Abdullah bin Ummi-Maktum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Abdullah bin Ummi-Maktum adalah seorang tuna netra Sahabat Nabi Muhammad. Yang karena dialah, Nabi Muhammad mendapat teguran dari Allah, sewaktu Nabi Muhammad berbicara dengan para pembesar Quraisy, dengan harapan mereka bisa memeluk Islam. Para pembesar Quraisy adalah: Utbah bin Rabi'ah, Abu Jahal, Abbas bin Abdul Muthalib, Ubay bin Khalaf dan Umayyah bin Khalaf.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Abdullah bin Ummi-Maktum berasal dari Suku Quraisy yang masih memiliki hubungan saudara dengan Khadijah binti Khuwailid. Ia memiliki kekurangan, yaitu dia adalah seorang tuna netra tetapi hal ini tidak mengurangi keinginannya untuk memeluk dan belajar agama Islam. Ia memiliki status sosial yang biasa-biasa saja.

Ia sebagai seorang tuna netra mendapatkan kemudahan untuk tidak mengikuti pertempuran dalam membela Islam. Sebagai seorang Muslim yang taat, sebenarnya ia berkeinginan untuk mendapatkan mati syahid melalui pertempuran. Akhirnya, Ia dapat mengikuti pertempuran dalam Pertempuran Qadisiyyah di bawah komando Sa`ad bin Abi Waqqas dan mendapatkan mati syahid.