Paus Paulus VI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Paus

Paulus VI
Awal masa kepausan
21 Juni 1963
Akhir masa kepausan
6 Agustus 1978
PendahuluYohanes XXIII
PenerusYohanes Paulus I
Imamat
Tahbisan imam
29 Mei 1920
oleh Giacinto Gaggia
Tahbisan uskup
12 Desember 1954
oleh Eugène Tisserant
Pelantikan kardinal
15 Desember 1958
oleh Yohanes XXIII
Informasi pribadi
Nama lahirGiovanni Battista Enrico Antonio Maria Montini
Lahir26 September 1897
Concesio, Italia
Wafat6 Agustus 1978
Castel Gandolfo, Italia
Jabatan sebelumnya
SemboyanIn nomine Domini (Didalam nama Tuhan.)
Tanda tanganTanda tangan Paulus VI
LambangLambang Paulus VI
Orang kudus
Hari heringatan29 Mei
Beatifikasi19 Oktober 2014
Lapangan Santo Petrus, Kota Vatikan
oleh Paus Fransiskus
Kanonisasi14 Oktober 2018
Lapangan Santo Petrus, Kota Vatikan
oleh Paus Fransiskus

Paus Paulus VI, (26 September 1897 – 6 Agustus 1978), menduduki jabatan sebagai Paus Gereja Katolik Roma sejak 21 Juni 1963 hingga 6 Agustus 1978. Giovanni Battista lahir di Concesio dekat Brecia pada 26 September 1897. Terpilih menjadi paus pada 21 Juni 1963. Sebelumnya ia seorang diplomatik yang terkenal dari Vatikan. Tahun-tahun awal kepausannya penuh dengan tugas-tugas konsili yang telah di mulai pendahulunya, dan secara keseluruhan masa kepausannya merupakan perwujudan dari hasil Konsili Vatikan II. Ensiklik-ensikliknya seperti Populorum Progressio (Kemajuan Bangsa-bangsa) dan Ecclesiam Suam (Gereja Dia) menunjukkan perhatiannya terhadap masalah-masalah kemasyarakatan dan kesadarannya atas peran baru Gereja dalam dunia modern. Sedangkan Mysterium Fidei (Misteri Iman), Marialis Cultus (Penghormatan Maria) dan Humanae Vitae (Kehidupan Manusiawi) menunjukkan kekokohan hatinya bahwa ia tidak mau berkompromi dengan semangat zaman kita, yang cenderung melonggar.

Ia melanjutkan, meresmikan, dan menutup Konsili Vatikan II yang dihimpunkan oleh Paus Yohanes XXIII.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Giovanni Battista Montini lahir di desa Concesio, di provinsi Brescia, Lombardy pada tanggal 26 September 1897. Ayahnya Giorgio Montini adalah seorang pengacara, wartawan, direktur Aksi Katolik dan anggota Parlemen Italia. Ibunya adalah Giudetta Alghisi, dari keluarga bangsawan pedesaan. Dia memiliki dua saudara, Francesco Montini, yang menjadi dokter, dan Lodovico Montini, yang menjadi pengacara dan politikus. Pada 30 September 1897, ia dibaptis dalam nama Giovanni Battista Enrico Antonio Maria Montini. Dia menghadiri Cesare ARICI ' ', sebuah sekolah yang dijalankan oleh Yesuit, dan pada tahun 1916, ia menerima ijazah dari' 'Arnaldo da Brescia' ', sebuah sekolah umum di Brescia. pendidikan sering terganggu oleh serangan penyakit.

Pada tahun 1916, ia memasuki [[] seminari] untuk menjadi seorang imam Katolik Roma. Ia ditahbiskan menjadi imam pada 29 Mei 1920 di Brescia dan merayakan pertama Misa Kudus di Brescia di Basilika Santa Maria delle Grazie Montini menyimpulkan studi di Milan dengan gelar doktor di Canon Hukum pada tahun yang sama. Setelah itu ia belajar di Gregorian Universitas, yang Universitas Roma La Sapienza dan, atas permintaan Giuseppe Pizzardo di Accademia dei Nobili Ecclesiastici . Pada usia dua puluh lima, sekali lagi atas permintaan Giuseppe Pizzardo, Montini masuk Sekretariat Negara pada 1922, di mana ia bekerja di bawah Pizzardo bersama-sama dengan Francesco Borgongini-Duca, Alfredo Ottaviani, Carlo Grano, Domenico Tardini dan Francis Spellman. Akibatnya, ia menghabiskan tidak hari sebagai pastor paroki. Pada tahun 1925 ia membantu menemukan rumah penerbitan Morcelliana di Brescia, berfokus pada mempromosikan 'Kristen budaya terinspirasi'. Dia wafat akibat serangan jantung. Namun, menurut pendapat Paus Geogrius I, ia wafat akibat ditembak Kardinal Wojtyala.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Dari tempat tidurnya ia berpartisipasi dalam Misa Minggu pukul 18.00. Setelah persekutuan, Paus menderita serangan jantung, setelah itu ia terus hidup selama tiga jam. Pada tanggal 6 Agustus 1978 pada pukul 21:41 Paus Paulus VI meninggal dunia di Castel Gandolfo. ia dimakamkan di gua Vatikan tidak di sebuah makam hiasan, tetapi di kuburan di tanah. Ia dimakamkan di bawah lantai

Kanonisasi Paus Paulus VI[sunting | sunting sumber]

Paul VI dikanonisasikan di St. Peter's Square pada 14 Oktober 2018 oleh Paus Fransiskus. Festival ini dirayakan pada tanggal 29 Mei.

Beatifikasi Paus Paulus VI[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 Oktober 2014, ia di beatifikasi oleh Paus Fransiskus.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Video di YouTube — Dokumenter dalam bahasa Italia (subtitle Inggris)


Didahului oleh:
Yohanes XXIII
Paus
19631978
Diteruskan oleh:
Yohanes Paulus I