Giacomo della Porta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Giacomo della Porta
Lahir 1532
Porlezza, Lombardy
Meninggal 1602
Rome, Italy
Kebangsaan Italian
Dikenal atas Architecture
Gerakan politik Renaissance
Façade gereja Gesù di Roma.
"Kristus memberikan kunci-kunci Surga dengan St. Peter" (1594), Santa Pudenziana, Roma

Giacomo della Porta (1532-1602) adalah seorang arsitek dan pematung Italia[1], yang bekerja pada banyak bangunan penting di Roma, termasuk St. peter's Basilica.[2] Ia lahir di Porlezza, Lombardy dan meninggal di Roma.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Giacomo Della Porta lahir di Genova dari keluarga pematung. Ia dipengaruhi oleh karya-karya dan juga bekerjasama dengan Michelangelo, dan Giacomo Barozzi da Vignola, gurunya dalam arsitektur. Dengan dua guru besar ia menjadi salah satu arsitek paling penting dalam sejarah Romawi Renaissance. Bahkan setelah 1563, ia melanjutkan rencana Michelangelo untuk membangun kembali Campidoglio atau ruang terbuka Capitoline Hill di mana ia menyelesaikan façade dan stepping dari Palazzo Senatorio, dan Cordonata atau ramp stepping sampai ke Piazza del Campidoglio.

Setelah kematian Vignola pada tahun 1573, ia melanjutkan pembangunan Il Gesù, ibu gereja ordo Jesuit, dan pada 1584 dimodifikasi bagian depannya sesuai desainnya sendiri.

Dia juga bekerja pada pembangunan Istana Albertoni Spinola dengan menciptakan struktur load-bearing dan partisi internal, melalui pintu masuk galeri ortogonal dan ruang pintu masuk Istana, unik calon visual efek.

Dari 1573, dia bertanggungjawab secara langsung dalam pembangunan Basilika St. Petrus, dan kemudian, dalam kolaborasi dengan Domenico Fontana, melengkapi verifikasi identitas kubah Michelangelo antara tahun 1588-1590.

Penting untuk digarisbawahi bahwa Della Porta dan Fontana bukan sekadar pemain gambar Michelangelo; Sebenarnya, mereka memiliki kelebihan dari pelaksanaan teknis perusahaan yang menyetujui tahap penting kemajuan teknologi pada akhir abad keenambelas. Tidak hanya mereka melakukan perubahan nyata dalam tikungan lengkungan rancangan Buonarroti yang diproyeksikan, membuatnya mendekati model Brunelleschi, namun memasukkan serangkaian rantai pada pasangan batu (terutama di bagian atas kubah) untuk menahan kekuatan melintang yang didorong oleh kubah, mereka menggunakan bahan berkualitas tinggi, memiringkan piring travertine dengan timah cair; fitur, yang memungkinkan kubah tidak menanggung kerusakan serius setelah gempa bumi tahun 1703. Mereka juga membuat kostum dengan bantuan sentuhan kayu yang canggih dan menarik rincian teknis kubah skala 1: 1 langsung di lantai Basilika St. Paul di luar Tembok.

Giacomo della Porta menyelesaikan sejumlah air mancur Roma dari abad ke-16; ini termasuk air mancur di Piazza del Popolo, air Mancur Neptunus, Roma dan La Fontana del Moro di Piazza Navona dan Fontana delle Tartarughe yang sangat penting bagi legenda Romawi.

Dia meninggal tiba-tiba pada tahun 1602 ketika datang kembali ke Roma dari Frascati di mana ia membangun Villa Belvedere yang penting bagi Keluarga Aldobrandini.

Karya-karya terpilih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Katherine Rinne, "Fluid Precision: Giacomo della Porta and the Acqua Vergine fountains of Rome", in Landscapes of Memory and Experience, ed. Jan Birksted (London, 2000), 183-201.
  • Katherine W. Rinne, “Between Precedent and Experiment: the Restoration of the Acqua Vergine (1560-1570)”, in L. Roberts, S. Schaffer and P. Dear (eds.), The mindful hand: inquiry and invention from the late Renaissance to early industrialisation (Edita/University of Chicago Press: 2007), 95-115.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]