Paus Selestinus I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Paus

Selestinus I
Awal masa kepausan
422
Akhir masa kepausan
6 April 432
PendahuluBonifasius I
PenerusSistus III
Informasi pribadi
Nama lahirSelestinus
Lahirtidak diketahui
Roma, Italia
Wafat6 April 432
Roma, Italia
Paus lainnya yang bernama Selestinus

Paus Selestinus I (???-6 April 432), adalah Paus Gereja Katolik Roma dari 422 hingga 432. Sebagaimana Paus lainnya sebelum Yohanes II, ia tidak mengganti dengan nama regnal ketika menjadi Paus.

Ia adalah seorang Romawi dan kemungkinan adalah kerabat dekat dari Kaisar Romawi Valentinian III. Tidak banyak catatan yang ditemukan mengenai kehidupannya sebelum menjadi Paus, kecuali bahwa ayahnya bernama Priscus. Ia diceritakan pernah tinggal beberapa waktu di Milan, Italia bersama St. Ambrosia. Namanya pertama kali ditemukan dalam sebuah dokumen oleh Paus Innosentius I, pada tahun 416, di mana ia disebut sebagai Diakon Celestinus.

Berbagai bagian dari liturgi tampaknya dibentuk dengan campur tangannya, walaupun tidak ada kepastian mengenai bagian yang mana tepatnya. Ia menghadiri Konsili Efesus di mana kaum Nestorian dikutuk pada tahun 431. Empat buah surat ditulis olehnya dalam peristiwa itu, seluruhnya bertanggalkan 15 Maret 431, seluruhnya (bersama-sama beberapa surat lainnya) dikirimkan ke para uskup Afrika, yakni di Illyria, Tesalonika, dan Narbonne. Duplikat surat-surat ini yang diterjemahkan dalam bahasa Yunani masih selamat sampai sekarang, tetapi surat-surat aslinya dalam bahasa Latin telah hilang.

Ia secara aktif melawan kaum Pelagian dan merupakan orang yang sangat ortodoks. Ia mengutus Palladius ke Irlandia untuk melayani sebagai uskup pada tahun 431. Patricius (Santo Patrick) kemudian melanjutkan misi pelayanan ini menggantikan Palladius. Celestinus marah besar terhadap penganut Novatianisme di Roma, memenjarakan uskup mereka, dan melarang ibadah mereka. Ia menolak keras atas setiap inovasi sekecil apapun terhadap konstitusi gereja yang telah dikeluarkan para pendahulunya, dan di kemudian hari diangkat oleh gereja sebagai Santo.

Ia meninggal pada 6 April 432 dan dimakamkan di tempat pemakaman St. Priscilla di Via Salaria (sebuah jalan di Roma). Di kemudian hari, jenazahnya dipindahkan dan dimakamkan kembali di Basilika Santa Prassede.

Dalam dunia seni, Santo Selestinus digambarkan sebagai Paus bersama merpati, naga, dan nyala api.


Didahului oleh:
Bonifasius I
Paus
422 - 432
Diteruskan oleh:
Sistus III