Ubaidah bin al-Harits

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ubaidah bin Harits)

Ubaidah bin al-Harits (Arab: عبيدة بن الحارث) adalah sepupu[1] dan sahabat Nabi Muhammad. Ia mati syahid dalam Pertempuran Badar dan ia merupakan anak dari al-Harits bin Abdul-Muththalib[2][3] dan termasuk Pemeluk Islam pertama.

Biografinya[sunting | sunting sumber]

Ia memeluk Islam sebelum Nabi ﷺ masuk ke rumah Al-Arqam bin Abi al-Arqam bersama dengan Abdullah bin Abdul-Asad, Al-Arqam bin Abi al-Arqam, dan Utsman bin Mazh'un. Hijrah ke Madinah bersama saudaranya, At-Thufail, Al-Hushain dan Musthah bin Atsatsah r.a. Dipersaudarakan dengan Bilal bin Rabah r.a, atau pendapat lain dengan Umair bin al-Humam Al-Anshary.[4]

Wafat[sunting | sunting sumber]

Sahabat Ubaidah bin al-Harits gugur setelah mengalami luka berat dalam perang Badar pada sepuluh akhir dari bulan Ramadhan tahun 2 Hijriyah.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Razwy, Sayed Ali Asgher. A Restatement of the History of Islam & Muslims. hlm. 128. 
  2. ^ Muhammad ibn Ishaq, Sirat Rasul Allah. Translated by Guillaume, A. (1955). The Life of Muhammad, p. 116. Oxford: Oxford University Press.
  3. ^ Muhammad ibn Saad, Tabaqat vol. 3. Translated by Bewley, A. (2013). The Companions of Badr, p. 36. London: Ta-Ha Publishers.
  4. ^ Ibnu Saad, at-Thabaqat al-Kubra, عبيدة بن الحارث
  5. ^ Adz-Dzahabi, Siyar A'lam an-Nubala, الصحابة رضوان الله عليهم » عبيدة بن الحارث

Pranala luar[sunting | sunting sumber]