Basilika Santo Petrus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Basilika Santo Petrus
Basilika Kepausan Santo Petrus di Vatikan
  • Basilica Papale di San Pietro in Vaticano (Italia)
  • Basilica Sancti Petri (Latin)
Basilika Santo Petrus
Lokasi Kota Vatikan
Negara Tahta Suci Vatikan
Denominasi Gereja Katolik Roma
Tradisi Ritus Latin
Situs web Basilika Santo Petrus
Sejarah
Dedikasi Santo Petrus
Tanggal konsekrasi 18 November 1626
Arsitektur
Status Basilika utama (basilika kepausan)
Arsitek
Gaya Renaisans dan Barok
Peletakan batu pertama 18 April 1506
Selesai 18 November November 1626 (1626-11-18)
Spesifikasi
Panjang 730 feet (220 m)
Lebar 500 feet (150 m)
Tinggi 4.481 feet (1.366 m)[1]
Tinggi bagian tengah gereja 1.515 feet (462 m)
Diameter kubah (luar) 1.377 feet (420 m)
Diamter kubah (dalam) 1.361 feet (415 m)
Administrasi
Keuskupan Keuskupan Roma
Klerus
Imam agung Angelo Comastri

Pemandangan interior, dengan bagian tengah dari Katedral di bagian belakang
Basilika Santo Petrus

Basilika Santo Petrus (bahasa Italia: San Pietro in Vaticano) adalah sebuah basilika utama Katolik di Kota Vatikan, dikelilingi oleh Roma. Bangunan ini diklaim sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun (dia meliputi area 23.000 m² dan memiliki kapasitas lebih dari 60.000) dan salah satu situs tersuci dalam Kekristenan. Konstruksi basilika ini dimulai pada 1506 dan rampung pada 1626.

Basilika Santo Petrus Lama dibangun atas perintah Kaisar Kristen pertama Konstantin I, pada tahun 326 di tempat Santo Petrus menjadi martir. Seribu tiga ratus tahun kemudian bangunan ini mulai runtuh perlahan-lahan, dan oleh karena itu Paus Nikolas V memerintahkan agar dibangun sebuah basilika yang baru. Tetapi pembangunannya baru dimulai pada tahun 1506 pada masa jabatan Paus Julius II. Pembangunan basilika ini memakan waktu 120 tahun. Michelangelo diminta sumbangan karyanya dengan pieta-nya yang sangat terkenal itu. Waktu itu ia telah berusia 72 tahun. Basilika ini merupakan basilika terbesar di dunia dengan panjang 193 meter dan tinggi 132 meter.

Tradisi mengatakan bahwa tempat bangunan ini merupakan tempat Santo Petrus, salah satu rasul Yesus dan dianggap sebagai Paus pertama, disalibkan dan dikuburkan. Gereja ini merupakan tempat penguburan Santo Petrus tepatnya di bawah altar utama. Beberapa paus lain juga dikubur di dalam dan di bawah basilika ini (lihat: Gua Vatikan).

Basilika Santo Petrus adalah salah satu dari empat basilika penting atau disebut juga empat basilika kepausan, ketiga basilika lainnya adalah Basilika Agung Santo Yohanes Lateran, Basilika Santo Paulus di Luar Tembok dan Basilica di Santa Maria Maggiore, yang bersama dengan Basilica di San Lorenzo fuori le Mura (Basilika Santo Laurensius di Luar Tembok), dikenal sebagai "lima basilika utama" Roma, dihubungkan dengan lima Tahta Patriark kuno dari dunia Kristen (Pentarki).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]