Reuni Z

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Reuni Z
SutradaraMonty Tiwa
Soleh Solihun
ProduserGope T. Samtani
Ditulis olehAgasyah Karim
Khalid Kashogi
Soleh Solihun
PemeranSoleh Solihun
Tora Sudiro
Ayushita
Dinda Kanya Dewi
Surya Saputra
Cassandra Lee
Beby Tsabina
Eric Kairupan
Dian Nitami
Anjasmara
Verdi Solaiman
Penata musikAndhika Triyadi
SinematograferRollie Markiano
PenyuntingRyan Purwoko
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
  • 12 April 2018 (2018-04-12)
Negara Indonesia
BahasaIndonesia
Pendapatan
kotor
Rp 4,9 miliar

Reuni Z adalah film horor komedi Indonesia yang dirilis pada 12 April 2018 disutradarai oleh Monty Tiwa dan Soleh Solihun, dan dibintangi oleh Soleh Solihun, Ayushita, Tora Sudiro, Surya Saputra, Dian Nitami, Verdi Solaiman dan Cassandra Lee.[1] Dan film ini secara khusus mengajak komunitas zombie di Indonesia, yaitu Kompi Zombie untuk para anggotanya berperan di film sebagai zombie. Secara total film Reuni Z itu melibatkan 150 zombie selama proses syutingnya, dan seluruh gerakan para zombie diawasi serta dilatih oleh koordinator zombie dari Kompi Zombie, yakni Eric Kairupan.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sekelompok siswa dari angkatan 97 SMA Zenith, bertemu kembali berbagi cerita dan keusilan mereka.

Juhana (Soleh Solihun), seorang selebritis spesialis bintang iklan dan film murahan bertemu lagi dengan sahabatnya, Jeffri (Tora Sudiro), seorang gitaris yang sibuk dengan channel YouTube.

Tidak hanya Jeffri, masih ada istrinya, Lulu (Ayushita) yang sedang mengalami masalah kepercayaan dengan suaminya sendiri. Ketiganya tidak bisa menemukan sahabat mereka di masa lalu yang bernama Mansur.

Ketiganya bertemu dengan Jody (Surya Saputra), alumni siswa SMA Zenith yang terkenal usil dan bandel. Satu kejutan muncul ketika sosok gadis cantik bernama Marina hadir di tengah keriuhan reuni dan mengaku sebagai salah satu alumni dari SMA Zenith.

Selain kemunculan Marina (Dinda Kanya Dewi), acara reuni SMA Zenith menjadi ajang bagi Jody untuk melakukan hal-hal yang jahil termasuk mengejek penampilan band Juhana, Jeffri, Lulu dan Mansur. Sayangnya ini tidak bertahan lama, karena sekelompok cheerleader seksi yang tengah menghibur peserta reuni kemudian menjadi zombie, termasuk bintang cheerleader, yaitu Mandy (Beby Tsabina) yang terjebak dan dimakan oleh zombie satpam (Eric Kairupan).

Acara reuni yang seharusnya berakhir gembira kemudian menjadi mengerikan. Satu per satu para alumni angkatan 97 bergantian menjadi zombie.

Juhanna, Lulu dan Raina (Fanny Fabriana) terjebak di ruangan monitor sekolah bersama satu orang petugas keamanan (Joe Project P) yang masih selamat. Sementara itu Jeffri terjebak di laboratorium bersama gadis muda dari SMA Zenith bernama Prilly (Cassandra Sheryl Lee).

Sedangkan Jody dan Marina (sebenarnya Mansur) yang terjebak di kantin sekolah. Mereka adalah sisa-sisa alumni yang masih bisa selamat dari serangan zombie.

Berbagai cara sudah dilakukan agar mereka selamat. Salah satunya adalah dengan mencoba menghubungi pihak polisi. Sayangnya, apa yang dilakukan Jeffri dan Prilly tidak berhasil.

Bagaimana cara Juhanna, Lulu, Raina, Jody, Marina hingga Prilly keluar dari situasi yang mencekam ini?

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film Reuni Z merupakan film zombie bernuansa komedi hasil kreasi dari penulis cerita Agasyah Karim bersama Khalid Kashogi dan Soleh Solihun yang kemudian dijadikan film layar lebar oleh Rapi Films dengan memakai dua sutradara, yaitu Monty Tiwa dan Soleh Solihun.

Karena konsep ceritanya adalah ajang reuni yang kemudian acaranya menjadi berantakan akibat terjadi zombie outbreaks, maka film Reuni Z melibatkan banyak extras untuk dirias menjadi zombie tipe infected serta perlu dilengkapi dengan gerakan zombie yang fasih. Oleh karena itu, film Reuni Z menggandeng komunitas zombie, yaitu Kompi Zombie untuk terlibat di dalam produksi film ini.

Untuk special effects makeup, termasuk pengerjaan zombie makeup di film Reuni Z dilakukan oleh Yonna Kairupan dengan team karena harus merias begitu banyak zombie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Faisal, M. (15 April 2018). "Reuni Z: Mendadak Pandir Karena Zombie". Tirto. Diakses tanggal 30 Januari 2021. 
  2. ^ Khoiri, Agniya (5 April 2018). "Reuni Z: Soleh Solihun Gaet Konsultan Urus 150 Zombie di Reuni Z". cnnindonesia. Diakses tanggal 30 September 2023.