Jenjang kehormatan dalam Gereja Katolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jenjang kehormatan menandakan hak untuk menikmati hak prerogatif kehormatan sebelum orang lain; misalnya, untuk memiliki tempat paling terhormat dalam prosesi, upacara, atau majelis, untuk memiliki hak untuk menyatakan pendapat, memberikan suara, atau membubuhkan tanda tangan di depan orang lain, untuk melakukan jabatan yang paling terhormat.[1]

Urutan prioritas dalam Gereja Katolik diatur berdasarkan peringkat dalam hierarki pertama menurut ordo, lalu yurisdiksi, dan akhirnya ke titular atau kehormatan "ad personam" yang diberikan kepada individu meskipun tidak memiliki yurisdiksi. Gerejawi emeritus termasuk di antara yang terakhir.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Saat ini, tabel prioritas saat ini secara keseluruhan tidak diterbitkan oleh Tahta Suci. Akan tetapi, prinsip-prinsip keutamaan yang ada dalam Kitab Hukum Kanonik, dan kebiasaan keutamaan yang telah lama ada, menginformasikan setiap perumusan tentang urutan keutamaan. Beberapa penulis kontemporer[2] telah menyusun teks referensi lengkap dengan tabel prioritas berdasarkan prinsip tersebut, dan ini, meskipun membantu, tetap bersifat tidak resmi.

Meskipun Catholic Encyclopedia[3] tahun 1911 menawarkan urutan prioritas singkat berdasarkan prinsip-prinsip ini, itu diperbarui dan digantikan oleh New Catholic Encyclopedia pada tahun 1967, yang selanjutnya diperbarui dengan Edisi Revisi pada tahun 2002.[4] Catholic Encyclopedia saat ini tidak memasukkan entri tentang "precedence". Sejak penerbitan edisi pertama, pada tahun 1911, beberapa perubahan telah membuat urutan prioritasnya secara substansial ketinggalan zaman, termasuk penerbitan tiga kitab hukum kanon (1917, 1983, 1990), sebuah dewan ekumenis (1962-65), dan beberapa konstitusi apostolik yang mempengaruhi topik.

Prinsip dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Seperti disebutkan di atas, pertimbangan pertama untuk didahulukan selalu hierarki urutan: pertama Uskup, kemudian presbiter, berikutnya diakon. Pada masa-masa awal dalam sejarah Gereja, peringkat diaken di atas presbiter, atau dua ordo dianggap setara, tetapi uskup selalu didahulukan. Awam (termasuk pelayan gerejawi awam, keagamaan, seminaris, dkk.) bukan bagian dari hierarki tatanan.

Prinsip selanjutnya adalah hierarki yurisdiksi: orang yang memiliki otoritas atas orang lain memiliki hak untuk didahulukan atas mereka.[5] Ini mempertimbangkan jabatan seseorang, dan karenanya dapat mencakup kaum awam, khususnya pelayan gerejawi awam dan keagamaan.

Sehubungan dengan itu, mereka yang memiliki yurisdiksi lebih diutamakan daripada mereka yang memiliki gelar titular, ad personam, atau emeritus, sehingga seseorang yang melayani di jabatan tertentu (mis., uskup diosesan) lebih diutamakan daripada seseorang dengan jabatan tituler mengklaim pangkat yang sama (mis., uskup tituler) atau seseorang yang pernah melayani di jabatan yang setara (mis., pensiunan uskup).

Secara umum, fungsi, atau pelaksanaan jabatan, lebih diutamakan daripada gelar kehormatan murni. Prioritas "de facto" harus diterapkan di mana, seorang religius atau pelayan gereja awam yang tidak ditahbiskan melayani dalam jabatan yang setara yang tercantum di bawah ini (misalnya, direktur Pendidikan Katolik keuskupan adalah seorang jabatan yang setara dengan vikaris episkopal, direktur kehidupan pastoral, jabatan yang setara dengan pastor, meskipun sehubungan dengan prinsip hierarki tatanan yang disebutkan di atas).

Di antara gelar kehormatan, cakupan geografis dianggap (misalnya, primata nasional lebih diutamakan daripada patriark tituler, karena yang pertama memiliki gelar kehormatan yang mencakup seluruh negara, tetapi yang terakhir hanya mencakup satu keuskupan).

