Maria dipersembahkan ke Bait Allah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ikon yang menggambarkan sang Theotokos dipersembahkan pada Bait Allah

Maria dipersembahkan ke Bait Allah atau yang biasa disebut Theotokos Mahakudus dipersembahkan ke Bait Allah di tradisi gereja-gereja ritus Bizantium merupakan sebuah perayaan liturgis yang tiap tahunnya dirayakan pada tanggal 21 November atau 4 Desember[1] oleh Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks.

Perayaan ini dihubungkan dengan suatu peristiwa yang tidak diceritakan dalam Perjanjian Baru, tetapi dikisahkan dalam kitab apokrif Injil Yakobus. Menurut teks Injil Yakobus, orang tua Maria, Yoakim dan Anna, yang sudah lama menantikan kehadiran seorang anak menerima wahyu dari Yang Mahatinggi bahwa mereka akan memiliki seorang anak. Untuk menunjukkan rasa syukur mereka atas kabar bahagia tersebut, mereka membawa Maria kecil ke Bait Allah untuk dijadikan abdi di Bait Suci.

Dalam tradisi gereja-gereja timur, hari ini merupakan hari raya nama bagi perempuan-perempuan yang memiliki nama Maria (bahasa Yunani: Μαρία) atau Despoina (bahasa Yunani: Δέσποινα).

Perayaan liturgis[sunting | sunting sumber]

Gereja Ortodoks Timur merayakan peristiwa ini tiap tanggal 21 November Kalender Julian (yang jatuh pada tanggal 4 Desember Kalender Gregorius) dan perayaan ini merupakan salah satu dari 12 Perayaan Agung dalam kalender liturgi Gereja Ortodoks. Perayaan ini selalu jatuh di masa Puasa Natal dan puasa di hari ini tidak diperketat, sehingga diperbolehkan untuk mengonsumsi ikan, anggur, dan minyak.

Pada hari ini, Gereja Katolik merayakan dedikasi Maria, sang Bunda Allah, kepada Yang Mahatinggi sejak masa kecilnya di bawah naungan Roh Kudus yang selalu memberkatinya. Pada Marialis Cultus tahun 1974, Paus Paul VI menulis "meskipun isinya yang apokrif, perayaan ini memiliki nilai yang luhur dan patut dicontoh serta membawa tradisi yang mulia yang berasal dari gereja-gereja timur."[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Some but not all Eastern Rite churches reckon by the Kalender Julian, in which this date falls 13 days later on December 4 of the Kalender Gregorius.
  2. ^ Mauriello, Matthew R. (January 1996). "November 21: Presentation of Mary". Fairfield County Catholic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-03.