Kepausan Ostrogoth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kemenangan Paus Simakhus (498–514) atas Anti-Paus Laurensius adalah contoh rekaman pertama dari simoni dalam sejarah kepausan.

Kepausan Ostrogoth adalah periode dari tahun 493 hingga 537 di mana kepausan sangat dipengaruhi oleh Kerajaan Ostrogoth, jika Paus tidak diangkat langsung oleh Raja Ostrogoth. Pemilihan dan administrasi Paus selama periode ini sangat dipengaruhi oleh Theoderikus Agung dan penerusnya Athalaric dan Theodahad. Periode ini diakhiri dengan penaklukan (kembali) Roma oleh Kaisar Yustinianus I selama Perang Goth (535–554), meresmikan Kepausan Bizantium (537–752).

Menurut Howorth, "sementara mereka tidak banyak ikut campur dalam pekerjaan administrasi mereka, selama mereka sendiri tidak ikut campur dalam politik, raja-raja Gotik ikut campur dalam pemilihan paus baru dan sebagian besar mendominasi pemilihan mereka. Simoni menang sampai batas yang memalukan, seperti halnya intrik dari jenis yang dapat didiskreditkan, dan kualitas serta anugerah para kandidat menjadi kepentingan sekunder dalam peluang mereka untuk terpilih, dibandingkan dengan keahlian mereka dalam merusak pejabat raja asing dan dalam kekuasaan mereka. of chicane."[1] Menurut Catholic Encyclopedia, "[Theodoric] toleran terhadap Gereja Katolik dan tidak ikut campur dalam masalah dogmatis. Dia tetap senetral mungkin terhadap paus, meskipun dia memberikan pengaruh yang lebih besar dalam urusan kepausan."[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Howroth, 1913, hlm. 406.
  2. ^  Herbermann, Charles, ed. (1913). "Ostrogoths". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company.