Ordo Paus Pius IX

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ordo Paus Pius IX
bahasa Italia: Ordine di Papa Pio IX
Salib Ksatria Ordo Pius IX
Dianugerahkan oleh  Takhta Suci
TipeOrdo ksatria kepausan
Dibentuk1847
MottoVIRTUTI ET MERITO
(Kebajikan dan Kepatutan)[1]
StatusSaat ini dibentuk
Pemegang KedaulatanFransiskus
TingkatKsatria Berkerah
Ksatria/Wanita Salib Agung
Perwira Agung Ksatria/Wanita
Komandan Ksatria/Wanita
Ksatria/Wanita Berkerah
Prioritas
Tingkat lebih tinggiOrdo Pacu Emas
Tingkat lebih rendahOrdo Santo Gregorius Agung
Bilah pita ordo

Ordo Paus Pius IX (bahasa Italia: Ordine di Pio IX), juga disebut sebagai Ordo Pian (bahasa Italia: Ordine Piano , diucapkan [piˈaːno]), adalah Ordo Kesatriaan Kepausan yang awalnya didirikan oleh Paus Pius IV pada tahun 1560. Saat ini, ini adalah penghargaan tertinggi yang dianugerahkan oleh Takhta Suci ( menjadi Ordo Kristus dan Ordo Pacu Emas yang saat ini tidak aktif). Pemberian ordo tersebut tidak lagi digunakan dan dilembagakan kembali oleh Paus Pius IX sebagai kelanjutan pada 17 Juni 1847.[1]

Pangkat tertinggi yang diberikan oleh Paus adalah Kerah Ordo, biasanya diberikan kepada kepala negara Katolik pada kesempatan kunjungan resmi ke Takhta Suci. Salib Agung adalah penghargaan tertinggi Kepausan yang diberikan kepada pria dan wanita awam, biasanya diberikan kepada Duta Besar tetap yang terakreditasi Takhta Suci setelah dua tahun menjabat dan jarang diberikan kepada umat Katolik luar biasa di dunia yang lebih luas untuk pelayanan tertentu, terutama di bidang keagamaan. bidang internasional dan untuk perbuatan luar biasa bagi Gereja dan masyarakat.

Pangkat Ksatria hampir tidak pernah diberikan, dan bila hal itu terjadi, pangkat itu diberikan sebagai pengakuan atas jasa-jasa penting yang diberikan kepada Takhta Suci atau secara langsung kepada pribadi Paus, oleh umat Katolik yang berstatus terhormat, yang hampir selalu merupakan milik orang-orang kuno. keluarga bangsawan Eropa.

Dua pangkat lainnya (Panglima dan Panglima Berbintang) diberikan secara hemat kepada umat Katolik awam, biasanya dalam peran diplomatik, atas jasa atau perbuatan luar biasa bagi Gereja dan masyarakat. Perintah ini diberikan kepada umat Katolik dan, kadang-kadang dan hanya untuk alasan diplomatik, juga kepada umat non-Katolik dan non-Kristen.

Sejarah Ordo[sunting | sunting sumber]

Paus Pius IV, mendirikan Ordo Pian pertama pada tahun 1560.

Ordo ini didirikan pada tanggal 17 Juni 1847, oleh Paus Pius IX dengan dekrit Romanis Pontificibus, menempatkannya sebagai kelanjutan dari ordo kuno yang didirikan oleh Paus Pius IV dengan banteng Pii patris amplissimi pada bulan Maret 1559.[2] Para ksatria mulia ini membentuk istana awam Paus Roma, sebagai peserta tertentu, karena mereka "berpartisipasi" dalam kehidupan Paus, menawarkan kepadanya sebuah pendamping dan sering tinggal di Istana Apostolik; mereka sering berbagi meja dengan Paus dan menemaninya dalam tugas sehari-hari.

Dekrit berikutnya Cum Hominum Mentes tanggal 17 Juni 1849 menegaskan hak istimewa bangsawan pribadi melalui keanggotaan dalam Ordo Pian, sehingga menjadikannya satu-satunya pembesar Tahta Apostolik Suci. Dengan dekrit lain tertanggal 11 November 1856, Paus Roma sendiri membagi Ordo menjadi tiga kelas: Ksatria Salib Agung, Komandan, dan Ksatria.

Paus Pius X mereformasi Ordo Kepausan dengan dekrit Multum ad expitandos tanggal 7 Februari 1905,[3] kelas baru Komandan dengan bintang (koresponden dengan kelas Perwira Besar) telah dibuat.

