Paus Yohanes III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yohanes III
Emblem of the Papacy SE.svg
Pelantikan561
Masa jabatan berakhir7 Juli 574
PendahuluPelagius I
PenerusBenediktus I
Informasi pribadi
Nama lahirYohanes Katelinus
Lahirtanggal tidak diketahui
Roma, Italia
Meninggal7 Juli 574
Roma, Italia
Paus lainnya yang bernama Yohanes

Paus Yohanes III, nama lahir Yohanes Katelinus (???-7 Juli 574), adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 561 hingga 7 Juli 574. Ia berasal dari sebuah keluarga istimewa Romawi, dan merupakan putra dari Anastasius yang bergelar illustris. Walaupun menjabat hampir selama tiga belas tahun, tetapi hanya sedikit yang diketahui mengenai masa kepausannya. Hampir seluruh catatan dari masa kepausannya hancur atau hilang pada waktu keributan ketika terjadi penyerbuan kaum Langobardi atas kota Roma. Dalam Liber Pontificalis tercatat bahwa ia meninggal pada 7 Juli 574.[1]

Terpilih menjadi Paus[sunting | sunting sumber]

ia ditahbiskan sebagai paus pada tanggal 17 Juli 561. Karena keharusan menunggu konfirmasi kekaisaran untuk pemilihannya, selang waktu lima bulan berlalu antara kematian Pelagius I dan konsekrasi baru dicatat. Meskipun Yohanes memerintah hampir tiga belas tahun, sangat sedikit yang diketahui tentang kepausannya. Itu jatuh selama masa badai invasi Lombard, dan praktis semua catatan pemerintahannya telah lenyap.

Paus yang Murah Hati[sunting | sunting sumber]

Paus Yohanes III adalah seorang paus yang murah hati, bersemangat untuk kesejahteraan rakyat. Sebuah prasasti yang masih harus dilihat di abad kelima belas bersaksi bahwa "di tengah-tengah situasi yang mendesak dia tahu bagaimana menjadi dermawan, dan takut untuk tidak hancur di tengah dunia yang runtuh".

Peristiwa Zaman Kepausan[sunting | sunting sumber]

Salonius dari Embrun dan Sagitarius dari Gap adalah uskup yang telah dikutuk dalam sebuah sinode di Lyons (c. 567). Namun, mereka berhasil membujuk Guntram, Raja Burgundia, bahwa mereka telah dikutuk secara tidak adil, dan mengajukan banding kepada paus. Dipengaruhi oleh surat raja, John memutuskan bahwa surat-surat itu harus dikembalikan ke tahta mereka. Sangat disayangkan bahwa mandat kepausan diberlakukan. Tindakan terpenting paus ini adalah yang berhubungan dengan jenderal besar, Narses.

Sayangnya para "Liber Pontificalis" penuh teka-teki tentang mereka. Dengan intrik feminin di istana Konstantinopel, tuduhan pengkhianatan dibuat-buat terhadap sang jenderal, dan, sebagai akibatnya, satu-satunya pria yang mampu melawan kaum barbar ditarik kembali. Sangat mungkin bahwa Narses kemudian mengundang orang-orang Lombard untuk menyerang Italia; tetapi mungkin lebih mungkin bahwa, mendengar penarikannya, mereka menyerbu negara.

Mengetahui bahwa Narses adalah harapan Italia, John mengikutinya ke Napoli, dan memintanya untuk tidak pergi ke Konstantinopel. Jenderal itu mendengarkan suara paus, dan kembali bersamanya ke Roma (571). Namun tampaknya pihak pengadilan di kota itu terlalu kuat untuk Narses dan paus. John pensiun di katakombe Prætextatus, di mana dia tinggal selama berbulan-bulan. Dia bahkan mengadakan pentahbisan di sana. Setelah kematian Narses (c. 572), John kembali ke Istana Lateran. Tinggal di katakombe memberinya minat besar pada mereka. Dia memperbaikinya, dan memerintahkan agar kebutuhan untuk Misa dikirimkan kepada mereka dari Lateran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CATHOLIC ENCYCLOPEDIA: Pope John III". www.newadvent.org. Diakses tanggal 2020-12-09. 
Didahului oleh:
Pelagius I
Paus
561574
Diteruskan oleh:
Benediktus I