Misa Perjamuan Malam Terakhir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Misa Perjamuan Malam Terakhir dikenal dengan istilah lain seperti Ibadah Penyembahan Kamis Putih adalah ibadah dalam Pekan Suci yang dirayakan pada malam Kamis Putih. [1][2]Ibadah ini menandakan resminya Triduum Paskah, dan memperingati Perjamuan Terakhir Yesus dengan murid-muridnya, lebih eksplisit daripada perayaan Misa lainnya.

Perjamuan Terakhir lukisan mengenai Perjamuan Terakhir karya Leonardo da Vinci (1498) yang sekarang berada di Milan, Italia
Uskup Mgr. John membasuh kaki saat Misa Kamis Putih tahun 2007.

Tradisi Katolik, Lutheran, Anglikan, dan Metodis, serta beberapa tradisi Reformis (termasuk gereja Reformis Kontinental, Presbiterian, dan Kongregasionalis tertentu) merayakan Misa Perjamuan Tuhan (atau Liturgi Kamis Putih). Dalam Gereja Ortodoks, juga terdapat sebuah ibadah yang kurang lebih sama.

Misa ini menekankan tiga aspek dari peristiwa-peristiwa: "lembaga Ekaristi, penetapan imamat pelayanan, dan perintah kasih persaudaraan yang Yesus berikan setelah membasuh kaki murid-murid-Nya."


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Service of Worship for Maundy Thursday" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Cheatham Memorial United Methodist Church. 24 March 2016. Diakses tanggal 23 March 2018. 
  2. ^ Elwell, Walter A. (2001). Evangelical Dictionary of Theology (dalam bahasa Inggris). Baker Academic. hlm. 750. ISBN 9780801020759. Dilaksanakan di Gereja Katolik Roma, Kamis Putih muncul di kalender liturgi Lutheran, Anglikan, dan banyak Gereja Reformis lainnya dan hampir secara universal dirayakan dalam Perjamuan Tuhan.