Habbab bin Mundzir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Al-Habbab bin Mundzir (Arab: الحباب بن المنذر, translital-Ḥabāb ibn al-Munḏir) adalah salah seorang sahabat nabi Islam Muhammad yang berasal dari golongan Anshar. Dia terutama dikenal karena partisipasinya dalam pertemuan Saqifah Bani Sa'idah.

Habbab bin Mundzir
Lahir591
Yatsrib, Jazirah Arab
Meninggal641
Kekhalifahan Rasyidin
Dikenal atasSalah satu veteran Pertempuran Badar
Partisipasinya di Saqifah Bani Sa'idah
Orang tua
  • Mundzir bin al-Jamuh[1] (bapak)
  • asy-Syamus binti Haq[1] (ibu)

Biografi[sunting | sunting sumber]

Habbab masuk Islam bersama kaumnya, suku Khazraj pada masa awal Islam. Ia juga termasuk veteran Pertempuran Badar.[2] Habbab adalah orang yang mengusulkan agar Muhammad mendirikan tenda di atas sumur Badar dengan tujuan memutus suplai air dari orang-orang Quraisy. Selama Pertempuran Bani Quraizhah, Habbab mengusulkan agar Muhammad mendirikan tenda di antara benteng-benteng Yahudi dan memutus komunikasi mereka.

Pada pertemuan Saqifah Bani Sa'idah, Habbab adalah orang yang telah mengusulkan agar Muhajirin dan Anshar memilih masing-masing pemimpin yang akan memimpin bersamanya.[3] Usulannya membuat orang-orang yang hadir pada pertemuan itu menjadi panas dan keadaan dapat ditenangkan setelah Umar berbai'at kepada Abu Bakar yang diikuti oleh orang-orang yang hadir.[4] Habbab meninggal dunia pada masa pemerintahan Umar ketika berusia kurang lebih lima puluh tahun, atau pada tahun 641.

Habbab meninggalkan dua anak yang bernama Khasyram dan Ummu Jamil dan ibu mereka bernama Zainab binti Shaifi bin Shakhr al-Khazrajiyah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]