Ordo Pacu Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ordo Pacu Emas
Ordo Militiae Auratae
Lencana pesanan
Dianugerahkan oleh  Takhta Suci
TipeOrdo kesatria kepausan
StatusOrdo tidak aktif
Pemegang KedaulatanTemplat:Incumbent pope 2
TingkatKsatria
Prioritas
Tingkat lebih tinggiOrdo Utama Kristus
Tingkat lebih rendahOrdo Paus Pius IX
Bilah pita ordo
Kerah livery Ordo Santo Silvester dan Milisi Emas sebelum tahun 1905.
Medali Ordo Santo Silvester dan Milisi Emas, 1841.

Ordo Pacu Emas[1] (bahasa Italia: Ordine dello Speron d'Oro, Prancis: Ordre de l'Éperon d'or), secara resmi dikenal juga sebagai Ordo Milisi Emas (bahasa Latin: Ordo Militia Aurata, bahasa Italia: Milizia Aurata),[2] adalah ordo kesatriaan kepausan yang diberikan kepada mereka yang telah memberikan pelayanan istimewa dalam menyebarkan iman Katolik, atau yang telah berkontribusi terhadap kemuliaan Gereja, baik melalui prestasi senjata, melalui tulisan, atau oleh tindakan termasyhur lainnya. Dengan kematian ksatria terakhir yang tersisa, Grand Duke Jean dari Luksemburg pada tahun 2019, ordo tersebut dianggap tidak aktif.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum abad ke-19: Ordo Mulia[sunting | sunting sumber]

Ini dianggap sebagai lembaga kesatria kepausan yang paling awal.[3] Ordo Pacu Emas berasal dari gelar Count palatine Istana Lateran,[4] yang merupakan hadiah dari Kaisar Romawi Suci pada abad keempat belas: Charles IV, Kaisar Romawi Suci menganugerahkan gelar kepada Fenzio di Albertino di Prato, 15 Agustus 1357, di Praha.[5] Ordo tersebut mulai dikaitkan dengan paten warisan bangsawan dalam bentuk count palatinate selama Renaisans; Kaisar Frederick III bernama Baldo Bartolini, profesor hukum sipil di Universitas Perugia, seorang count palatinate pada tahun 1469, yang pada gilirannya berhak menganugerahkan gelar universitas. "Bartolini juga menerima gelar Knighthood of the Golden Spur, sebuah gelar yang terkadang menyertai jabatan count palatinate pada zaman Renaisans", menurut sejarawan universitas Paul F. Grendler;[6] Ordo Pacu Emas, dikaitkan dengan gelar count palatinate, dianugerahkan secara luas setelah Penjarahan Roma, 1527, oleh Charles V, Kaisar Romawi Suci; teks ijazah yang masih ada menganugerahkan bangsawan turun-temurun kepada penerimanya. Di antara penerimanya adalah Titian (1533), yang telah melukis potret Charles yang sedang berkuda.[7] Menjelang kematian Kaisar pada tahun 1558, pendiriannya kembali di tangan Kepausan dikaitkan dengan Paus Pius IV pada tahun 1559.[8]

Pada pertengahan abad ke-18, Ordo tersebut dianugerahkan tanpa pandang bulu sehingga Casanova berkata, "Ordo yang mereka sebut Pacu Emas begitu diremehkan sehingga orang-orang sangat membuatku jengkel ketika mereka menanyakan detail salibku;" [9] dia memiliki rahmat untuk menambahkan bahwa dia akan senang jika dia bisa menjawab "mon Toison ", dan dia memang biasa memakainya, dengan pita merahnya. Pada tahun 1777, potret Wolfgang Amadeus Mozart dilukis dengan tanda salib yang dilingkari bintang di mantelnya,[10] dan Ordo yang diberikan kepada Giovanni Battista Piranesi mengizinkan dia untuk menandatangani lukisannya Cav. GB Piranesi. Ordo tersebut diberikan kepada "orang-orang yang berada di pemerintahan kepausan, seniman, dan pihak-pihak lain, yang menurut Paus pantas mendapat imbalan. Ordo tersebut juga diberikan kepada orang asing, tidak ada syarat lain yang diperlukan, selain menganut agama Katolik."[11]

