Perayaan Transfigurasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ikon Transfigurasi oleh Feofan Grek, abad ke-15

Perayaan Transfigurasi Yesus (dikenal juga sebagai Pesta Yesus menampakkan Kemuliaan-Nya) dirayakan oleh berbagai denominasi Kristen. Asal usul perayaan mungkin berasal dari dedikasi tiga basilika di Gunung Tabor.[1] Perayaan ini hadir dalam berbagai bentuk sejak abad ke-9, dan di Gereja Barat dibuat universal 6 Agustus oleh Paus Kallistus III untuk memperingati Pengepungan Belgrade (1456).[2]

Di Ortodoks Suriah, Ortodoks India, Kalender Julian revisi di Gereja Ortodoks Timur, Katolik Roma, Katolik Tua, dan gereja-gereja Anglikan, Perayaan Transfigurasi dirayakan pada tanggal 6 Agustus. Di gereja-gereja Ortodoks yang terus mengikuti Kalender Julian, 6 Agustus jatuh pada tanggal 19 Agustus dari Kalender Gregorian. Transfigurasi dianggap perayaan besar, termasuk di antara dua belas Perayaan Besar di Ortodoks. Di semua gereja tersebut, jika hari raya jatuh pada hari Minggu, liturgi tidak dikombinasikan dengan liturgi hari Minggu, tetapi sepenuhnya menggantikan itu.

Dalam beberapa kalender liturgi (misalnya Lutheran dan Gereja Metodis) hari Minggu terakhir di musim Epifani (segera sebelum Rabu Abu) juga ditujukan untuk acara ini. Dalam Gereja Swedia dan Gereja Finlandia, bagaimanapun, perayaan ini dirayakan pada hari Minggu ketujuh setelah Trinitas, Minggu kedelapan setelah Pentakosta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Festival icons for the Christian year oleh John Baggley 2000 ISBN 0-264-67487-1 halaman 58-60
  2. ^ Christian liturgy oleh Ignatius Puthiadam 2003 ISBN 81-7109-585-2 halaman 169

Lihat pula[sunting | sunting sumber]