Paus Paulus I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Paulus I
Paus Paulus I
Nama lahir tidak diketahui
Mulai menjabat 29 Mei 757
Sampai 28 Juni 767
Pendahulu Stefanus II
Pengganti Stefanus III
Lahir tidak diketahui
Wafat 28 Juni 767
Roma
Tanda tangan
Paus bernama Paulus lainnya
Catatan kaki '


Paus Paulus I adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 29 Mei 757 hingga 28 Juni 767. Pada mulanya ia adalah seorang Diaken Gereja Katolik Roma dan sering mewakili kakaknya Paus Stefanus II dalam bernegosiasi dengan kerajaan Langobardi (Lombard).

Setelah kematian Stefanus pada 26 April 757, ia terpilih sebagai pengganti oleh mereka yang menginginkan agar kebijakan-kebijakan Paus yang lalu terus berkelanjutan. Kepemimpinan Paus yang baru banyak didominasi oleh hubungannya dengan raja-raja Frankish (Jerman Barat) dan Langobardi serta dengan Kaisar Romawi Timur. Ia memakai nada yang independen ketika memberitakan pengangkatannya sebagai paus kepada Eksarka di Ravenna, tetapi menyurati Pepin Raja Frankis bahwa persekutuan Frankis harus terus dipelihara tanpa terganggu. Ia terpaksa melakukan hal ini mengingat sikap raja Langobardi, Desiderius. Desiderius sebelumnya mengambil paksa kota-kota Imola, Osimo, Bologna, dan Ancona, yang diklaim sebagai milik Roma, serta pada tahun 758 menahan para bangsawan Spoleto dan Benevento.

Pada tahun yang sama, ia mengunjungi Roma dan memaksa Paulus menyurati Pepin memintanya mengembalikan semua pendudukan Langobardi kecuali Imola; sebuah surat yang persis kebalikannya dikirimkan oleh kurir yang sama. Pepin menemukan bahwa lebih baik memelihara hubungan yang baik dengan Desiderius, dan Paulus tidak mendapatkan apa-apa dari persetujuan-gandanya itu. Namun, belakangan Pepin memberikan sang Paus sedikit dukungan dan berperan sebagai pihak tengah antara klaim Gereja Roma dan Langobardi.

Pada tahun 765, hak istimewa kepausan dipulihkan pada wilayah Beneventine dan Tuskan serta sebagian wilayah Spoleto. Sementara itu, pengasingan dari Bizantium semakin membesar. Beberapa kali, khususnya pada 759, Paulus mengkhawatirkan bahwa kaisar Yunani akan memerangi Roma; dan ia hidup dalam kekhawatiran terus menerus kalau-kalau Bizantin akan memengaruhi Pepin untuk lebih mendukung Langobardi. Memang usaha ini betul-betul dilakukan, tetapi Pepin bersikukuh pada kebijakan semula Italianya.

Paulus meninggal di Roma pada 28 Juni 767.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Stefanus II
Paus
757-767
Diteruskan oleh:
Stefanus III