Paus Leo X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Leo X
Pope-leo10.jpg
Nama lahir Giovanni di Lorenzo de' Medici
Mulai menjabat 9 Maret 1513
Sampai 1 Desember 1521
Pendahulu Yulius II
Pengganti Adrianus VI
Lahir 11 Desember 1475
Florence, Italia
Wafat 1 Desember 1521
Roma, Italia
Tanda tangan
Paus bernama Leo lainnya
Catatan kaki '

Leo X (lahir dengan nama Giovanni di Lorenzo de' Medici di Firenze, Italia, 11 Desember 1475 – meninggal di Roma, Italia, 1 Desember 1521 pada umur 45 tahun) adalah seorang Paus yang menjabat dari 9 Maret 1513 hingga kematiannya pada 1 Desember 1521.[1]

Ia adalah anak laki-laki kedua Lorenzo de' Medici, penguasa Republik Firenze. Ia diangkat menjadi kardinal pada tahun 1489. Setelah kematian Paus Yulius II, Giovanni memperoleh dukungan dari anggota-anggota Dewan Kardinal yang muda dan lalu ia terpilih sebagai Paus. Pada awal masanya sebagai Paus, ia memimpin sesi penutup Konsili Lateran Kelima, tetapi gagal menerapkan program reformasi yang telah disepakati. Pada tahun 1517, ia mengobarkan perang yang menghabiskan banyak dana kepausan, tetapi berhasil mengamankan posisi keponakannya sebagai Adipati Urbino. Kemudian beberapa kardinal bersekongkol untuk meracuninya, tetapi ia selamat dari upaya pembunuhan ini.

Nama Paus Leo X paling dikenal karena ia telah memberikan indulgensi kepada mereka yang memberikan sumbangan untuk proyek pembangunan Basilika Santo Petrus. Tindakan ini ditentang oleh 95 Dalil Martin Luther. Ia tidak menganggap serius permintaan-permintaan reformasi gereja yang kelak berkembang menjadi Reformasi Protestan. Bulla kepausan yang ia keluarkan pada tahun 1520 yang berjudul Exsurge Domine mengutuk Martin Luther.

Ia sering meminjam uang dan menghambur-hamburkannya. Ia sering mendanai pembuatan seni, dan setelah terpilih konon ia pernah berkata "karena Tuhan telah memberikan kepada kami kepausan, marilah kita nikmati." Pada masanya, proyek pembangunan kembali Basilika Santo Petrus mengalami kemajuan, dan seniman-seniman seperti Raffaello Sanzio telah mendekorasi ruangan-ruangan di Vatikan. Leo juga mereorganisasi Universitas Roma dan mendorong perkembangan ilmu sastra dan puisi. Ia meninggal pada tahun 152 dan dimakamkan di Santa Maria sopra Minerva, Roma.

Referensi[sunting | sunting sumber]