Jika dua orang memegang jabatan yang sama, didahulukan salah satu dari ordo yang lebih tinggi (misalnya, dari dua vikaris episkopal, satu sebagai penatua dan yang lainnya uskup pembantu, uskup didahulukan).[6]

Jika dua orang dari urutan dan jabatan yang sama, orang yang dipromosikan lebih awal akan didahulukan (misalnya, dari dua uskup agung metropolitan, siapa pun yang dipromosikan menjadi tahta metropolitan terlebih dahulu akan diutamakan).[7]

Jika dua orang dengan urutan dan jabatan yang sama ditahbiskan pada saat yang sama, didahulukan oleh orang yang ditahbiskan terlebih dahulu (menurut urutan itu) (misalnya, dari dua imam yang diangkat sebagai pastor pada saat yang sama, siapa pun yang ditahbiskan menjadi presbiter terlebih dahulu akan didahulukan).[8]

Dalam kasus kardinal dengan peringkat yang sama yang diangkat di konsistori yang sama, prioritas diberikan sesuai dengan urutan penerbitan nama mereka.[9]

Di keuskupan mereka sendiri, para uskup didahulukan sebelum uskup dan uskup agung lainnya, tetapi tidak di hadapan metropolitan mereka sendiri.[1] Seorang uskup agung metropolitan didahulukan sebelum semua uskup lainnya dan uskup agung (kecuali Paus, Patriarknya, atau Primatnya) di dalam provinsinya sendiri, dan seorang patriark memiliki kedudukan lebih tinggi daripada patriark lain dalam yurisdiksinya sendiri.

Demikian pula, di paroki mereka sendiri, para astorndeta didahulukan sebelum para presbiter dan diaken lain, bahkan para monsinyur, tetapi tidak di hadapan dekan atau diakon agung mereka sendiri.

Prioritas diplomatik dalam korps diplomatik Takhta Suci menggabungkan Kongres Wina (1815) dan Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik yang diperbarui (1961). Jabatan nunsius (duta besar kepausan) terutama merupakan pangkat diplomatik dan bukan bersifat gerejawi. Sebagian besar nuncio ditahbiskan sebagai uskup agung tituler, dan akan diberi peringkat yang sesuai. Namun, jika nunsius hadir di keuskupan atau pada acara yang bertindak sebagai wakil pribadi paus, seperti misalnya pada pentahbisan uskup, dia diberikan hak untuk didahulukan, bahkan lebih diutamakan daripada para kardinal yang hadir.

Para patriark dari gereja-gereja otonom ("sui iuris") memiliki preseden di atas semua uskup lain dari tingkatan apa pun, termasuk para kardinal. Ini telah ditetapkan dalam undang-undang sejak tahun 1990.[10] Dari tahun 1965 hingga 1990, mereka disamakan dengan Kardinal-uskup.[11] Tetap demikian, jika seorang patriark juga diangkat menjadi kardinal di Gereja Latin, ia diangkat dengan pangkat kardinal-uskup, tanpa gelar tahta, tetapi tetap mempertahankan kedudukannya yang diutamakan. Dari Kitab Hukum Kanonik tahun 1917 sampai motu proprio Paulus VI tahun 1965, para kardinal dari semua tingkatan lebih diutamakan daripada para patriark.

Jenjang kehormatan prioritas[sunting | sunting sumber]

Jenjang kehormatan secara umum[sunting | sunting sumber]

