Siluet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Siluet

Siluet adalah gambar manusia, binatang, pemandangan, atau benda lain dalam bentuk padat dan biasanya hanya terdiri dari satu warna saja, yaitu hitam.[1]

Dalam fotografi, siluet adalah efek yang dihasilkan karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Untuk menghasilkan siluet, cahaya dari bagian belakang objek harus sangat terang kemudian ditangkap dengan mengukur luminitas cahaya latar belakang.

Siluet juga bisa dihasilkan dengan menghalangi pantulan cahaya objek utama secara selektif.

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Siluet berasal dari bahasa Perancis silhouette. Kata ini tergolong eponim, yakni kata yang berasal dari nama seseorang. Kata siluet berasal dari nama Étienne de Silhouette, seorang menteri keuangan Perancis pada tahun 1750-an. Saat itu pembuatan gambar profil orang tampak samping berwarna hitam digemari kalangan bangsawan. Étienne de Silhouette termasuk salah satu pembesar yang menggemari kesenian ini.

Sebagai seorang menteri keuangan, Étienne dipandang tidak becus mengurus perekonomian sehingga negara mengalami krisis dan masyarakat menjadi menderita. Masyarakat kemudian melancarkan protes dengan berpakaian serbahitam selayaknya potongan gambar profil Étienne, dan meneriakkan Silhouette. Sejak saat itu, gambar profil orang dari samping berwarna hitam disebut dengan siluet.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.fotografi.lovelybogor.com http://www.fotografi.lovelybogor.com/mengapa-membuat-foto-siluet-dan-bagaimana-caranya/. Diakses tanggal 2019-05-05.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ Alfari, Shabrina. "Asal Usul Siluet Wajah". blog.ruangguru.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-05-05. 


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik.