Maria Mengunjungi Elisabet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Maria Mengunjungi Elisabet", dari Potongan Altar Bunda Maria (Potongan Altar St Vaast) karya Jacques Daret, c. 1435 (Staatliche Museen, Berlin)

Maria Mengunjungi Elisabet adalah kunjungan Bunda Maria ke rumah Elisabet sesuai yang tercatat dalam Lukas 1:39–56. Peristiwa tersebut juga dirayakan pada sebuah hari perayaan Kristen, yang dirayakan pada 31 Mei dalam Gereja Barat (2 Juli dalam kalender periode 1263–1969, dan dalam kalender regional modern Jerman) dan 30 Maret dalam Gereja Timur.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Patung Maria Mengunjungi Elisabet di Gereja Maria Mengunjungi Elisabet, Ein Karem, Israel

Maria mengunjungi kerabatnya Elisabet; keduanya sedang mengandung. Maria sedang mengandung Yesus dan Elisabet sedang mengandung Yohanes Pembaptis. Maria meninggalkan setelah Pemberitaan Kabar Sukacita dan "berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda" (Lukas 1:39) untuk menemui sepupunya Elizabeth. Terdapat beberapa kota yang diyakini menjadi tempat kunjungan tersebut, yakni Hebron yang berada di selatan Yerusalem, dan Ein Karem. Perjalanan dari Nazareth ke Hebron berjarak sekitar 130 kilometer (81 mi) dalam jalur langsung. Elisabet telah mengandung selama enam bulan sebelum Maria datang (Lukas 1:36). Maria tinggal di sana selama tiga bulan, dan sebagian besar akademisi sepakat bahwa ia tetap tinggal untuk melihat kelahiran Yohanes.

Dalam Injil Lukas, laporan-laporan pengarangnya mengenai peristiwa Pemberitaan Kabar Sukacita dan Maria Mengunjungi Elisabet dibentuk menggunakan delapan pokok paralelisme sastra untuk memperbandingkan Maria dengan Tabut Perjanjian.[1][2]

Dalam Gereja Katolik Ritus Latin, Maria Mengunjungi Elisabet merupakan Peristiwa Gembira kedua dalam Doa Rosario.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Maria Mengunjungi Elisabet
Didahului oleh:
Pemberitaan Kabar Sukacita
Peristiwa
Perjanjian Baru
Diteruskan oleh:
Kelahiran

Templat:Bunda Maria