering membuat kehebohan di kampus serta menimbulkan kericuhan. Hal tersebut membuat anak Lastri, Anna (Karina Suwandi), pusing menghadapi ibunya yang ikut-ikutan bandel seperti pulang larut malam dan sering keluyuran. Kuliah Lastri mulai dipertaruhkan saat Chaerul (Slamet Rahardjo), dekan fakultas, merasa Lastri tak pantas melanjutkan kuliah karena keonarannya di kampus.[2]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Ide cerita film Mahasiswi Baru datang dari kisah seorang nenek yang kembali menuntut ilmu di sebuah kampus hingga akhirnya lulus. Ide ini lalu dikembangkan menjadi sebuah film bergenre drama komedi.[3] Pengambilan gambar utama berjalan selama 21 hari di Yogyakarta.[4] Menurut Monty Tiwa selaku sutradara, tantangan dalam produksi film ini adalah menambal perbedaan umur antara pemain senior seperti Widyawati dan Slamet Rahardjo dengan para pemain junior. Para pemain muda sendiri mengaku memanfaatkan syuting tersebut untuk banyak belajar dengan kedua aktor senior tersebut.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Film Mahasiswi Baru Banyak Mendapat Pujian di Media Sosial". Liputan6. 14 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Agustus 2019. Diakses tanggal 30 Maret 2021. 
  2. ^ Djendri, Dira Vanessa (30 Juli 2020). Imanda, Biru Cahya, ed. "Sinopsis Film Mahasiswi Baru, Ketika Aktris Senior Widyawati Jadi Anak Kuliahan, Tayang di Netflix 6 Agustus". Kompas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Oktober 2020. Diakses tanggal 30 April 2021. 
  3. ^ Virdhani, Marieska Harya (7 Agustus 2019). Adikara, Banu, ed. "Film Mahasiswi Baru Terinspirasi Kisah Nyata Seorang Nenek". Jawa Pos. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Agustus 2019. Diakses tanggal 30 April 2021. 
  4. ^ Virdhani, Marieska Harya (9 Juli 2019). Salbiah, Nurul Adriyana, ed. "Lintas Generasi, Kisah Unik Film Mahasiswi Baru yang Dibalut Komedi". Jawa Pos. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Juli 2019. Diakses tanggal 30 April 2021. 
  5. ^ Rachman, Yogi (8 Juli 2019). Pasaribu, Alviansyah, ed. "Film"Mahasiswi Baru" kolaborasikan akting aktor senior dan junior". ANTARA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Desember 2019. Diakses tanggal 30 April 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]