An-Nu'man bin Muqarrin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

An-Nu'man bin Muqarrin al-Muzani (bahasa Arab: النعمان بن مقرن المزني‎, w. 641) adalah Sahabat Nabi Muhammad, yang termasuk kaum Anshar.

Biografi[sunting | sunting sumber]

An-Nu'man bin Muqarrin berasal dari Bani Muzainah yang tinggal antara Madinah dan Mekkah. Ia dan kesembilan saudaranya menyatakan keislamannya setelah mendengar kebenaran ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad. Ia tidak mengikuti pertempuran Badar dan Pertempuran Uhud, karena pada saat itu belum memeluk Islam.

Setelah memeluk Islam, ia mengikuti setiap pertempuran untuk membela kebenaran Islam. Setelah Nabi Muhammad wafat, Ia ikut dalam pertempuran-pertempuran untuk memberantas nabi-nabi palsu setelah wafatnya Nabi Muhammad. Selanjutnya ia ikut dalam penaklukan Islam ke Persia.

Sebagai gubernur Kaskar[sunting | sunting sumber]

Setelah kota Kaskar ditaklukkan, An-Nu'man diangkat menjadi gubernur wilayah tersebut. Lalu An-Nu'man mengirim surat kepada khalifah Umar yang isinya agar ia dipecat dan meminta agar dirinya diikut sertakan dalam pasukan Islam yang lain. Umar kemudian menerima permintaannya dan mengangkatnya sebagai panglimanya.[1]

Dia kemudian terbunuh selama fase kedua Pertempuran Nahawand pada minggu ketiga bulan Desember 641.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ash-Shallabi, Prof. Dr. Ali Muhammad. Biografi Umar bin Al-Khathab. Pustaka Al-Kautsar. hlm. 681. 
  2. ^ Hadrat 'Umar Faroooq, Prof. Masudul Hasan, Islamic Publications Lahore