Abu Hudzaifah bin Utbah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Abu Hudzaifah bin Utbah
LahirMisyham
581
Mekkah
Meninggal632
Yamamah
Sebab meninggalPertempuran Yamamah
Suami/istriSahlah binti Suhail
AnakMuhammad bin Abi Hudzaifah
Orang tua

Abu Hudzaifah bin Utbah (bahasa Arab: أبو حذيفة بن عتبة‎, lahir tahun 42 sebelum hijrah (578) - wafat 12 H (632)) adalah sahabat Nabi Muhammad.[1] Nama asli Abu Hudzaifah adalah Misyham.[2]

Abu Hudzaifah memiliki kedekatan besar dengan Bani Asad bin Khuzaimah, sekutu Bani Abdusy Syams. Abu Hudzaifah memiliki beberapa saudara dan saudari kandung: Khalid (Abu Hasyim), Syaibah (Abu Hisyam), Hasyim, Al-Walid (saudara), Hindun, Qutailah (Ummu Kultsum), Fakhitah (Ummu Aban), Fatimah, dan Atikah (saudari). Saudari-saudarinya berasal dari ibu bernama Shafiyyah binti Umayyah bin Abdu Syams. Abu Hudzaifah, Syaibah, dan Hasyim berasal dari ibu bernama Fatimah binti Sufyan, kecuali Khalid dan Al-Walid yang berasal dari ibu bernama Khunnas binti Malik yang juga ibu Mush'ab bin Umair dan saudaranya, Abu Aziz (Zurarah) dan Abu Ar-Rum (Manshur).

Dia memiliki istri bernama Sahlah binti Suhail, putri dari Suhail bin Amr dan Fakhitah binti Amir bin Naufal. Dia adalah saudari dari Abdullah, al-Ash (Abu Jandal), Utbah, al-'Ala, Yazid (laki-laki), Hindun, dan Ummu Kultsum (Fatimah). Dengannya, dia memiliki anak bernama Muhammad.

Ia berasal dari Mekkah dan ikut dalam melakukan hijrah ke Habasyah dan hijrah ke Madinah. Ia adalah bekas majikan dari Salim seorang Sahabat Nabi yang banyak menghafal Al-Qur'an, lalu Ia merdekakan dan diangkat anak, Ia ikut dalam Pertempuran Badar. Abu Hudzaifah syahid dalam Pertempuran Yamamah pada tahun 12 H, di usia 53-54 tahun.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Az-Zirakli 2002, hlm. 171.
  2. ^ Ibn Sa'ad 1990, hlm. 61-62.
  3. ^ Ibn Sa'ad 1990, hlm. 62.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Az-Zirakli, Khairuddin bin Mahmud bin Muhammad (2002). Al-A’lām (dalam bahasa bahasa Arab). Jilid 2. Beirut: Dar el-Ilm Lilmalayin. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-09. Diakses tanggal 2017-08-10. 
  • Ibn Sa'ad, Abu Abdillah Muhammad (1990). Muhammad Abdul-Qadir Atha, ed. Al-Ṭabaqāt al-Kubrā (dalam bahasa bahasa Arab). Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-10. Diakses tanggal 2017-08-10.