  1. Patriarks[12]
    1. Paus, Uskup dan Patriark Roma
    2. Patriark Konstantinopel [ketika dalam komuni]
    3. Patriark Katolik Koptik Aleksandria
    4. Patriark Antiokhia, yang paling awal dipromosikan ke martabat Patriarkal, saat ini:
      1. Patriark Maronit Antiokhia
      2. Patriark Syria Antiokhia
      3. Patriark Yunani Melkit Antiokhia, Aleksandria dan Yerusalem
    5. Patriark dari Baghdad dari Kasdim
    6. Patriark dari Kilikia
    7. Patriark emeritus, dalam urutan yang sama
  2. Mayor Archbishops[13]
    1. Uskup Agung Utama Kyiv–Galicia (Gereja Katolik Yunani Ukraina)
    2. Mayor Uskup Agung Ernakulam-Angamaly (Gereja Siro-Malabar)
    3. Mayor Uskup Agung Trivandrum (Gereja Katolik Siro-Malankara)
    4. Uskup Agung Utama Făgăraş dan Alba Julia (Gereja Katolik Yunani Rumania)
  3. Kardinals
    1. Kardinal-uskups
      1. Dekan Perguruan Tinggi Suci
      2. Wakil Dekan Kolese Suci
      3. Kardinal-uskup lain dari Tahta Suburbikari (berdasarkan tanggal elevasi)
    2. Kardinal-presbiters
      1. Pemimpin Kardinal
      2. Para Kardinal-presbiter lainnya (berdasarkan tanggal elevasi)
    3. Kardinal-diakens
      1. Protodeacon Kardinal
      2. Diaken-Kardinal lainnya (berdasarkan tanggal pengangkatan)
  4. Primates atau Konferensi Episkopal Presiden
  5. Tituler Leluhur
    1. Patriark Latin Yerusalem
    2. Bahasa Latin Patriark Venesia
    3. Bahasa Latin Patriark Hindia Barat (kosong sejak 1963)
    4. Bahasa Latin Patriark Lisboa
    5. Bahasa Latin Patriark Hindia Timur
  6. Uskup Agungs
    1. Uskup Agung Metropolitans
    2. Diosesan Uskup Agung (non-Metropolitan)
    3. Uskup Agung Koajutors
    4. Uskup Agung ad personam
    5. Uskup Agung Titulers
  7. Uskups
    1. Uskup Diosesans
    2. Uskup Koajutors
    3. Uskup Titulers (mis., organisasi pelengkap) atau Kuskup Gereja
  8. Ordinaris yurisdiksi teritorial selain keuskupan
    1. Prelat Teritorial (sebelumnya, prelat nullius)[14]
    2. Kepala Wilayah (sebelumnya, kepala biara nullius)
    3. Vikaris apostolik
    4. Exarch apostolik
    5. Prefek Apostolik
    6. Administrator apostolik
  9. Ordinaries of personal (non-teritorial) yurisdiksi
    1. Moderator Tertinggi Lembaga Hidup Bakti atau Serikat Hidup Kerasulan ("Superior Jenderal")
    2. Prelat Prelatur pribadi
    3. Biasa Ordinariat pribadi atau Ordinariat militer
    4. Presiden internasional asosiasi umat beriman
  10. Biasa (wakil)
    1. Administrator Keuskupans (sebelumnya, vikaris kapitular)
    2. Diakon Agungs
    3. Vikaris jenderal atau protosyncellus
    4. Vikaris Episkopal
    5. Pemerintah Provinsi
  11. Apostolik protonotaris (Monsinyur)
    1. De Numero
    2. Figuran
  12. Anggota Ordo Paus Pius IX
    1. Knight/Dame Grand Cross dengan Kerah
    2. Knight/Dame Grand Cross
    3. Knight/Dame Grand Officer
    4. Komandan Ksatria/Wanita
    5. Ksatria/Nyonya
  13. Kanon dari
    1. Kapital metropolitan
    2. Katedral cabang
    3. Bab Perguruan Tinggi
  14. Konsultan Keuskupan
  15. Pejabat Kehormatan Yang Mulia (Monsinyur)
  16. Anggota Ordo St. Gregorius Agung
    1. Knight/Dame Grand Cross
    2. Komandan Ksatria/Wanita dengan Bintang
    3. Komandan Ksatria/Wanita
    4. Ksatria/Nyonya
  17. Chaplains of His Holiness (Monsinyur), Archpriests, dan Archimandrites
  18. Anggota Ordo St. Sylvester
    1. Knight/Dame Grand Cross
    2. Komandan Ksatria/Wanita dengan Bintang
    3. Komandan Ksatria/Wanita
    4. Ksatria/Nyonya
  19. Penerima Medali Pro Ecclesia et Pontifice.
  20. Vicars forane & Dekan
  21. Penerima Benemerenti Medal
  22. Pastors atau Koordinator Kehidupan Pastoral[15]
  23. Vikaris Parokis atau Rekan Pastoral
  24. Diakon

Mengutamakan bentuk hidup bakti[sunting | sunting sumber]

Dalam setiap kategori, prioritas ditentukan oleh tanggal pendirian institut, perkumpulan, atau asosiasi.

