Mush'ab bin Umair

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mus'ab bin Umair)
Lompat ke: navigasi, cari

Mush'ab bin Umayr (Arab: مصعب بن عمير‎) adalah salah seorang sahabat nabi Nabi Muhammad. Mush'ab berhasil memasukan ajaran Islam kepada Usayd bin Hudhayr dan sahabat Usayd yang bernama Sa'ad bin Mu'adz.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Mush'ab bin Umair berasal dari keturunan bangsawan dari suku Quraisy. Ibu Mush'ab bernama Khunas binti Malik, wanita berpendirian teguh dan cukup disegani dan ditakuti hingga diriwayatkan tiada kekhawatiran dihati Mush'ab ketika memeluk islam selain ibunya sendiri. Ia adalah salah satu sahabat yang pertama dalam memeluk Islam setelah Nabi Muhammad saw diangkat sebagai Nabi dan menyebarkan agama Islam. Para muarrikh dan ahli riwayat mendeskripsikan Mush'ab bin Umair dengan kalimat "Seorang warga kota mekah yang mempunyai nama paling harum".

Mus'ab bin Umair diutus oleh Nabi Muhammad saw untuk menyebarkan dan mengajarkan agama Islam di Madinah, setelah orang-orang dari Madinah datang menyatakan keislamannya. Ia di Madinah hingga Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah. Mus'ab bin Umair mati syahid di Pertempuran Uhud.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]