Ordo Pian kemudian direformasi kembali oleh Paus Pius XII, dengan sebuah Bulla tertanggal 11 November 1939, yang menindas hak istimewa kaum bangsawan.[4] Dari sudut pandang sejarah, Kekesatriaan Agung Salib Ordo Pian telah memegang peranan seperti Milisi Aurata sebelum reformasi Gregorius XVI, yaitu sebagai pemberi gelar dan pemuliaan Takhta Suci dari abad keenam belas hingga 1841.

Tingkatan Ordo[sunting | sunting sumber]

Sketsa artistik medali tahun 1893

Ordo ini terdiri dari lima kelas:

  • Ksatria Berkerah: yang memakai rantai emas di bahunya yang dihiasi dengan tiara kepausan dan dua ekor burung merpati, dan di dadanya ada bintang besar. Ini adalah dekorasi kepausan yang paling aktif, dan diperuntukkan bagi kepala negara.
  • Knight / Dame Grand Cross (GCPO): yang mengenakan pita (selempang) sutra lebar berwarna biru tua dengan pinggiran merah yang memanjang saltire dari bahu kiri ke sisi kanan tempat lambang ordo digantung dengan roset, dan di dadanya ada bintang besar bertabur berlian. Biasanya diberikan kepada duta besar yang terakreditasi Tahta Suci.
  • Knight / Dame Commander with Star (KC*PO / DC*PO): yang selain lencananya memakai bintang dengan desain lebih kecil daripada Knights of the Grand Cross[2][5] di payudara.
  • Knight / Dame Commander (KCPO / DCPO): yang memakai hiasan di bagian leher.
  • Ksatria/Dame (KPO/DPO): yang memakai bintang di dada kiri.
Paus Pius IX, melembagakan kembali Ordo Pian dengan nama Kepausan dan pontifikat pada tahun 1847.
Ksatria/Dame
Komandan Ksatria/Dame
Komandan Ksatria/Dame dengan Bintang
Ksatria/Dame Salib Agung
Ksatria dengan Kerah

Lambang dan seragam[sunting | sunting sumber]

Dekorasinya berupa oktagram biasa yang terbuat dari enamel biru, ruang di antara sinarnya diisi dengan api emas. Pada medali putih di tengahnya terukir nama pendiri yang dikelilingi tulisan Virtuti et Merito ("Kebajikan dan Kebajikan"). Sisi sebaliknya adalah simpanan yang sama untuk penggantian Anno 1847 untuk Pius IX. Seragam resmi yang jarang dipakai terdiri dari jas malam berwarna biru tua dengan sulaman rumit dengan tanda pangkat emas, celana panjang putih, dan bicorne berbulu putih.

Ksatria Berkerah memakai rantai berhias emas di leher, dan bintang di sisi kiri dada; Knights Grand Cross memakai selempang dan bintang di sisi kiri dada; Komandan memakai salib di leher; dan Ksatria memakai salib yang lebih kecil di dada kiri seragam:

Penerima terkemuka[sunting | sunting sumber]

Wangsa kerajaan dan bangsawan[sunting | sunting sumber]

Medali Pian milik Presiden Brasil ke-21 Juscelino Kubitschek, belum direstorasi dan dipajang di miliknya peringatan

Kepala Negara dan Politisi[sunting | sunting sumber]

Larry Wang, Duta Besar Republik Tiongkok untuk Tahta Suci, mengenakan selempang dan bintang Ordo Pius IX

Diplomat Tahta Suci[sunting | sunting sumber]

Anggota terkenal lainnya[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c  Herbermann, Charles, ed. (1913). "Dekorasi Kepausan". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  2. ^ a b Ordres et Décorations du Saint-Siège. Città del Vaticano. ISBN 978-88-266-0241-7. 
  3. ^ {{Cite web|title=Acta Sanctae Sedis: ephemerides romanae a SS.mo D. N. Pio PP. X|url=https://www.vatican.va/archive/ass/documents/ASS-37-1904-5-ocr.pdf%7Caccess-date=31 Januari 2022|website=Vatican.va|page=565} }
  4. ^ Direzione dell'Annuario Pontificio presso la Segreteria di Stato Vaticana. Annuario Pontificio. Città del Vaticano: LEV - Libreria Editrice Vaticana. hlm. 1103. 
  5. ^ Vestire gli onori. Roma. hlm. 106–109. ISBN 88-89452-00-5. 
  6. ^ "Raja Burundi Dipuji oleh Paus dalam Kunjungan Vatikan". Yang Baru York Times. 17 Desember 1962. hlm. 2. 
  7. ^ "Presiden Anastasiades menerima kehormatan tertinggi Tahta Suci". 
  8. ^ "Kronologi Marco Fidel Suárez | Pusat Sejarah Bello". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-29.