  1. Bentuk-Bentuk Hidup Bakti Individu
    1. Perawan yang ditahbiskan
    2. Pertapa
  2. Lembaga Hidup Bakti
    1. Lembaga Keagamaan
      1. Ordo Biara (biarawan/biarawati)
      2. Kanon Reguler
      3. Perintah Mendicant
      4. Klerus Reguler
      5. Kongregasi Religius Klerikal
      6. Jemaat Religius Awam
    2. Institut Sekulers
      1. Institut Sekuler Clerical
      2. Institut Sekuler Awam
  3. Masyarakat Awam
  4. Prelatur pribadis
  5. Asosiasi Umat Kristiani atau Gerakan Awam
    1. Asosiasi Publik
      1. Ordo Ketiga, Oblat, dll.
      2. Persaudaraan Agung
      3. Persaudaraan
      4. Asosiasi Lainnya
    2. Asosiasi Swasta

Diutamakan dalam lembaga keagamaan[sunting | sunting sumber]

  1. Superior General dari lembaga keagamaans
  2. Asisten Atasan Umum
    1. Prokurator-jenderal
    2. Definitor-umum
  3. Pemimpin provinsi, Prior provinsi, Archimandrite
  4. Atasan agama - Atasan monastik
    1. Kepala Biara
    2. Prior
    3. Kepatuhan sebelumnya
  5. Kedua
    1. Claustral prior atau Dekan
    2. Sub-sebelumnya
  6. Archimandrite, kehormatan
  7. Hieromonks (pastor lembaga keagamaan)
  8. Bruder dan Suster[16]

Diutamakan dalam Kapitel[sunting | sunting sumber]

  1. Dekan/Provost atau kepala bab lainnya
  2. Petugas lainnya (bendahara, sekretaris, dan sakristan, teolog kanon, lembaga pemasyarakatan kanon)
  3. Kapitular atau kanon[17]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b  Herbermann, Charles, ed. (1913). "Precedence". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  2. ^ Noonan, James Charles (2012). Gereja Terlihat: Kehidupan Seremonial dan Protokol Gereja Katolik (edisi ke-Revised). New York: Sterling Ethos. hlm. 504. ISBN 9781402787300. 
  3. ^ Noonan. Church Visible. hlm. 196. 
  4. ^ New Catholic Encyclopedia (edisi ke-Revised). Gale. 2002. hlm. 15 vols. ISBN 978-0787640040. 
  5. ^ Peters, Edward N. (2001). 1917 Kitab Hukum Kanonik. San Francisco: Ignatius Press. hlm. 106.2. 
  6. ^ 1917 Kitab Hukum Kanonik. hlm. 106.3. 
  7. ^ 1917 Kitab Hukum Kanonik. hlm. 106.3. 
  8. ^ 1917 Kitab Hukum Kanonik. hlm. 106.3. 
  9. ^ {{cite book|last1=Noonan|title=Church Visible|page=194} }
  10. ^ Kode Kanon Gereja Timur. Washington, DC: CLSA. 1990. hlm. 58- 59. ISBN 978-0943616889. 
  11. ^ Paul VI (1965). Ad Purpuratorum Patrum. 
  12. ^ {{cite book|title=Kode Kanon Gereja Timur|date=1990|publisher=CLSA|location=Washington, DC|isbn=978-0943616889|page=58-59} }
  13. ^ 1990 Code of Canons for the Oriental Churches, Canon 154 Mayor archbishops hold prioritas kehormatan segera setelah patriark sesuai dengan urutan di mana Gereja yang mereka pimpin didirikan sebagai Gereja keuskupan agung utama.
  14. ^ Kode Hukum Kanonik. hlm. 370. 
  15. ^ Kode Hukum Kanonik. 1983. hlm. 517.2. 
  16. ^  Herbermann, Charles, ed. (1913). "Kehidupan Religius". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  17. ^  Herbermann, Charles, ed. (1913). "Bab". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company.