Abad ke-19: kemunduran tatanan[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-19, anggota Kuria, wali gereja, dan Nunsius kepausan mempunyai hak istimewa untuk mencalonkan penerima. Perintah itu diberikan secara cuma-cuma setelah pembayaran biaya yang kecil, dan beberapa skandal muncul di Paris mengenai penjualan surat paten palsu yang mengklaim memberikan gelar ini,[12] sebelumnya dikaitkan dengan sebutan kehormatan murni Count Palatine dari Istana Suci Lateran.[13] Honoré Daumier memasukkan "Ksatria Pacu Emas" di antara rangkaian litografnya "Bohemia di Paris" (1842); legendanya yang mengejek secara satir berbunyi "Yang disebut mantan Kolonel Pengawal Kepausan, yang kemudian menjadi ajudan Pangeran Monako,[14] menunggu sebagai hadiah atas jasanya a jabatan terhormat di Pemerintahan!... namun, dia akan bersedia menerima toko tembakau atau posisi sebagai inspektur penyapuan [jalanan]; selain itu, dia adalah pria gagah seperti semua kesatria di ordonya, untuk hal sepele yang menuntut kepuasan dari anak-anak berusia lima tahun, dengan sempurna membuat alasan sejak Anda melihat wajahnya."[15]

Lencana tersebut, seperti yang dijelaskan oleh Robson pada tahun 1830, adalah salib emas berujung delapan dengan titik sinar di antara setiap lengan dan legenda BENE MER•ENTI. Dibaliknya ada Ex dono dengan nama dan tanggal saat disajikan. Di atas salib ada mahkota kekaisaran, dan di dasarnya ada taji kecil.

Pada tahun 1841, Paus Gregorius XVI, dalam surat kepausan Quod Hominum Mentes, mereformasi dan mengganti nama ordo tersebut menjadi Ordo Santo Silvester dan Milisi Emas. Dia mencabut semua kemampuan yang diberikan kepada siapa dan oleh siapa pun, dan melarang penggunaan gelar atau tanda penghargaan kepada semua ksatria yang diciptakan dengan cara apa pun selain dari Surat Kepausan. Untuk mengembalikan Ordo ke kejayaannya pada masa lalu, ia membatasi jumlah Komandan menjadi 150 dan ksatria menjadi 300 (hanya untuk Negara Kepausan), dan menunjuk Kardinal Pengarah Apostolik sebagai Rektor Ordo, dengan tugas menjaga nama, tingkatan, nomor dan tanggal penerimaan masing-masing ksatria.[16]

Abad ke-20 hingga sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 7 Februari 1905, dalam rangka memperingati Yubileum emas dari definisi dogmatis dari Dikandung Tanpa Noda, Paus Pius X dalam motu proprio Multum ad expitandos , membagi ordo tersebut menjadi dua, yang satu mengambil nama Ordo Santo Silvester dan yang lainnya mengambil nama lama Ordo Pacu Emas, dan menempatkannya di bawah naungan Perawan Maria yang Terberkati.[17] Di zaman modern, ordo tersebut hanya memiliki satu kelas, Ksatria, dan keanggotaannya dibatasi hingga seratus ksatria di seluruh dunia. Kehormatan tersebut diberikan oleh Motu Proprio dari Paus. Ini digunakan untuk menganugerahkan jasa, tanpa mempertimbangkan asal usul bangsawan, dan tidak lagi menganugerahkan bangsawan, seperti yang terjadi sebelum tahun 1841. Ini adalah ordo kepausan tertinggi kedua (yang pertama adalah Ordo Utama Kristus).

Dengan meninggalnya Grand Duke Jean dari Luksemburg pada tanggal 23 April 2019, tidak ada anggota Ordo Pacu Emas yang masih hidup.

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang ordo setelah reorganisasi tahun 1905 terdiri dari:

  • Lencana, sebuah salib emas berujung delapan, yang di tengahnya terdapat medali putih kecil di satu sisinya terdapat tulisan "Maria" yang dikelilingi lingkaran emas, dan di sisi lain terdapat tahun MDCCCCV dan di lingkaran sekelilingnya terdapat tulisan "Pius X Restituit". Liontin di bagian bawah salib adalah taji emas kecil. Hiasannya digantung pada pita merah dengan pinggiran putih.
  • Bintang, yang dikenakan di dada kiri, adalah salib yang sama yang berpusat pada sinar bintang perak.

Seragam dinas berupa tunik merah berhiaskan dua baris kancing emas, kerah beludru hitam dan manset bersulam emas, celana panjang hitam bergaris samping emas, tanda pangkat berhias pinggiran emas dan di atasnya di atasnya terdapat lambang ordo, taji emas, topi lonjong dengan dua puncak yang dihias dengan emas dan bertuliskan warna kepausan, dan pedang yang gagangnya membentuk salib emas dalam sarung hitam, diikat dengan sabuk pedang emas dengan pinggiran merah.

Pada masa-masa awal ordo tersebut, para anggotanya berhak mengenakan kerah corak (rantai) emas, tetapi ketika ordo tersebut dihidupkan kembali pada tahun 1905, hal ini tidak dilanjutkan, meskipun kerah tersebut tetap menjadi simbol ordo tersebut.

