Paus Yohanes XV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yohanes XV
PelantikanAgustus 985
Masa jabatan berakhirMaret 996
PendahuluYohanes XIV
PenerusGregorius V
Informasi pribadi
Nama lahirYohanes
Lahirtanggal tidak diketahui
Roma, Italia
MeninggalMaret 996
Roma, Italia
Paus lainnya yang bernama Yohanes

Paus Yohanes XV, nama lahir Yohanes (???-Maret 996), adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 985 hingga meninggalnya. Ia menjadi Paus menggantikan Anti-Paus Bonifasius VII (974, 984-985). Menurut kisah, di antara Paus Yohanes XV dan Paus Yohanes XIV, terdapat satu orang lagi Paus yang memerintah selama 4 bulan setelah Paus Yohanes XIV (983-984) dan disebut sebagai "Papa Ioannes XIV Bis" atau "Paus Yohanes XIV Kedua". Yohanes XIV Kedua ini tidak pernah ada dan hanya merupakan bias nama dengan Kardian Diaken Yohanes putra Robert yang bertentangan dengan Anti-Paus Bonifasius VII, dan sekarang telah dikeluarkan dari daftar Kepausan.

Yohanes XV adalah putra Leo, seorang anggota Majelis Gereja Roma. Pada saat ia menaiki tahta kepausan, Crescentius II adalah seorang Bangsawan Roma, yang sangat merintangi pengaruh sang Paus. Namun keberadaan Kaisar Wanita Theophanu, yang memerintah atas nama putranya yang masih kecil saat itu Kaisar Romawi Suci Otto III (983-1002), di Roma sejak tahun 989 hingga 991, menghalangi ambisi Crestentius.

Sikap Paus yang mudah disuap dan nepotisme telah membuatnya sangat tidak populer di kalangan warga negara, tetapi atas jasanya, Yohanes XV adalah santo dan pelindung bagi reformasi biarawan di Cluny, Prancis.

Didahului oleh:
Yohanes XIV
Paus
985996
Diteruskan oleh:
Gregorius V