Ordo Utama Kristus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ordo Utama Kristus
Ordine Supremo del Cristo
Bintang dan lencana Ordo Kristus
Dianugerahkan oleh  Takhta Suci
TipeOrdo kesatria kepausan
Dibentuk1319
KelayakanPemimpin-pemimpin negara Katolik
Dianugerahkan kepadaPengabdian dan Pelayanannya kepada Gereja
StatusOrdo tidak aktif
Grand MasterFransiskus
TingkatKsatria
Prioritas
Tingkat lebih tinggiTidak ada (tertinggi); para klerus, seperti teolog, filsuf, atau diplomat, dapat diangkat menjadi Kardinal atau Uskup atas jasa-jasa mereka yang berjasa kepada Paus dan Takhta Suci, tanpa diberi jabatan sebenarnya.
Tingkat lebih rendahOrdo Pacu Emas
Bilah pita ordo

Ordo Utama Kristus (bahasa Italia: Ordine Supremo del Cristo) adalah Ordo Ksatria tertinggi yang dapat diberikan oleh Paus sebagai pemimpin Gereja Katolik. Tidak ada penunjukan yang dibuat sejak tahun 1987 dan setelah kematian ksatria terakhir yang tersisa, Raja Baudouin dari Belgia pada tahun 1993, ordo tersebut menjadi tidak aktif.

Menurut beberapa ahli, asal usulnya berasal dari Ordo Kristus dari Ksatria Templar yang sama, yang darinya muncullah Ordo Kristus yang dianugerahkan oleh raja-raja Portugal dan kaisar Brasil. Tatanan Portugis awalnya mempunyai komponen sekuler dan religius; pada abad ke-18, komponen keagamaan telah punah.

Sengketa[sunting | sunting sumber]

Kepausan bersikeras bahwa hak raja Portugis untuk memberikan penghargaan tersebut telah diberikan oleh seorang Paus dalam Bulla Kepausan Ad ea ex quibus yang dikeluarkan di Avignon pada tanggal 14/15 Maret 1319. Meskipun bulla itu sendiri tidak secara eksplisit memberikan hak kepada Paus untuk mengeluarkan perintah tersebut, Paus-paus berturut-turut sejak Paus Yohanes XXII telah memberikan hak tersebut. Selama bertahun-tahun, monarki Portugis mempermasalahkan hak kepausan untuk memberikan perintah tersebut, dan dalam satu kasus terkenal menangkap Giovanni Niccolò Servandoni, seorang arsitek Italia, karena memakai perintah kepausan. Posisi Kerajaan Portugal adalah bahwa satu-satunya sumber kehormatan yang sah adalah Mahkota.[1] Posisi Gereja Katolik adalah bahwa Paus adalah kepala dari setiap ordo keagamaan dan dapat mengangkat, sesuai kebijaksanaannya tanpa izin dari atasan jenderal, siapa pun yang dianggapnya layak.[2]

Ordo kepausan senior[sunting | sunting sumber]

Sebagai bagian dari reorganisasi umum penghargaan kepausan pada tahun 1905 oleh Paus Pius X, Ordo Kepausan Kristus dijadikan sebagai penghargaan kepausan yang paling senior. Penghargaan ini secara tradisional diberikan kepada kepala negara Katolik.

Pembatasan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan perintah tersebut dibatasi oleh Paus Paulus VI dalam Bulla Kepausan Equestres Ordinis tanggal 15 April 1966 kepada kepala negara Katolik yang kepadanya perintah tersebut diberikan hanya untuk memperingati acara-acara yang sangat khusus di mana Paus sendiri hadir. Sejak itu jarang diberikan penghargaan; penghargaan terakhir diberikan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 3 Juli 1987 kepada Frà Angelo de Mojana, pangeran ke-77 dan guru besar Ordo Militer Berdaulat Malta .[3][4] Dan dengan meninggalnya Raja Baudouin dari Belgia pada tanggal 31 Juli 1993, terjadilah bukan anggota Ordo Kristus yang masih hidup.

Dalam heraldik gerejawi, individu yang dianugerahi perintah ini dapat menggambarkan kerah yang sepenuhnya melingkari perisai di lambang mereka.[5]

Penerima terkemuka[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ /christ2.html José Vicente de Bragança, Ordo Militer Kristus dan Kepausan Croce di Cristo
  2. ^ MacErlean, Andrew Alphonsus. =%22Order+of+St.+Gregory+the+Hebat.%22%22&pg=PA667 The Catholic Encyclopedia: An International Work of Referrence on the Constitution, Doctrine , Disiplin, dan Sejarah Gereja Katolik, Volume 4 Periksa nilai |url= (bantuan). Robert Appleton Co. hlm. 667–668. 
  3. ^ -1987-ocr.pdf "Diarium Romanae Curiae" Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF). Acta Apostolicae Sedis. 79. Vatikan. 1987-08-06. hlm. 1133. 
  4. ^ Peter Bander van Duren , Orders of Knighthood and of Merit (London: C. Smythe, 1995), hlm. 9–10.
  5. ^ Gereja yang Terlihat: Kehidupan Upacara dan Protokol Gereja Katolik Roma. ISBN 0-670-86745-4. 
  6. ^ Van Cleef, Augustus. "Cavaliere Giovanni Baglioni." Ensiklopedia Katolik Vol. 2. New York: Robert Appleton Company, 1907. 31 Desember 2022 Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.