Dalam heraldik gerejawi, individu yang dianugerahi Ordo ini dapat menggambarkan kerah corak emas yang melingkari seluruh perisai pada lambang mereka.[18]

Penerima terkemuka[sunting | sunting sumber]

Ksatria Kepausan dari Pacu Emas, ukiran tembaga oleh Jacob Andreas Fridrich, 1756

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Heraldically emas, harus dipahami: "Sepanjang Abad Pertengahan, emas terlalu langka untuk memungkinkan taji dibuat dari emas murni, meskipun demikian pentingnya pengertian taji. Biasanya terbuat dari besi, kuningan, atau tembaga, disepuh atau disepuh, dan sering kali dari besi kaleng". (Stephen V. Grancsay, "A Pair of Spurs Bearing the Bourbon Motto" The Metropolitan Museum of Art Bulletin 36.8 (Agustus 1941:170–172) hal. 171).
  2. ^ Annuario Pontificio 2012 (Libreria Editrice Vaticana 2012 ISBN 978-88- 209-8722-0), hal. 1272
  3. ^ http://www.chivalricorders.org/vatican/papal.htm  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  4. ^ Comes palatini Lateranensis.
  5. ^ Paul F. Grendler, The Universitas Renaisans Italia (2004), hal. 184, catatan 130; gelar tersebut memberi wewenang kepada Fenzio untuk menganugerahkan lisensi doktor hukum perdata.
  6. ^ Grendler 2004:184 catatan 134.
  7. ^ C Hope, "Titian as a Court Painter", Oxford Art Journal, 1979.
  8. ^ Thomas Robson, The British Herald; atau, Kabinet bantalan persenjataan kaum bangsawan... (1830) s.v. "Golden Spur, di Roma" dan pelat 4 (gbr. 21) dan 5 (gbr. 3 dan 7).
  9. ^ "L'ordre qu'on appelle de l'Éperon d'Or était si décrié qu'on m'ennuyait beaucoup quand on demandait des nouvelles de ma croix." (Histoire de ma vie, 8;ix);.
  10. ^ Hulton Archive
  11. ^ Robson 1830.
  12. ^ "Scrutator" dalam Catatan dan Pertanyaan Seri ke-3, 3, hal. 254.
  13. ^ Robson 1830; bahasa yang digunakan dalam paten adalah bahasa Prancis, lingua franca diplomatik internasional pada masa itu.
  14. ^ Bujangan Honoré V, Pangeran Monako, telah meninggal pada tahun sebelumnya, saat Paus memasukkan Ordo tersebut ke dalam Ordo Saint Sylvester dan Milisi Emas.
  15. ^ The National Museum Seni Barat: Daumier, "Bohemia Paris", 24 (diilustrasikan).
  16. ^ Ksatria Kepausan[pranala nonaktif]
  17. ^ , IV  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  18. ^ Gereja yang Terlihat: Kehidupan Upacara dan Protokol Gereja Katolik Roma, ISBN 0-670-86745-4 
  19. ^ Catholic Encyclopedia, 1913, s.v. "Orlandus de Lassus".
  20. ^ Sauer, Joseph. "Domenico Fontana." Ensiklopedia Katolik Vol. 6. New York: Robert Appleton Company, 1909. 7 Desember 2022 Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  21. ^ Casanova, Histoire de ma vie, 7:ix, 8:ix.
  22. ^  Satu atau lebih kalimat sebelum ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Vogler, Georg Joseph". Encyclopædia Britannica. 28 (edisi ke-11). Cambridge University Press. 
  23. ^ Wolfgang Amadeus Mozart, Mozart's Letters, Mozart's Life: Selected Letters, terjemahan. Robert Spaethling, (W.W. Norton & Company Inc., 2000), 17.
  24. ^ "... berpuncak pada musim cemerlang [1821] di Roma, di mana ia, oleh Paus Leo XII, dihiasi dengan Ordo Pacu Emas..." Nicolo Paganini dan Guarnerius-Nya: Kenangan Genoa,Waktu Musik dan Edaran Kelas Menyanyi,Vol. 27, No.519 (1 Mei 1886), hlm.266-270
  25. ^ Kertzer, David I. Paus dan Mussolini: Sejarah Rahasia Pius XI dan Kebangkitan Fasisme di Eropa. Random House. 
  26. ^ Annuario Pontificio, 1954, hal. 998
  27. ^ daftar&presiden_id=1&presiden=sukarno "Daftar Semua Penghargaan" Periksa nilai |url= (bantuan). Perpustakaan Nasional Indonesia. Diakses tanggal 2022-11-09.