Kepausan Viterbo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Istana Kepausan di Viterbo

Dengan sejarah panjang sebagai tempat menguntungkan bagi kekuatan anti-paus yang mengancam Roma,[1] Viterbo menjadi kota kepausan pada tahun 1243. Selama akhir abad ketiga belas, kota Italia kuno Viterbo adalah tempat dari lima pemilihan kepausan dan kediaman tujuh paus dan Kuria mereka, dan tetap menjadi lokasi empat makam kepausan. Para paus ini tinggal di Palazzo dei Papi di Viterbo di samping Katedral Viterbo sesekali selama dua dekade, dari 1257 hingga 1281;[2] sebagai hasilnya, istana kepausan di Viterbo, dengan yang ada di Orvieto, adalah istana kepausan abad ketiga belas yang paling luas yang masih bertahan.[3]

Pergeseran aliansi politik dan ekonomi mendorong dan menarik berbagai paus pada abad itu dari Roma, berlindung di negara-kota Italia lain yang tidak selalu ramah seperti Perugia dan Orvieto. Perpecahan utama dalam pembagian ini adalah antara Angevin dan Hohenstaufen penggugat gelar Kaisar Romawi Suci, yang dapat dimahkotai oleh Paus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Raja Lombard Desiderius dan Frederick Barbarossa (yang mendirikan anti-kepausan di sana, keduanya dicatat oleh Edward T. Price, "Viterbo: landscape of an Italian city", Annals of the American Geographers, 54.2 (Juni 1964:242 -75) .
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ce
  3. ^ Gary M. Radke, "Fresko Abad Pertengahan di Istana Kepausan Viterbo dan Orvieto", Gesta, 1984; Radke, Viterbo: Profil Istana Kepausan Abad Ketiga Belas, 1996.